Ketahui Beragam Manfaat Pembalut Herbal bagi Kesehatan

Menggunakan pembalut saat menstruasi seringkali membuat kulit iritasi seperti kemerahan, ruam, dan gatal. Hal ini tentu tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasi hal ini, banyak produsen pembalut menciptakan pembalut herbal.

Diklaim terbuat dari bahan alami, pembalut herbal dipercaya lebih aman dibandingkan dengan pembalut biasa. Hal ini yang membuat banyak wanita beralih dan menggunakan pembalut herbal sebagai pilihan. 

Bahan Pembalut Herbal

Pada umumnya, pembalut herbal terbuat dari beberapa bahan seperti kapas, perekat, dan bahan alami lainnya. Adapun bahan alami yang sering digunakan dalam produk pembalut adalah:

  • Daun sirih 

Sejak dahulu, daun sirih dipercaya sebagai antiseptik dapat mengurangi pertumbuhan bakteri. mampu meredakan nyeri dan menekan pertumbuhan bakteri.

  • Peppermint

Peppermint mampu memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit. Selain itu, daun peppermint juga mampu mengatasi nyeri saat menstruasi. 

  • Cyperus rotundus 

Cyperus rotundus lebih dikenal dengan sebutan rumput teki. Tanaman ini mengandung extrapone yang mampu mengobati gangguan kulit seperti seperti eksim, jamur, dan kutu air.  

  • Mugwort 

Berdasarkan Rehabilitation Nursing Journal, mugwort yang terbukti mampu meredakan gatal pada kulit. Hal ini berkat kandungan sineol, adenin, kolin, tanin, dan  klorofil yang terbukti mampu mengatasi kulit dari ruam, iritasi, dan baik untuk melancarkan siklus menstruasi.

  • Angelica gigas

Angelica gigas merupakan tanaman keluarga Apiaceae. Angelica gigas mampu mengobati anemia, kelelahan, rematik, dan kram perut.

Manfaat Menggunakan Pembalut Herbal bagi Kesehatan

Oleh karena banyak wanita yang menyukai produk ini, pembalut herbal menjadi barang yang harus tersedia di rumah untuk persiapan menstruasi. Selain itu, beberapa manfaat mungkin akan Anda rasakan saat menggunakan pembalut herbal. s

  • Kulit mudah bernapas

Kebersihan organ reproduksi merupakan hal yang penting bagi wanita terutama selama menstruasi. Lapisan pertama pada pembalut herbal terbuat dari bahan alami, sehingga membuat kulit tidak lembap (breathable). Lapisannya memungkinkan sirkulasi udara yang baik sehingga aman digunakan bagi wanita yang memiliki kulit sensitif. 

  • Daya serap tinggi 

Pembalut herbal sangat menyerap karena terbuat dari serat selulosa yang mampu mengunci cairan, sehingga mencegah kebocoran. Pembalut dengan daya serap tinggi memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari tanpa khawatir.

  • Mencegah iritasi, ruam, dan alergi

Sejumlah pembalut mengandung dioksin dan klorin yang berbahaya bagi kulit dan organ reproduksi. Dengan menggunakan pembalut herbal yang bebas kimia dapat mencegah tubuh Anda terkena paparan bahan kimia. 

  • Nyaman di kulit

Lapisan penyerap pada pembalut herbal terbuat dari kapas organik, sehingga nyaman dan lembut bagi kulit sensitif selama menstruasi. Meskipun demikian, Anda perlu mengganti pembalut herbal setiap 4-6 jam untuk menjaga kebersihan organ reproduksi selama menstruasi.

  • Mencegah polusi udara

Selain berbahaya bagi tubuh, dioksin dan klorin adalah zat yang dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu, pilihlah pembalut yang bebas bahan kimia dengan memperhatikan komposisi bahan yang tercantum pada kemasan produk. Pembalut herbal yang bebas bahan kimia aman bagi lingkungan karena tidak melepaskan zat dioksin, sehingga mengurangi polusi udara.

Menggunakan pembalut herbal adalah pilihan Anda. Namun, apa pun pilihan Anda, penting sekali untuk selalu memperhatikan bahan, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa produk. Pilihlah pembalut herbal yang bebas dari wewangian untuk meminimalisasi alergi. 

Selain itu, pilihlah pembalut yang memiliki daya serap tinggi dengan ukuran yang disesuaikan dengan aktivitas Anda. Dengan begitu, Anda dapat beraktivitas dengan nyaman tanpa khawatir pembalut bocor. Jika selama penggunaan pembalut herbal timbul reaksi alergi pada kulit, segera konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *