Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Kutil adalah pertumbuhan yang tidak berbahaya pada kulit. Kutil bisa disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Kutil menular. tetapi bisa hilang dengan sendirinya. Namun, bisa memakan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Jika bertanya mengenai bagaimana cara menghilangkan kutil, maka ada berbagai pilihan seperti menggunakan perawatan konvensional termasuk pengelupasan menggunakan bahan kimia, operasi, pembekuan, dan operasi laser. Perawatan ini pada umumnya bisa mahal dan berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Pilihan pengobatan lain adalah dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan kutil. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil

Obat antivirus alami mungkin menekan HPV. Obat lain memiliki enzim yang dikatakan bekerja melawan virus.

Beberapa perawatan mengandung asam alami yang membantu menghilangkan kulit yang terinfeksi. Tujuan dari pengobatan apapun adalah untuk mengubah reaksi kekebalan Anda terhadap HPV. Namun, semua pengobatan tersebut akan membunuh virus, jadi kutil bisa kembali.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara menghilangkan kutil.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dianggap memiliki cara kerja seperti asam salisilat. Asam salisilat sering digunakan dalam pengobatan kutil dengan cara mengelupas kulit yang terinfeksi.

Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan HPV, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Untuk mencobanya, campurkan 2 bagian cuka sari apel dan 1 bagian air. Rendam bola kapas di dalam wadah berisi campuran ini. Letakkan kapas tersebut di atas kutil, dan tutupi dengan perban. Biarkan selama tiga sampai empat jam.

Selalu encerkan cuka sari apel dengan air. Keasaman dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar kimia. Selain itu, jangan mengoleskannya pada luka terbuka.

Kulit Pisang

Kandungan kalium dalam kulit pisang dikabarkan melawan HPV.

Namun, tidak ada penelitian yang menghubungkan potasium dengan pengobatan kutil atau infeksi kulit akibat virus. Selain itu, masih tidak ada bukti ilmiah bahwa kulit pisang melawan HPV.

Jika Anda tetap ingin mencobanya, sebaiknya gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil, kemudian ulangi setiap hari.

Kulit Jeruk

Bahan alami untuk menghilangkan kutil lainnya adalah kulit jeruk. Kulit jeruk adalah pilihan yang murah, tetapi masih tidak ada data ilmiah untuk mendukungnya. Bahan alami ini digunakan dengan cara menggosok kulit jeruk pada kutil sekali sehari. Seharusnya, kutil akan berubah warna, menggelap, lalu rontok. Oleh karena itu, cara ini mungkin memakan waktu dua minggu atau lebih.

Nanas

Nanas mengandung bromelain, yaitu campuran enzim yang digunakan untuk mencerna protein. Bromelain dipercaya bisa menghilangkan kutil dengan melarutkan protein dalam HPV. Meskipun ada beberapa data yang mendukung potensi efektivitas bromelain dalam mengobati beberapa kondisi medis, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk menghilangkan kutil.

Banyak orang telah melaporkan keberhasilan menghilangkan kutil menggunakan jus nanas dalam beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan merendam kutil dalam jus nanas setiap hari. Teknik lainnya yang bisa dicoba adalah dengan mengoleskan nanas segar setiap hari.

Kentang

Orang-orang mengklaim bahwa jus kentang dapat mengurangi kutil, tetapi tidak ada penelitian mengenai keefektifannya. Untuk mencoba metode ini, potong kentang kecil-kecil menjadi dua. Gosokkan sisi yang terpotong pada kutil sampai tertutup jus kentang. Ulangi dua kali sehari.

Bagaimana cara menghilangkan kutil penting untuk diketahui agar Anda bisa mengerti dan mengenai kutil serta pengobatan apa yang bisa dilakukan. Sebagian besar perawatan dengan bahan alami tidak didukung oleh penelitian. Namun, banyak orang mengklaim bahwa solusi ini berhasil untuk mereka. Oleh karena itu, sebaiknya selalu lakukan uji tempel terlebih dahulu, karena pengobatan menggunakan bahan alami pun bisa menyebabkan iritasi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *