Makanan-makanan Alami untuk Bayi Selain Prolacta Apa Saja?

Siapa yang tidak ingin mempunyai bayi yang sehat dan cerdas sejak lahir? Semua orang tua mendambakannya. Untuk itu bayi perlu diberi suplemen khusus, Prolacta, agar terpenuhi semua nutrisinya.

Namun selain memberikan suplemen khusus, Anda sebagai orang tua juga tetap harus memberikan makanan-makanan alami untuk dapat meningkatkan pertumbuhan otaknya.

Apa saja makanan-makanan alami itu? Yuk, mari simak penjelasan di bawah!

Yogurt

Makanan alami pertama adalah yogurt. Makanan fermentasi ini memiliki nilai gizi yang begitu banyak. Mulai dari kalsium, protein, hingga lemak sehat. 

Anda bisa memasukkan yogurt ke dalam menu bayi karena  akan membantu dirinya dalam mengembangkan sel-sel otak.

Selain itu kandungan yogurt sendiri juga menawarkan probiotik sehingga membantu membangun microbiome atau lingkungan mikrobiologi yang kuat. 

Tekstur yogurt yang ideal meskipun lebih tebal dapat Anda gunakan sebagai perkenalan konsep makanan padat ke si bayi.

Alpukat

Makanan alami kedua adalah alpukat. Alpukat termasuk buah kaya akan gizi, mulai dari lemak, vitamin, dan mineral. 

Buah ini sendiri tidak hanya berkontribusi sebagai lemak sehat untuk kebutuhan tubuh, tetapi juga akan membantu dalam perkembangan sel otak. Apalagi dengan tekstur alpukat yang lembut akan memudahkan bayi memakannya. 

Keju

Keju punya banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya membantu perkembangan serabut-serabut sel saraf dan otak. Ini karena keju mengandung asam lemak linoleat dan linolenat. 

Anda bisa mencampurkan keju dengan sayuran dan buah apabila bayi sudah bisa menerima bentuk dan rasa keju.

Sereal Gandum

Makanan alami selain Prolacta lainnya adalah sereal gandum, dan merupakan pilihan tepat bagi Anda jika memasukkannya ke menu bayi.

Sereal ini sendiri diketahui dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi karena menawarkan serat dan sumber protein.

Untuk menggunakannya, Anda harus menghaluskan biji-bijian yang digunakan sebagai sereal lalu campurkan dengan bubuk halus, dan rebuslah dengan air. Setelah matang, Anda bisa mencampurkannya dengan ASI, yogurt, campuran buah atau sayuran.

Telur

Bahan makanan yang satu ini tentunya mudah Anda dapatkan. Telur diketahui merupakan salah satu nutrisi penting untuk membantu kecerdasan bayi.

Selain itu, telur juga mampu memberikan konsentrasi kolin dan DHA secara signifikan sehingga dapat mengoptimalkan tumbuh-kembang bayi.

Kacang

Kacang merupakan salah satu sumber gizi yang baik karena mengandung lemak baik, protein hingga vitamin.

Beberapa kacang yang direkomendasikan untuk bayi adalah kacang tanah, kacang mete, hingga almond.

Untuk menyajikannya adalah siapkan sesendok kecil kacang yang sudah Anda pilih lalu campurkan ke dalam sereal atau yogurt.

Meski begitu, Anda sebaiknya perhatikan dulu mengenai kacang ini karena beberapa bayi diketahui alergi terhadap kacang.

Apel

Apel yang kaya serat ternyata dapat membantu tumbuh-kembang bayi karena mengandung Quercetin.

Quercetin adalah zat yang dapat merangsang aktivitas otak, serta mampu menjadi antioksidan kuat dan membantu sistem kekebalan tubuh.

Lentil

Lentil termasuk salah satu jenis kacang luna yang mengandung serat, zat besi, dan protein yang sangat baik untuk tumbuh-kembang anak.

Cara mengolahnya adalah Anda bisa mencampurkannya langsung ke dalam sup tanpa harus direndam atau dimasak terlebih dahulu.

Sayuran Hijau

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan alami yang sangat penting dalam tumbuh-kembang anak.

Diketahui sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh bayi sehingga bisa cerdas.

Meski begitu, untuk membuat bayi menyukai sayuran, Anda harus mencampurkannya dengan makanan lain seperti apel dan wortel yang diketahui mengandung nitrat.

Salmon

Salmon diketahui mengandung omega-3 dan DHA yang sangat penting untuk tumbuh-kembang anak karena keduanya merupakan sumber protein. Anda bisa mengolah salmon dengan tampilan menarik supaya bayi mau memakannya.

Selain dengan makanan-makanan alami, Anda juga perlu melalukan hal-hal berikut supaya bayi bisa sehat dan cerdas.

Cara-cara itu adalah:

  • Hindari TV
  • Ajak bayi berinteraksi lansung secara intensif
  • Menyusui
  • Kenalkan bayi pada musik untuk meningkatkan memori dan memudahkan pembelajaran
  • Kenalkan bayi pada buku

Itulah makanan-makanan alami yang bisa Anda berikan pada bayi selain suplemen Prolacta yang malah mengandung efek samping.

Referensi:

  1. Prasetyo D. 10 Makanan ini Bisa Membantu Kecerdasan Otak Bayi. Yuk, Cek Daftarnya! [Internet]. POPMAMA.com. 2021 [cited 21 July 2021]. Available from: https://www.popmama.com/baby/7-12-months/fx-dimas-prasetyo/makanan-ini-membantu-kecerdasan-otak-bayi
  2. Agar Bayi Tumbuh Cerdas dan Pintar, Lakukan 6 Aktivitas Stimulasi Ini [Internet]. Nakita.grid.id. 2021 [cited 21 July 2021]. Available from: https://nakita.grid.id/amp/021695942/agar-bayi-tumbuh-cerdas-dan-pintar-lakukan-6-aktivitas-stimulasi-ini?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *