Itramol, Apakah Boleh untuk Anak?

Paracetamol sudah menjadi obat pertolongan pertama ketika nyeri dan demam menyerang. Paracetamol memang merupakan salah satu obat antipiretik dan analgetik yang banyak digunakan. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi nyeri ringan seperti sakit kepala migrain, dan nyeri saat menstruasi.

Paracetamol sendiri tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet 500 mg dan 600 mg, sirup, drop, infus, hingga supositoria. Biasanya, obat paracetamol sirup seperti itramol dapat digunakan untuk obat menurunkan demam anak karena biasanya mengandung perasa yang disukai anak-anak. 

Namun, bagi anak-anak yang tidak bisa minum obat tablet atau kesulitan minum obat karena sakit parah, biasanya akan diberikan paracetamol berbentuk supositoria, yaitu obat yang diberikan melalui bokong anak. Tetapi, sebelum menggunakan obat paracetamol untuk anak, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan perhatikan dosis yang dianjurkan obat paracetamol tersebut.

Itramol sendiri merupakan obat paracetamol yang bekerja untuk meringankan rasa nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam. Cara kerjanya dengan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Dengan menurunkan kadar prostaglandin dalam tubuh dapat mengurangi gejala peradangan seperti nyeri dan demam.

Nah, sebelum memberikan itramol sebagai obat paracetamol anak, perhatikan dulu anjuran dalam memberikan paracetamol ke anak.

Pertama , paracetamol berbentuk sirup cair bisa diberikan kepada anak berusia mulai dari 2 bulan. Namun, pemberian obat paracetamol untuk balita berusia di bawah 3 bulan harus dengan resep dokter untuk mengurangi efek samping dari obat tersebut.

Kedua, jangan lupa untuk mengocok terlebih dahulu obat paracetamol sirup seperti itramol. Setidaknya dikocok selama 10 detik. Hal ini untuk memastikan komposisi yang berada di dalam obat tercampur dengan rata.

Ketiga, perhatikan dosis yang dianjurkan per harinya. Dosis paracetamol yang diberikan pada anak biasanya tergantung pada kondisi penyakit yang dialaminya. Tetapi, ada pula yang mengatakan dosis paracetamol diberikan berdasarkan usia dan berat badan sang anak. Misalnya, dosis yang diberikan pada bayi atau anak adalah 10-15 mg per kilogram berat badannya. 

Selain itu, jika anak Anda mengalami nyeri atau demam tinggi, termasuk setelah melakukan vaksinasi, ia dapat minum 1 dosis paracetamol sirup (yang sesuai anjuran dari obat paracetamol tersebut). Biasanya, bayi diberikan 2,5 mL untuk paracetamol sirup atau 60 mg untuk paracetamol berbentuk supositoria. Jika bayi Anda masih memiliki demam tinggi setelah pemberian dosis pertama, Anda bisa memberikan dosis paracetamol kedua 4 jam setelahnya. 

Pada itramol, dosis pemberian pada anak dianjurkan sesuai dengan umur mereka. Misalnya, anak umur 0 hingga 1 tahun diberikan 2,5 mL sebanyak 3 kali sehari, dan usia 1 hingga 2 tahun diberikan 5 mL sebanyak 3 kali sehari.

Overdosis paracetamol pada anak

Meski aman dikonsumsi oleh segala usia, bayi dan anak dapat mengalami overdosis parasetamol dengan sangat cepat. Karena itu, penting untuk memberikan paracetamol sesuai yang dianjurkan atau konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Gejala overdosis obat paracetamol pada anak dapat dilihat 24 jam setelah pemberian obat, seperti mual, muntah, lesu, sakit perut, dan pucat. Penyebab overdosis ini pun bisa bermacam-macam. Seringnya terjadi karena ketidaksengajaan atau ketidaktahuan orang tua. Seperti terburu-buru memberikan paracetamol, salah membaca aturan pakai obat, dan memberikan dosis dua kali dalam waktu yang berdekatan.

Menggabungkan obat juga dapat memicu overdosis obat ini. Misalnya, dengan menggabungkan obat demam dan obat pilek yang dapat membahayakan anak karena kedua obat tersebut mengandung paracetamol.

Itramol sendiri sebagai obat paracetamol sangat aman dikonsumsi oleh anak, asal sesuai yang dianjurkan. Tidak hanya bagi anak, itramol juga aman digunakan bagi ibu hamil. Namun tetap disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menghindari efek samping penggunaan paracetamol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *