Benjolan di Payudara, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Anda mungkin memperhatikan ada sesuatu yang berbeda dengan payudara serta menemukan adanya benjolan di payudara yang aneh. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secepatnya. Namun, jangan panik. Kebanyakan benjolan di payudara bersifat jinak, dalam artian benjolan tersebut bukanlah kanker. Benjolan di payudara yang jinak biasanya memiliki ujung yang lembut dan dapat digerakkan apabila Anda menekannya. Benjolan jenis ini biasanya dapat ditemukan di kedua payudara. 

Ada banyak penyebab puting payudara gatal, mulai dari hal sederhana seperti saatnya ganti bra hingga alarm bahaya terjadinya kanker payudara

Ada beberapa penyebab umum benjolan di payudara, termasuk perubahan normal jaringan payudara, infeksi payudara, ataupun cedera. Jaringan payudara berubah pada masa kehidupan seorang wanita. Jaringan payudara tersebut sensitif terhadap level hormon yang berubah pada saat siklus menstruasi berlangsung. 

  • Fibroadenoma. Ini adalah benjolan di payudara jinak yang umum dijumpai. Jika Anda mendorong atau menekan benjolan ini, Anda akan merasa tekstur padat, seperti karet, dan bundar yang dapat bergerak dengan bebas. Benjolan di payudara ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Wanita berusia antara 20 hingga 30 tahun biasanya akan mendapatkan benjolan di payudara ini. Kondisi ini juga lebih sering terjadi pada orang-orang keturunan Afrika. Fibroadenoma dapat diangkat menggunakan tindakan bedah medis atau operasi. 
  • Perubahan fibrocystic. Perubahan hormon pada siklus menstruasi dapat menyebabkan perubahan pada payudara Anda. Kondisi ini dikenal dengan sebutan perubahan payudara fibrocystic. Anda bisa memiliki benjolan di payudara yang akan bertambah besar dan lembut sebelum masa menstruasi terjadi. Anda juga bisa mengeluarkan cairan dari puting. Benjolan di payudara tersebut merupakan saluran susu dan jaringan di sekitarnya yang telah tumbuh dan membesar untuk membentuk kista. Pembesaran tersebut merupakan respon dari hormon yang dilepaskan mendekati masa menstruasi Anda. Benjolan di payudara tersebut memiliki tekstur keras dan kenyal, dan terasa seperti satu benjolan kecil atau besar. Perubahan fibrocystic juga dapat menyebabkan jaringan payudara menebal. 

Perubahan tersebut akan terlihat saat seseorang mencapai usia 40an tahun. Kondisi ini merupakan penyebab utama benjolan di payudara jinak pada wanita usia 35 hingga 50 tahun. Wanita pasca menopause memiliki risiko lebih rendah dalam memiliki perubahan payudara jenis ini. Hal ini disebabkan karena wanita pasca menopause tidak memiliki perubahan hormon bulanan. Benjolan pada payudara ini tidak membutuhkan perawatan. Namun, dokter dapat merekomendasikan cara mengatasi kondisi ini. 

  • Kista simpel. Kista simpel merupakan kantung yang berisi cairan dan biasanya memengaruhi kedua payudara. Anda bisa membeli satu kista atau lebih, dengan ukuran yang sangat beragam. Tekstur dan ukuran akan berubah seiring dengan berlangsungnya siklus menstruasi Anda. Kista simpel dapat diobati menggunakan aspirasi jarum halus. Prosedur tersebut bukanlah operasi. Dokter akan menempatkan jarum pada daerah di sekitar benjolan di payudara. Jika benjolan adalah kista, dokter dapat mengisap cairan dan kista akan runtuh. Kista juga akan sembuh dengan sendirinya, sehingga dokter dapat menunggu serta melihat apakah kista tersebut akan hilang atau tidak. 
  • Intraductal papillomas. Ini adalah benjolan kecil mirip kutil pada saluran susu di dekat puting. Kondisi ini biasanya memengaruhi wanita usia 30 hingga 50 tahun. Benjolan di payudara ini dapat menyebabkan pendarahan dari puting. Dokter dapat mengatasi kondisi ini dengan operasi. 

Dalam banyak kasus, benjolan di payudara tidak perlu menimbulkan kekhawatiran. Namun, jika Anda merasakan adanya benjolan di payudara yang tidak normal, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Dokter akan memeriksa benjolan di payudara, membuat diagnosis, dan apabila dibutuhkan, membuat rencana perawatan sesuai dengan kondisi yang Anda derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *