Berbagai Penyakit yang Menyerang Skrotum dan Pencegahannya

Skrotum yang merupakan bagian penting dari reproduksi pria kenyataannya juga rentan terhadap berbagai serangan penyakit.

Apabila kantung pelir dalam keadaan sehat jika dibiarkan akan berdampak luas pada penis dan sistem kesehatan tubuh lainnya.

Anda tentunya sebagai lelaki menginginkan mempunyai kantung zakar yang sehat yang bisa memperlancar sperma Anda sehingga menjadi berkualitas.

Penyakit yang rawan menyerang skrotum

Lalu apa sajakah beragam penyakit yang sering menyerang kantung buah zakar ini? Berikut penjelasannya!

Epididimitis

Penyakit pertama yang sering menyerang kantung pelir adalah epididimitis, yaitu peradangan atau infeksi yang terjadi pada epididimis, saluran panjang yang terletak di sepanjang testis.

Keberadaan penyakit ini disebabkan oleh penyakit menular seksual, cedera, efek samping dari vasektomi, dan masalah lainnya. Gejalanya berupa nyeri, kantung membengkak, mual, muntah, dan demam.

Hidrokel

Penyakit kedua yang sering menyerang adalah hidrokel, yaitu  penumpukan cairan di sekitar testis. 

Penyakit ini dapat memengaruhi satu atau kedua testis, dan dapat menyebabkan pembengkakan di daerah kantung pelir dan selangkangan.  

Hidrokel biasanya tidak menyakitkan atau berbahaya, dan mungkin tidak memerlukan perawatan.

Namun, setiap pembengkakan di kantong harus dievaluasi oleh dokter.  Kadang-kadang, hidrokel dapat menyebabkan gejala selain pembengkakan, seperti nyeri ringan, nyeri tekan, atau kemerahan pada kantung.

Hidrokel paling sering terjadi pada bayi yang memiliki lubang antara perut dan kantung zakar, tetapi kadang-kadang terjadi di kemudian hari.  Ketika pria mengalami hidrokel, biasanya disebabkan oleh cedera, peradangan, infeksi pada testis, atau epididimitis.

Torsi testis

Torsi testis terjadi ketika korda spermatika terpelintir lalu memotong suplai darah ke testis.  Ini adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan perawatan segera untuk menyelamatkan testis.  

Meskipun operasi tidak menjamin bahwa testis akan bisa diperbaiki, tidak menjalani perawatan dalam waktu enam jam hampir selalu mengakibatkan kerusakan permanen yang memerlukan pengangkatan testis. 

Gejalanya  termasuk nyeri hebat yang tiba-tiba pada testis yang mungkin disertai dengan pembengkakan dan nyeri pada testis dan skrotum, demam, dan mual dan muntah, di antara gejala lainnya.

Varikokel

Ini adalah penyakit yang digambarkan berupa pembesaran atau pelebaran pembuluh darah Vena di kantung pelir.

Penyakit ini biasanya tidak menyakitkan dan tidak berbahaya namun berdampak pada rendahnya produksi dan kualitas sperma. Gejalanya berupa nyeri dan pembengkakan. Adakalanya varikokel harus diatasi dengan operasi.

Hipogonadisme

Hipogonadisme merupakan kondisi yang terjadi ketika testis tidak menghasilkan cukup hormon testosteron.  

Akibatnya, dapat menyebabkan masalah seperti disfungsi ereksi, penurunan gairah seks, infertilitas, osteoporosis, peningkatan jaringan payudara, penurunan rambut tubuh dan jenggot, depresi, dan kelelahan.

Hal ini sering dapat diobati dengan terapi penggantian testosteron.  Jika ada penyebab yang mendasari hipogonadisme, seperti kondisi hipofisis, mengobati masalah tersebut dapat mengatasi gejala hipogonadisme.

Orkitis

Orkitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus seperti gondongan.

Penyebab lainnya adalah infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia, keduanya dapat menyebabkan orkitis ketika menyebabkan epididimitis yang pada gilirannya dapat menyebabkan orkitis atau epididimo-orkitis.  

Tanda dan gejala orkitis termasuk nyeri testis dan kantung zakar, serta nyeri tekan dan infertilitas. Sebagian besar dapat diobati dengan obat-obatan dan pengobatan di rumah.

Spermatokel

Spermatokel atau dikenal sebagai kista spermatika adalah kista berisi cairan yang terbentuk di epididimis.  

Kista kecil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sedangkan Kista besar dapat menyebabkan rasa sakit atau rasa berat pada testis yang terkena dan pembengkakan di atas dan di belakang testis.

Apabila Anda memiliki spermatokel yang besar dan memiliki rasa sakit atau gejala lain, Anda harus segera melakukan operasi.

Nyeri testis

Banyak kondisi testis dan kantung zakar dapat menyebabkan nyeri testis.  Kondisi lain, seperti batu ginjal dan ureter, infeksi, dan hernia inguinalis juga dapat menyebabkan rasa sakit yang dapat dirasakan di dalam atau di sekitar testis dan kantung.

Jika Anda mengalami nyeri testis, Anda harus segera menghubungi dokter.  Dan jika Anda mengalami nyeri testis yang tiba-tiba, Anda harus mencari perawatan medis darurat untuk menyingkirkan kondisi serius seperti torsi testis.

Pembengkakan

Sebagian besar kondisi kantung buah zakar dan testis dapat menyebabkan pembengkakan, termasuk varikokel, torsi testis, orkitis, epididimitis dan hidrokel, untuk beberapa nama.

Apabila Anda melihat ada pembengkakan pada testis atau kantung pelir Anda, hubungi dokter Anda untuk membuat janji.

Cara Mencegahnya

Mencegah lebih baik mengobati. Hal ini pantas rasanya bagi Anda yang ingin mempunyai kantung buah zakar yang sehat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pemeriksaan testis setiap bulan
  • Mandi secara teratur
  • Kenakan pakaian yang longgar
  • Memakai pelindung saat berhubungan badan
  • Pangkas rambut kemaluan di area penis dan skrotum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *