Bagaimana Cara Memiliki Keju Cheddar Terbaik?

Keju cheddar merupakan keju yang sangat popular di dunia termasuk Indonesia. keju cheddar disini biasanya dijadikan sebagai bahan kue dan juga makanan. Keju cheddar memiliki rasa yang bervariasi salah satunya yakni rasa asin keasaman. Keju cheddar yang ada di pasaran biasanya berwarna putih, kuning pucat atau oren. 

Terdapat beberapa tips untuk memilih keju cheddar yang baik dan berkualitas. Pada saat membeli keju cheddar, ada beberapa hal yang mungkin saja Anda pertimbangkan yakni dari mana keju cheddar ini berasal, bagaimana kemasannya, dan bahan-bahan keju cheddar yang biasa tertera pada labelnya.

12 Rekomendasi Merek Keju Cheddar yang Gurih Bernutrisi

Jikalau pada saat Anda hendak membeli keju cheddar dan penjual tersebut memperbolehkan Anda untuk mencicipi keju tersebut mungkin akan sangat membantu juga. Adapun hal-hal tertentu yang pelu diperhatikan pada rasa cheddar yang mungkin saja menjadi indikator kualitas.

Adapun hal yang mungkin sebaiknya diperhatikan yakni tekstur pada berbagai jenis keju cheddar, karena keju cheddar yang berkualitas memiliki rasa yang berbeda dengan keju cheddar yang berkualitas buruk. Keju cheddar memiliki penampilan yang mayoritas sama. Namun, keju cheddar ini memiliki tingkat kematangan dan juga penampilan atau bentuk yang berbeda.  

Berikut tips untk memilih keju cheddar terbaik, diantaranya adalah :

Memilih keju cheddar berdasarkan asal Negara yang memproduksinya

Keju cheddar ini sangatlah popular sehingga keju ini diproduksi dan di jual di berbagai Negara. Jika Anda menginginkan keju cheddar yang memiliki rasa yang lebih autentikasi Anda perlu untuk membeli keju cheddar yang berasal atau terbuat di Inggris, karena Negara Inggris merupakan tempat pertama kali keju dibuat.

Keju cheddar yang produksi asli dari Inggris ini lebih sulit dicari di Indonesia karena kebanyakan di Indonesia berasal dari Jepang, Australia, dan juga Amerika Serikat.

Memeriksa tingkat kematangan keju cheddar dengan mengecek saat Anda akan mengonsumsinya

Memeriksa tingkat kematangan pada keju cheddar jarang sekali diketahui orang-orang ketika memiliki keju cheddar. Setiap produk keju memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Semakin matang kejunya maka bakteri asam laktat yang ada di dalam keju akan semakin matang juga dan mempengaruhi rasa asam pada keju cheddar ini. 

Jangka waktu pematangan pada keju ini dikategorikan menjadi beberapa macam yakni mild, medium, sharp, extra, dan seterusnya. Keju cheddar yang masuk kategori mild biasanya memiliki tingkat keasaman yang ringan dan juga rasa keju yang lembut. Berbeda dengan kategori keju yang medium dan sharp karena ciri khas pada tingkat keasaman keju dan juga memiliki rasa yang lebih kuat atau tajam. 

Dan berbeda lagi mengenai kategori keju yang extra, karena keju cheddar yang termasuk kategori extra umumnya keju tersebut telah di matangkan selama lebih dari satu tahun, sehingga rasa keju cheddar yang dalam kategori extra berbeda dengan kategori yang lain.

Memilih keju cheddar berdasarkan warnanya

Jika dilihat di pasaran, keju cheddar memiliki dua jenis warna yakni oren atau kuning pucat dan putih. Keju cheddar yang berwarna putih adalah warna asli dari keju cheddar itu sendiri tanpa adanya pewarna. 

Ada juga keju cheddar yang berwarna merah, namun bukan berarti keju cheddar tersebut berwarna merah seutuhnya dan warna merah yang ada yakni berasal dari campuran pewarna oren atau annatto yang diambil dari tanaman. Tapi tidak usah khawatir, karena red cheddar ataupun keju cheddar putih memiliki rasa yang sama. 

Dan yang perlu Anda ketahui yakni memastikan kandungan yang ada pada label atau kemasan untuk mengetahui apakah keju cheddar yang ingin Anda beli baik untuk Anda.

Lain dari tips yang telah disebutkan, adapun manfaat yang ada pada keju cheddar ini. untuk mengetahui manfaat tersebut simak lebih lanjut mengenai pembahasannya.

Manfaat keju cheddar pada kesehatan tubuh

Kandungan yang terkandung dalam keju ini menawarkan berbagai manfaat pada kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  • Menurunkan kolesterol
  • Kekuatan tulang
  • Gigi yang sehat

Jadi itulah tips untuk memilih keju cheddar yang baik dan berkualitas, serta manfaat dari keju cheddar yang dapat berfungsi untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *