Persiapan Dasar Sebelum Menjalani Pemeriksaan Kesehatan (MCU Reguler)

Pemeriksaan kesehatan rutin (mcu reguler) berguna untuk mengetahui kondisi fisik Anda sekaligus mendapatkan perawatan sesegera mungkin jika terdeteksi penyakit. Walaupun rutin dilakukan, Anda pasti ingin hasil dari skrining sia-sia karena kurangnya persiapan. 

Berikut tips sebelum menjalani medical check up:

  1. Pilih waktu pemeriksaan yang tepat

Bagi wanita, pilih waktu mcu regular 7 hari sebelum atau setelah periode menstruasi. Ketika Anda melakukan skrining saat menstruasi, maka Anda tidak bisa mendapatkan pemeriksaan yang lengkap. 

Anda akan melewatkan tes urin, feses, dan pap smear karena darah menstruasi mempengaruhi hasil tes menjadi tidak akurat. 

Selain itu, sebisa mungkin pilih waktu pemeriksaan di pagi hari. Pagi hari adalah waktu dimana tubuh dalam kondisi terbaik.

  1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan hasil pemeriksaan tidak normal, seperti tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh. Dokter jadi tidak bisa menentukan apakah ini karena kurang istirahat atau murni karena masalah kesehatan. Usahakan untuk tidur minimal 6 jam sebelum medical check up.

  1. Jangan sampai kelelahan

Pastikan agar di hari H Anda menjalani mcu reguler, tubuh dalam kondisi fit. Hindari melakukan aktivitas berat seperti olahraga sejak sehari sebelumnya. Denyut jantung dan tekanan darah Anda bisa terpengaruh. 

  1. Berpuasa

Beberapa tes kesehatan mewajibkan Anda untuk berpuasa 10-12 jam sebelumnya, misalnya pada tes USG abdomen. Jika Anda tidak dianjurkan berpuasa, usahakan untuk sarapan terlebih dahulu agar kondisi Anda lebih baik.

Ada juga tes yang mewajibkan Anda menahan buang air kecil sebelum pemeriksaan. Misalnya, sebelum USG panggul, Anda akan diminta minum beberapa gelas air dan menahan pipis hingga pemeriksaan selesai. 

  1. Tetap terhidrasi

Pemeriksaan kesehatan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 2-4 jam tergantung paket yang Anda pilih. 

Selalu ingat untuk minum 8 gelas sehari (kurang lebih 2 liter) agar tubuh terhidrasi dengan baik. Ini akan memudahkan dokter mengambil sampel darah dan urin Anda.

  1. Hindari alkohol

Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi, menyulitkan petugas kesehatan saat mengambil sampel darah, dan memengaruhi hasil tes. Hindari minum alkohol sehari sebelum janji temu.

  1. Hindari makanan asin dan berlemak

Garam dan lemak akan memengaruhi tingkat kolesterol dan tekanan darah. Hindari kedua makanan ini seminggu atau minimal 3 hari sebelum pemeriksaan. 

  1. Jangan minum kopi atau merokok

Kopi dan merokok adalah stimulan yang dapat membuat tekanan darah Anda naik dengan cepat. Hindari juga makanan berkafein lainnya, seperti teh dan cokelat.

  1. Bawa berkas pemeriksaan

Untuk berjaga-jaga, bawa rekam medis terakhir yang Anda miliki, termasuk hasil rontgen, hasil laboratorium, dan pengobatan terkini. 

  1. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda menerima perawatan obat, konsultasikan dengan dokter saat menentukan janji temu. Tanyakan apakah Anda bisa menunda pengobatan rutin sampai sampel darah Anda diambil.

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin di SehatQ

SehatQ bekerja sama dengan rumah sakit dan klinik terbaik di seluruh wilayah Indonesia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Terdapat beberapa pilihan paket mcu reguler dengan harga yang menarik. 

Salah satunya adalah skrining pemeriksaan paket pra-nikah. Tes pra-nikah adalah salah satu syarat sebelum menikah guna mempersiapkan dan mendukung kehamilan setelah menikah. 

Para calon pengantin sering tidak menyadari jika mereka memiliki masalah kesehatan. Jika mereka sudah mengetahui risiko kesehatan satu sama lain, pasangan bisa melakukan perencanaan jangka panjang dengan aman. Temukan berbagai pilihan paket mcu reguler lainnya di Toko Kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *