Cara Alami & Mudah Mengobati Jerawat di Lidah

Sebagian besar penyebab jerawat di lidah atau radang lidah, seperti sariawan, antara lain adanya infeksi bakteri pada indera perasa. Kondisi ini menyebabkan bengkak dan cedera mulut. Sebenarnya jerawat di lidah tidak bahaya asalkan dapat diatasi dengan cepat. Anda juga bisa melakukan pengobatan dari rumah untuk mendapatkan penanganan secara cepat sebelum terlambat, seperti tips berikut ini.

1. Menjaga kebersihan mulut

Menyikat gigi dengan sikat yang lembut, flossing dan menggunakan obat kumur dapat membantu menghilangkan sakit lidah dan mencegah infeksi. Anda mungkin juga menemukan beberapa pasta gigi yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate. Kandungan tersebut sangat membantu meredakan nyeri jika Anda memiliki jerawat di lidah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki kandungan yang mampu menenangkan kulit, termasuk untuk lidah. Anda bisa berkumur dengan jus lidah buaya beberapa kali sehari atau menggunakan getah lidah buaya dan mengolesinya pada bagian jerawat di lidah.

3. Bubuk soda kue

Apabila lidah Anda mengalami rasa nyeri dan bengkak, cobalah berkumur dengan campuran air hangat dan soda kue (1 sendok teh per 1/2 cangkir air). Anda juga bisa membuat pasta dari soda kue dan air, lalu mengoleskannya ke area jerawat di lidah.

4. Susu magnesia

Mengoleskan sedikit susu magnesia, penetral asam, ke lidah yang sakit dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan.

5. Hidrogen peroksida

Sebagai antiseptik, hidrogen peroksida dapat mengobati infeksi atau sakit di dalam mulut Anda. Gunakan maksimal 3% hidrogen peroksida dan encerkan dengan air. Oleskan area jerawat di lidah menggunakan kapas. Setelah beberapa detik, bilas mulut Anda dengan air hangat.

6. Air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara lain untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mencegah infeksi. Campur satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat, kemudian kumur dalam beberapa lama. Jika sudah Anda dapat membilasnya menggunakan air tanpa garam.

7. Madu

Madu adalah antibakteri alami dan terbukti efektif dalam mengobati beberapa jenis luka. Anda bisa mengoleskan sedikit madu langsung di area jerawat di lidah beberapa kali sehari atau minum teh hangat dengan madu.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menyembuhkan radang lidah karena sifat antijamur, antibakteri, dan antivirusnya. Oleskan minyak kelapa langsung ke area yang sakit dengan bola kapas, gosok perlahan. Anda juga bisa mengumurkannya di sekitar mulut.

9. Chamomile

Chamomile dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi. Anda dapat mencobanya dengan cara membuat teh chamomile yang kental. Setelah dingin bilas atau kumur Anda dengan teh tersebut. Anda juga bisa mengoleskan kantong teh basah bekas chamomile langsung ke bagian yang sakit.

10. Antasida

Antasida digunakan untuk menetralkan asam lambung dan dapat membantu meredakan lidah terbakar atau sakit, terutama jika disebabkan oleh refluks asam.

11. Es, es batu, dan air dingin

Es memiliki kualitas mati rasa, jadi minum air dingin atau menghisap es batu dapat membantu meredakan beberapa nyeri lidah, termasuk nyeri yang disebabkan oleh mulut kering, atau mulut yang terbakar.

12. Menghindari makanan pedas dan mengiritasi

Makanan pedas dan asam (seperti nanas, lemon, dan tomat) dapat memperburuk kondisi jerawat di lidah. Sampai rasa nyeri hilang, hindari makanan tersebut. Sebaliknya, makanlah makanan lunak dan hambar, seperti kentang tumbuk, oatmeal, serta buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *