Olahraga Atau Permainan Bridge

Bridge adalah permainan kartu pengambilan trik, yang bisa memberikan sumber kenikmatan yang bisa dimiliki empat orang dengan satu pak kartu. Bridge adalah olahraga. World Bridge Federation telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional. Sama seperti olahraga lainnya, olahraga bridge menawarkan manfaat yang sangat besar bagi para pemainnya.

Bridge adalah permainan yang dimainkan dengan 52 tumpukan kartu oleh empat orang yang dibagi menjadi dua tim. Olahraga ini melibatkan strategi, deduksi, konsentrasi dan visualisasi. Bridge sendiri berasal dari abad ke-17. Saat itu, permainan ini terutama dimainkan oleh bangsawan Inggris dan pada akhir 1800-an di Turki dan Prancis, aturan dan strategi olahraga bridge dikembangkan dan diketahui oleh pemain bridge saat ini.

Sebenarnya ada banyak aktivitas yang bisa menambah nilai dalam hidup Anda, termasuk kegiatan santai yang membuat Anda aktif secara sosial dan tajam secara mental. Jika Anda tertarik untuk mencoba atau mendalami olahraga bridge, mungkin Anda mendapatkan pilihan yang tepat.

Walaupun masih banyak orang yang menganggap bridge lebih ke sebuah permainan dan bukan olahraga, aktivitas ini termasuk aktivitas yang baik untuk Anda lakukan. Dan sama seperti olahraga pada umumnya, bridge juga memiliki manfaat yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut beberapa dari banyak manfaat olahraga bridge:

  • Interaksi sosial yang berarti
  • Memperkuat keterampilan komunikasi dan kerja tim
  • Menjaga ketajaman mental
  • Meningkatkan kekebalan untuk menangkal penyakit

Nah, bukan rahasia lagi kalau olahraga bridge mirip dengan senam mental. Dalam hal ini, menstimulasi otak secara teratur diyakini sebagai komponen penting dalam menangkal penyakit termasuk Alzheimer dan Demensia. Namun, meningkatkan kekebalan untuk menangkal penyakit tidak selalu dianggap sebagai salah satu manfaat bermain bridge sampai awal tahun 2000-an, ketika Profesor Marian Diamond melakukan percobaan dan penelitian di University of California Berkeley.

Olahraga bridge diyakini dapat meningkatkan semangat tim, sosialisasi, pengembangan kemampuan mental dan membantu otak untuk tetap awet muda dan sehat. Christopher Shaw meneliti dampak belajar bermain olahraga bridge terhadap siswa sekolah dasar. Peneliti dari Carlinville (Illinois) menemukan bahwa anak-anak yang belajar bermain bridge memiliki peningkatan yang luar biasa dalam nilai tes mereka dibandingkan dengan teman sekelas mereka yang tidak bermain. 

Selama permainan olahraga bridge, pemain menganalisis informasi yang tersedia dan membuat rencana untuk menang berdasarkan pemahaman pertama mereka tentang situasinya. Kemampuan untuk mengadaptasi dan menyesuaikan rencana ketika informasi tambahan tersedia mengarah pada kesuksesan dalam permainan. Dengan demikian, bridge secara dramatis membantu pengembangan pemikiran inferensial, yang mengarah pada kinerja yang lebih baik..

Pada tahun 2000, Marian Cleeves Diamond menemukan bahwa olahraga bridge merangsang kelenjar timus, yang memproduksi sel darah putih (limfosit T), sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bridge juga meningkatkan keterampilan kerja tim, karena pemain perlu bergantung pada informasi dari rekannya sebelum membuat keputusan. Karena itu, olahraga bridge mengajarkan cara mempercayai dan berkomunikasi dengan orang lain untuk keuntungan bersama.

Olahraga bridge menawarkan banyak manfaat sosial. Hal ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan teman baru dan juga memberikan Anda kesempatan untuk membuat kontak sosial yang dapat membantu pemain dalam strategi kemenangan mereka. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *