Jangan Diremehkan, Tulang Rusuk Sakit Ternyata Terjadi Karena Ini

Tulang rusuk adalah kerangka tulang yang ada di rongga dada. Beberapa orang mungkin pernah mengalami tulang rusuk sakit. Rasa sakit itu cenderung tajam dan nyerinya bisa terasa di bawah dada atau di bagian atas pusar. 

Rasa sakit pada tulang rusuk bisa terjadi karena berbagai hal. Sensasi sakit yang dirasakan juga mungkin berbeda-beda. Anda harus bisa membedakan rasa sakit yang dirasakan guna memperkirakan penyebab dari rasa sakit tersebut. 

Apa yang menyebabkan tulang rusuk sakit?

Rasa sakit pada tulang rusuk bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari faktor penyebab yang ringan sampai yang lebih serius. Terkadang, rasa sakit ini juga bisa terjadi tepat setelah Anda mengalami cedera maupun terjadi secara perlahan. 

Beberapa kondisi medis mungkin bisa menjadi dasar penyebab dari rasa sakit di tulang rusuk. Secara garis besar, berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan rasa sakit tersebut: 

  • Cedera

Cedera adalah kemungkinan penyebab tulang rusuk sakit yang paling umum. Cedera ini bisa terjadi ketika Anda terjatuh, mengalami kecelakaan, kontak saat olahraga, dan lain sebagainya. 

Ada beberapa jenis cedera yang mungkin bisa menimbulkan rasa nyeri. Contohnya seperti tulang rusuk yang retak atau patah, otot tertarik, ataupun memar. 

Apabila nyeri dirasakan setelah cedera, dokter Anda mungkin akan mengajurkan untuk menjalani pemeriksaan berupa X-Ray. Hasilnya bisa memperlihatkan apabila Anda mengalami patah atau keretakan tulang. 

  • Herpes zoster

Dalam beberapa kasus, rasa sakit yang Anda alami pada tulang rusuk mungkin disebabkan oleh penyakit herpes zoster. Penyakit ini merupakan konfisi infeksi virus yang menyebabkan nyeri saraf akut. 

Nyeri ini akan terasa tajam dan menusuk sampai ke tulang. Sebelum mulai mengalami nyeri, Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala lain seperti demam, sakit kepala, menggigil, dan mual. 

Biasanya, herpes zoster akan menimbulkan ruam atau lepuh pada kulit. Ruamnya akan membentuk garis di dada Anda dan berlangsung sampai berbulan-bulan. 

  • Pleurisi

Penyebab tulang rusuk sakit lainnya adalah pleurisi atau yang dikenal dengan radang selaput dada. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan yang mempengarui lapisan paru-paru dan dada Anda. 

Peradangan pleurisi akan menyebabkan gesekan pleura, yaitu jaringan tipis yang melapisi dada dan paru-paru. Gesekan ini akan menimbulkan rasa sakit yang sangat parah. 

Salah satu cara mengobati radang selaput dada adalah dengan menggunakan antibiotik. Bila tidak diatasi, bukan hanya menimbulkan rasa nyeri saja, pleurisi juga bisa menganggu pernapasan Anda. 

  • Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh, termasuk di tulang rusuk. Ketika menderita kondisi ini, Anda juga akan mengalami gangguan tidur. 

Kondisi ini termasuk sebagai kondisi kronis atau jangka panjang. Rasa sakit di tulang rusuk akan terasa terbakar, berdenyut, dan menusuk. 

Tulang rusuk menjadi bagian tubuh yang paling sering terasa nyeri ketika Anda menderita Fibromyalgia. Namun, nyeri juga bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya. Nyeri ini mungkin akan sangat parah dan menghambat Anda untuk beraktivitas sehari-hari. 

Masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada tulang rusuk. Faktor tersebut beragam. Anda mungkin perlu mengunjungi dokter untuk mengetahui apa penyebab kondisi Anda. 

Nantinya, berdasarkan faktor penyebab dan hasil diagnosa, dokter bisa mengajurkan metode pengobatan untuk tulang rusuk sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *