Mengenal Apa Itu Centella Asiatica Beserta Khasiatnya

Centella Asiatica atau daun pegagan merupakan tanaman berdaun yang berasal dari Asia Tenggara dan sering digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional China dan Ayurvedic. Centella Asiatica juga dikenal sebagai “ramuan umur panjang” yang juga sering digunakan sebagai jus, teh atau suplemen.

Apa Itu Centella Asiatica?

Tanaman yang juga terkenal dengan nama Gotu Kola ini telah lama diyakini memiliki sifat antidepresan, antiinflamasi, antidiabetik dan antimikroba. Banyak orang yang menjual Centella Asiatica sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul, bubuk, krim atau salep dan tingtur.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, tanaman ini disebut sebagai ji xue sao dan dalam pengobatan Ayurveda sebagai brahmi. Ada bukti klinis yang menunjukkan jika Centella Asiatica bermanfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dalam sebuah penelitian di tahun 2016 menunjukkan jika mengonsumsi ekstrak pegagan 1000 mg/ hari dan 750 mg/ hari, efektif untuk memperbaiki gangguan kognitif dan peningkatan ingatan pasca terkena stroke infark daripada orang yang hanya mengonsumsi asam folat.

Selain itu, dalam penelitian lain juga menunjukkan jika pegagan atau Centella Asiatica dapat mendukung fungsi otak dan sistem saraf. Pada penelitian yang sama juga menunjukkan jika ekstrak pegagan memiliki efek positif pada tikus yang menderita Alzheimer. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya pada manusia.

2. Membantu Mengurangi Kecemasan

Dalam penelitian di tahun 2016, para peneliti menemukan jika pegagan dapat mengurangi  kecemasan pada tikus yang kurang tidur selama 72 jam. Kurang tidur memang berdampak terhadap kesehatan karena bisa menyebabkan kecemasan, kerusakan oksidatif dan peradangan saraf.

Sedangkan penelitian lain pada manusia menunjukkan jika pegagan dapat mengurangi respon terkejut yang berkaitan dengan kecemasan. Namun tetap dibutuhkan lebih banyak bukti untuk mendukung hubungan kecemasan dan pegagan.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Terdapat bukti jika Centella Asiatica dapat meningkatkan sirkulasi darah pada orang yang menderita insufisiensi vena kronis (CVI). Insufisiensi vena kronis (CVI) merupakan kondisi dimana dinding dan katup vena di kaki tidak bekerja secara efektif sehingga darah sulit kembali ke jantung.

Bukan hanya itu saja, penelitian lain juga menemukan jika Centella Asiatica mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah pada mikroangiopati diabetik. Itu merupakan kondisi yang memengaruhi penderita diabetes dan melibatkan pembuluh darah kecil di berbagai area tubuh.

4. Menurunkan Depresi

Daun pegagan memiliki sifat sebagai antidepresan yang mampu menurunkan stres, kecemasan dan depresi pada orang yang mengonsumsi pegagan sebagai pengganti obat antidepresan selama 60 hari.

Terdapat juga penelitian pada tikus yang menderita depresi kronis, menunjukkan jika pegagan memberikan efek positif pada elemen tertentu dari depresi perilaku yang termasuk berat badan, suhu tubuh dan detak jantung.

5. Meredakan Nyeri

Sifat anti inflamasi yang ada pada pegagan membuatnya berguna untuk mengobati radang sendiri. Sejalan dengan studi yang melibatkan tikus, menunjukkan jika pegagan mampu mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan dan erosi tulang.

Centella Asiatica juga memiliki sifat antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Kandungan asam asiatik juga mampu menghambat aktivitas pertumbuhan jenis sel kanker tertentu yaitu sel tumor hati, payudara, kulit, otak dan gastrointestinal.

Efek Samping

Karena merupakan herbal, Centella Asiatica terbilang aman dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya. Jika pun ada, efek samping biasanya hanya akan menyebabkan sakit kepala dan sakit perut. Namun usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Centella Asiatica untuk mengobati penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *