Rekomendasi Merk Obat Herbal Insomnia, Ampuh Bikin Lelap!

Insomnia merupakan gangguan tidur yang paling sering dialami. Beberapa orang mengatasinya dengan obat-obatan, salah satunya adalah obat herbal insomnia.

Mengatasi insomnia dengan bahan herbal sudah dipraktikkan oleh orang-orang di zaman dahulu. Kini, obat-obatan herbal tersebut bahkan sudah tersedia secara praktis di beberapa apotek.

Penyebab Insomnia

Gangguan tidur insomnia dapat membuat Anda sulit mengantuk dan tidur, atau sering terbangun dan tidak bisa tertidur kembali. Biasanya Anda akan tetap merasa lelah saat terbangun dan merasa kadar energi Anda melemah sehingga berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak, insomnia yang diidap bisa bervariasi dari akut (hanya terjadi selama beberapa hari atau minggu) atau kronis (terjadi selama beberapa bulan atau lebih). Insomnia bisa terjadi karena penyebab tunggal tapi bisa juga karena obat-obatan maupun penyakit tertentu, antara lain:

  • Stres
  • Jadwal kerja atau bepergian
  • Kebiasaan tidur yang buruk, tidak teratur atau suasana tempat tidur yang tidak mendukung
  • Makan terlalu banyak di malam hari
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti antidepresan
  • Gangguan kesehatan mental, misalnya depresi atau kecemasan
  • Penyakit terkait tidur, misalnya sleep apnea
  • Konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol yang bisa membuat Anda sulit tidur

Selain ditunjukkan dengan tanda-tanda sulit tidur di malam hari atau terbangun tengah malam, beberapa gejala insomnia lainnya adalah:

  • Merasa lelah setelah tidur di malam hari
  • Lemas dan lesu di siang hari
  • Mudah marah
  • Depresi dan cemas
  • Sulit fokus
  • Sulit mengingat
  • Kerap melakukan kesalahan atau terjadi kecelakaan
  • Sering merasa khawatir soal tidur

Rekomendasi Merk Obat Herbal Insomnia

Beberapa orang masih mengonsumsi herbal dari bentuk aslinya secara langsung, namun kini obat herbal insomnia sudah tersedia dalam bentuk yang praktis diminum seperti tablet dan kapsul dan dijual di apotek. Rekomendasinya antara lain:

1. Lelap

Lelap adalah obat herbal berbentuk tablet untuk mengatasi insomnia yang menyebabkan tubuh kurang istirahat dan mengalami kelelahan hingga stres. Lelap mengandung ekstrak akar valerian yang dikenal sebagai obat insomnia alami paling ampuh.

Kandungan lainnya adalah ekstrak biji pala, ginseng, dan akar lidah ayam. Ekstrak biji pala dipercaya memiliki efek penenang dan membuat Anda lebih cepat mengantuk sehingga membuat kualitas tidur jadi lebih nyenyak.

Sedangkan ginseng dan akar lidah ayam berperan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat beraktivitas sehari-hari. Minum Lelap sebelum tidur di malam hari, jangan sekali-kali mengonsumsinya sebelum berkendara.

Harga: mulai Rp3.675,- (untuk 1 strip isi 4 kaplet) dan Rp50.923 (untuk 1 boks isi 3 strip)

2. Dami Sariwana Penenang

Dami Sariwana Penenang merupakan obat jamu herbal tradisional untuk membantu meringankan dan menenangkan insomnia atau gangguan sulit tidur. Diperkaya dengan kombinasi ekstrak akar Valerian, cabai jawa, rimpang jahe merah, dan lada hitam dalam satu buah pil yang bisa dikonsumsi setelah makan malam. 

Saat dikonsumsi tidak boleh dalam keadaan mengemudi atau mengoperasikan mesin yang membutuhkan konsentrasi tinggi, tidak dikonsumsi bersamaan dengan alkohol, dan tidak untuk anak-anak, ibu hamil, serta ibu menyusui. Sebaiknya jangan dikonsumsi bagi Anda yang mengidap gangguan hati atau liver. 

Harga: Rp14.000,- (isi 100 pil)

3. Herbana Balance Madia Good Night

Herbana Balance Madia Good Night, obat insomnia alami dengan perpaduan ekstrak akar Valerian, jahe, pala, dan Passion Flower yang membantu mengurangi gejala sulit tidur dan meningkatkan kualitas tidur. 

Selain itu, kandungan jahe dapat membantu menghangatkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah, serta sembung yang membantu meringankan gejala kembung. Pil herbal ini bisa Anda konsumsi setelah makan sebanyak dua kali sehari.

Harga: mulai Rp50.000,- (isi 10 kaplet)

4. Herbamed Insomadon 

Obat herbal ini digunakan untuk meredakan gejala dan mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia. Produk ini merupakan 100 persen ekstrak herbal alami, bersertifikasi halal, dan sudah terdaftar resmi di BPOM. 

Penggunaan obat ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki hipersensitivitas pada gingkgo biloba atau digunakan lebih dari 4 minggu. Hindari penggunaan bersama obat pengencer darah atau 2 minggu sebelum operasi. 

Tiap kapsul mengandung ekstrak alami akar Valerian, biji Semen, Ginkgo biloba, Herba lenglengan, dan akar pegagan. Lebih baik dikonsumsi 30 menit sebelum makan. 

Harga: Rp110.000,- (untuk 1 botol isi 50 kapsul)

5. Borobudur Herbal Nenang

Obat herbal insomnia satu ini membantu meringankan gejala gangguan sulit tidur. Dengan kombinasi ekstrak akar Valerian, tanaman asma, dan daun pegagan yang terkenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi insomnia dan memberikan efek menenangkan.

Pil herbal ini dapat Anda minum secara teratur sebanyak 5 pil sebelum tidur di malam hari. Hindari penggunaan pil saat mengemudi, bersamaan dengan alkohol, dan tidak dianjurkan bagi anak-anak di bawah 12 tahun, ibu hamil atau menyusui. 

Harga: Rp18.000 (untuk 1 botol isi 100 pil)

6. Borobudur Herbal Slipi

Obat herbal untuk mengatasi gangguan sulit tidur. Ekstrak rempah Valerian di dalamnya ampuh membantu mengatasi gangguan sulit tidur pada pengidap insomnia dengan merilekskan sistem saraf yang mempermudah Anda untuk tidur. 

Selain itu, Slipi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa cemas, dan mengatasi stres. Obat ini diproses secara modern, memakai mesin buatan Jerman dengan dukung kualitas sistem yang tinggi yang menjamin higienitas produk.

Harga: mulai Rp75.000,- (isi 60 kapsul) dan Rp110.000,- (isi 100 kapsul)

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas baik sangat penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Insomnia dapat mempengaruhi tubuh Anda baik secara mental maupun fisik.

Beberapa kunci untuk mencegah insomnia antara lain menjaga rutinitas waktu tidur dan bangun, meningkatkan aktivitas fisik, batasi konsumsi alkohol, tidak merokok, dan ubah tempat tidur jadi lebih nyaman. 

Mengonsumsi obat herbal insomnia memang bisa menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi insomnia. Akan tetapi karena riset ilmiahnya yang terbatas, sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang dan juga dosis yang terlalu banyak atau besar agar tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *