Tips Aman Olahraga di Rumah untuk Pemula

Di rumah saja seharian dan hanya duduk di depan layar laptop tentulah bukan pola hidup yang sehat. Anda pasti akan mudah merasa pegal-pegal sampai merasa lemas. Dalam jangka panjang, gaya hidup minim aktivitas tersebut akan membuat Anda lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis. 

Karena itu, penting untuk menyisipkan menu olahraga, walaupun berada di rumah saja. Banyak jenis olahraga tanpa alat yang cocok untuk pemula dan dapat dilakukan di rumah ataupun di kamar Anda. Tentunya ketika menjalankan olahraga di rumah untuk pemula, Anda tidak boleh melupakan keamanan dan kenyamanan. Sebab jika mengabaikannya, risiko cedera bisa mengintai lebih dekat. 

Banyak tips aman guna melakukan olahraga di rumah untuk pemula. Olahraga jalan, badan segar, risiko cedera dan kondisi tidak ideal pun bisa dikurangi. Penasaran apa saja tips aman berolahraga di rumah untuk pemula? Berikut ini tipsnya khusus buat Anda. 

Tips Aman Berolahraga di Rumah untuk Pemula

Kenakan Pakaian yang Tepat 

Pakaian bisa sangat menentukan kenyamanan Anda ketika berolahraga. Jangan sampai mentang-mentang melakukan olahraga di rumah, Anda menjadi abai terkait pakaian yang digunakan. Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat risiko cedera lebih besar. Pakaian yang terlalu besar dan tidak menyerap keringat pun dijamin membuat Anda menjadi malas untuk bergerak. Jadi, pakaian apa yang cocok untuk olahraga di rumah untuk pemula? Jawabannya sederhana, carilah pakaian khusus olahraga yang ukurannya pas dengan badan Anda. 

Jangan Lupa Pemanasan 

Jangan menyesal ketika Anda memutuskan langsung bergerak aktif dan berujung pada cedera. Biasanya ini karena Anda tidak mengawali olahraga dengan pemanasan. Kesalahan olahraga di rumah untuk pemula ini sering terjadi, padahal tidak perlu. Anda sebenarnya hanya perlu menyediakan waktu sebentar untuk melakukan peregangan dan “memanasi” tubuh Anda. Pemanasan ini bisa bisa membuat otot dan sendi menjadi lebih lentur sehingga tubuh secara keseluruhan akan lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. 

Lakukan Gerakan dengan Benar 

Tidak ada salahnya melakukan olahraga di rumah untuk pemula sembari menonton video tutorial. Justru dengan demikian, Anda bisa melakukan gerakan dengan benar dan tepat. Gerakan yang benar ini bisa meminimalkan risiko cedera. Dengan gerakan yang benar pula, olahraga yang Anda lakukan dapat melahirkan manfaat yang optimal. 

Batasi Waktu Olahraga 

Ingatlah Anda bukan seorang atlet. Anda baru seorang pemula yang sedang mencoba melakukan gaya hidup lebih sehat di rumah dengan aktif berolahraga. Anda tidak perlu melakukan olahraga di rumah untuk pemula dalam durasi yang panjang. Ini hanya akan membuat Anda cepat merasa bosan melakukan kebiasaan baik ini. Batasi waktu olahraga Anda berkisar 30—45 menit saja. Waktu tersebut akan membuat tubuh Anda terasa bugar, tanpa rasa lelah yang berlebihan. 

Perbanyak Minum Air 

Dehidrasi mungkin terjadi apabila Anda berolahraga. Untuk mencegahnya. Perbanyak asupan minum air tiap hari. Khususnya saat sebelum dan sesudah berolahraga, upayakan minum air 1-2 gelas. Jika merasa haus di sela-sela aktivitas olahraga, tidak ada salahnya pula meneguk segelas air untuk memastikan cairan tubuh Anda mencukupi kebutuhan. 

Perhatikan Asupan Nutrisi 

Latihan akan membakar banyak kalori dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Inilah yang membuat Anda mudah merasa lelah setelah berolahraga. Karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan bergizi dengan pola yang teratur. Perhatikan asupan karbohidrat ringan, seperti buah atau yogurt sebagai pasokan energi setelah berolahraga. Anda juga memerlukan tambahan protein untuk membantu memperbaiki kerusakan jaringan otot dan membantu menaikkan massa otot. 

Tetaplah Konsisten 

Olahraga di rumah untuk pemula sering tidak sukses menemui manfaat yang diharapkan, entah itu untuk menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, ataupun untuk mencegah penyakit kronis. Biasanya ini terjadi karena olahraga hanya dilakukan sekali waktu. Pastikan ketika Anda memutuskan untuk mulai berolahraga, lakukanlah secara konsisten. Anda bisa melakukan olahraga di rumah tiap hari misalnya dengan durasi hanya 30 menit per sesi. Ini akan membuat manfaat yang Anda rasakan dari aktivitas tersebut lebih nyata. 

*** 

Anda mungkin berpikir menjalankan olahraga di rumah untuk pemula terasa berat. Namun, itu hanya awalnya. Cukup lakukan olahraga di rumah secara konsisten, Anda pun bisa kecanduan melakukan gaya hidup sehat yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *