5 Isian Resep Nasi Bakar yang Bikin Ketagihan

Lagi bingung mau makan apa siang atau malam ini? Bagaimana jika Anda memasukkan menu nasi bakar sebagai pilihan. Resep nasi bakar dijamin membuat Anda ketagihan dengan rasanya yang identik gurih. Tidak harus bertaruh membeli nasi bakar yang ujung-ujungnya rasa tidak sesuai selera. Anda bisa mencoba mempraktikkan sendiri berbagai resep nasi bakar yang sebenarnya tidak terlalu sulit dibuat. 

Resep nasi bakar ayam dapat disantap sendiri atau menjadi ide jualan.

Pada dasarnya untuk membuat resep nasi bakar, Anda hanya perlu memasak nasi dengan santan. Kemudian, isi nasi yang sudah matang dengan isian tertentu yang Anda suka untuk kemudian dikukus sebentar, sebelum akhirnya dipanggang di teflon. 

Tentu saja ragam isian menjadi kunci dari resep nasi bakar yang Anda buat. Supaya bisa membuat nasi bakar yang lezat dan bikin ketagihan, cobalah membuat isiannya dengan bahan-bahan di bawah ini. 

  1. Ayam Suwir 

Tidak ada yang bisa menolak resep nasi bakar dengan isian ayam suwir. Pasalnya, ayam menjadi protein hewani yang cenderung diterima oleh semua orang. Untuk membuat nasi bakar yang enak, Anda bisa memasukkan isian ayam suwir dengan bumbu asin. Jika Anda pecinta pedas, cobalah isi dengan ayam suwir bumbu pedas. Pilihan lainnya, ayam suwir dengan bumbu kuning pun siap menggoda selera makan Anda. 

  1. Teri 

Rasa resep nasi bakar yang gurih dari campuran santan akan cocok banget jika ditambahkan dengan isian teri di dalamnya. Anda dapat memasukkan teri yang sudah digoreng bersama bumbu cabai hingga kemangi. Masukkan ke dalam nasi santan yang sudah dibentuk, sebelum akhirnya dikukus dan dipanggang untuk bisa Anda dan keluarga nikmati bersama. Namun hati-hati, tidak semua jenis teri cocok untuk campuran resep nasi bakar. Anda disarankan menggunakan teri nasi yang berukuran kecil dan halus untuk mendapatkan cita rasa resep nasi ayam bakar yang lembut dan gurih. 

  1. Tongkol Suwir 

Ikan segar pun dapat menjadi isian resep nasi bakar yang sulit Anda tolak. Anda hanya perlu menggoreng atau mengukur tongkol sampai matang terlebih dahulu, kemudian mencacahnya menjadi irisan tipis. Setelah itu, masak kembali dengan campuran bumbu agar makin lezat, seperti cabai, bawang merah dan bawang putih, sereh, dan kemangi. Setelah matang, langsung saja masukkan tongkol suwir tersebut sebagai isian resep nasi bakar yang lagi Anda buat. 

  1. Cumi Asin 

Rasa cumi asin yang gurih akan sangat pas untuk disajikan bersama resep nasi bakar yang rasanya tidak terlalu asin. Namun, berhati-hatilah dalam soal jumlah isian dalam membuat resep nasi bakar yang satu ini. Jika cumi asinnya terlalu banyak, nasi bakar Anda bisa keasinan. Untuk menghilangkan rasa cumi asin yang berlebihan, sebaiknya Anda merendam cumi asin terlebih dahulu dengan air panas sebelum mengolahnya dengan bumbu-bumbu lain. 

  1. Oncom 

Apakah rasa nasi bakar harus selalu berpadu dengan protein hewani? Tentu saja tidak. Anda juga bisa membuat isian nasi bakar dari protein nabati. Salah satunya adalah oncom. Untuk menjadikan oncom sebagai isian resep nasi bakar Anda, olahlah dulu oncom dengan bumbu tumisan, cabai, dan kangkung. Model sambal oncom inilah yang nantinya akan membuat rasa resep nasi bakar Anda semakin kaya. Jangan kaget jika Anda ketagihan untuk terus mengambil nasi bakar isi oncom tersebut. 

Sebenarnya, masih banyak pilihan isian lain untuk membuat resep nasi bakar. Namun, 5 isian di atas merupakan yang paling populer dan banyak disukai orang. Kalau Anda sendiri, paling suka resep nasi bakar dengan isian apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *