Prodia Sidoarjo, Pilihan Tepat Untuk Lakukan Tes Kolesterol

Cek kolesterol tidak hanya perlu dilakukan oleh orang tua saja, tapi juga orang usia muda. Gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat menyebabkan gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi bisa mengancam siapa pun tanpa kenal usia. Anda bisa melakukan pengecekan kadar kolesterol di Prodia Sidoarjo yang berada di Jalan Pahlawan Jalan Kwadengan Bar Nomor 12A, Kwadengan Barat, Lemahputro, Sidoarjo. 

Tes kolesterol atau disebut juga pemeriksaan profil lipid adalah pemeriksaan medis berupa tes darah untuk mengukur jumlah total zat lemak (kolesterol dan trigliserida) dalam darah. Cek kolesterol berguna untuk menentukan apakah seseorang memiliki kolesterol tinggi atau tidak.

Semua orang perlu melakukan tes kolesterol secara rutin. Seberapa sering pemeriksaan ini dilakukan akan tergantung pada usia dan faktor risiko kesehatan yang Anda miliki. Tes kolesterol direkomendasikan pada pasien dengan kondisi-kondisi berikut ini.

  • Wanita berusia di atas 55 tahun dan pria di atas 45 tahun
  • Hipertensi
  • Penyakit hati
  • Arteriosklerosis pada tungkai
  • Riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, serta dysbetalipoproteinemia
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Hipotiroid atau kondisi kekurangan hormon tiroid
  • Gangguan pada ginjal
  • Penyakit hati
  • Diabetes tipe 1 atau tipe 2
  • Sirosis bilier primer

Frekuensi tes kolesterol yang sebaiknya Anda jalani akan tergantung pada beberapa faktor. Mulai dari usia hingga kondisi kesehatan Anda. Tes kolesterol perlu dilakukan secara teratur pada pria dan wanita sejak usia 20 tahun. Pemeriksaan ini sebaiknya dijalani setiap lima tahun sekali. 

Bagi pasien yang sudah memiliki gangguan kesehatan lain, tes kolesterol perlu dilakukan setiap tahun. Contohnya pada pengidap diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau orang yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengendalikan kadar tekanan darah.

Kolesterol tinggi yang disebabkan oleh faktor usia dan keturunan memang sulit dikendalikan. Namun bila disebabkan oleh faktor lainnya, kolesterol tinggi bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat dan obat dari dokter. Berikut beberapa tips sehat untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda stabil.

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Untuk mengurangi kolesterol, konsumsilah berbagai macam sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung gandum atau biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan makanan sumber protein. Hindari makanan yang mengandung banyak kolesterol, seperti daging, hati, kuning telur, udang, maupun produk susu olahan. Batasi juga penggunaan garam dalam masakan sehari-hari.

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Usahakan untuk aktif berolahraga setiap hari atau setidaknya selama 150 menit per minggu. Hentikan kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol. Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

  1. Konsumsi makanan dan minuman penurun kolesterol

Sejumlah makanan penurun kolesterol yang disarankan untuk dikonsumsi adalah gandum utuh, oatmeal, apel, pir, pisang, dan jeruk. Sayuran, seperti terong dan okra; serta kacang-kacangan, seperti buncis, kacang merah, dan lentil; juga baik untuk dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penurun kolesterol yang rendah lemak serta mengandung beta glucan dan inulin, berikut penjelasannya:

  • Beta glucan merupakan sejenis serat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Zat ini banyak ditemukan pada gandum utuh, oatmeal, dan rumput laut.
  • Inulin adalah jenis serat larut air yang berguna menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Konsumsi suplemen sesuai aturan dan dosis yang tertera pada kemasan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, penggunaan suplemen makanan atau minuman penurun kolesterol sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Kolesterol tinggi dapat dicegah dan diatasi dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Bila perlu, konsumsilah obat-obatan serta suplemen penurun kolesterol, sesuai anjuran dokter. Selain itu, jangan lupa melakukan cek kolesterol secara berkala untuk memantau kadar kolesterol Anda, meskipun tidak terdapat gejala.

Jadi, meski pun sudah menerapkan pola hidup sehat dan seimbang, Anda tetap harus memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa melakukan tes kolesterol ini di Prodia Sidoarjo, tidak perlu di rumah sakit. Selain harga yang jauh lebih terjangkau, fasilitas untuk tes dan pelayanan yang diberikan pun sangat memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *