Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh tentu sudah sering kita dengar. Bawang bombay dikenal kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan jantung, saluran pencernaan, mencegah kanker, diabetes dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, ternyata bawang bombay juga bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Bawang bombay merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi sumber vitamin C. Vitamin C sendiri membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan kolagen. Kolagen ini yang akan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Meski memiliki aroma yang menyengat, bawang bombay memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu menumbuhkan dan merawat kesehatan rambut.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Drug Delivery and Therapeutics melihat kemampuan bawang untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa sampo yang terbuat dari bawang bombay memberikan lebih banyak nutrisi yang baik untuk folikel rambut. Selain itu, sampo tersebut juga melembapkan rambut, mengatasi kulit kepala yang kering, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sampo yang terbuat dari bawang juga tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Namun, jika Anda takut rambut Anda menjadi berbau seperti bawang, Anda bisa memberikan sedikit perasan lemon untuk menyembunyikan bau khas bawang.

2. Mencegah Tumbuhnya Uban

Diketahui bahwa bawang bombay mengandung senyawa antioksidan yang disebut katalase yang membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Hal ini diyakini menjaga rambut agar tidak berubah menjadi abu-abu.

3. Merawat Rambut yang Kering dan Rapuh

Manfaat bawang bombay selanjutnya yaitu mampu melembapkan dan merevitalisasi rambut kering dan rapuh. Hal ini karena bawang bombay mengandung banyak senyawa yang dapat memperbaiki rambut kering dan rusak.

Contohnya termasuk flavonoid, seperti kampeferol dan quercetin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) yang membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

4. Mengatasi Kulit Kepala yang Gatal

Sifat anti-inflamasi bawang juga dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal dan kering. Anda juga bisa menggabungkan ekstrak bawang dengan bahan alami lainnya untuk menenangkan kulit kepala Anda.

5. Mengatasi Rambut Rontok

Alopecia areata adalah kondisi yang menyebabkan rambut rontok di beberapa bagian. Sebuah penelitian pada tahun 2014 terhadap 38 orang dilakukan untuk menguji keefektifan penggunaan jus bawang merah untuk mengobati alopecia. Hasilnya adalah, penggunakan bawang dapat mengobati alopecia dengan baik.

Mengaplikasikan bawang ke rambut dan kulit kepala juga dapat meningkatkan suplai darah ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda cukup memijat bawang yang telah berbentuk jus ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 15 menit, setelah itu Anda bisa mencuci rambut seperti biasa menggunakan sampo.

6. Mengatasi Ketombe

Bawang memiliki sifat antimikroba dan antijamur, itulah sebabnya beberapa ahli kesehatan menganjurkan menggunakannya untuk pengobatan infeksi.

Banyak orang mengalami ketombe karena jamur yang disebut Malassezia furfur, sehingga khasiat antijamur bawang pasti berguna sebagai pembasmi ketombe.

Selain ketombe, bawang bombay juga dapat membantu mengobati infeksi kulit kepala lainnya. Gunakan bawang bombay untuk mengobati infeksi kulit kepala dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. 

Efek Samping Menggunakan Bawang Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Meski manfaat bawang bombay sangat banyak, sebaiknya segera hentikan perawatan dengan bawang jika kulit atau rambut Anda alergi terhadap bawang.

Selain itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, mungkin saja penggunaan bawang dapat mengiritasi kulit Anda. Segera hentikan pemakaian jika kondisi rambut atau kulit Anda justru semakin parah karena perawatan menggunakan bawang bombay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *