5 Contoh Obat Antibiotik Untuk Jerawat Meradang

Tentu rasanya sangat tidak mengenakkan saat anda menderita jerawat. Anda jadi tidak percaya diri karena kondisi kulit jadi tidak sebagus biasanya. Untuk itulah anda perlu beberapa pengobatan untuk membuat kulit jadi kembali ke kondisi seperti semua. Beberapa cara biasa anda terapkan, termasuk diantaranya facial atau mengoleskan salep dan obat antibiotik yang ada di apotik.

Obat antibiotik digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat, sehingga penyembuhannya bisa terjadi dengan cepat. Di bawah ini adalah contoh obat antibiotik yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jerawat meradang. Apa saja?

1. Doxycycline Yarindo Kapsul 100 Mg

Jerawat yang meradang bisa anda atasi dengan penggunaan antibiotik yang tepat. Salah satu contohnya adalah obat antibiotik Doxycycline Kapsul. Ini merupakan obat keras yang hanya bisa anda dapatkan di apotik, tentunya dengan resep dokter. Anda pun bisa mengonsumsinya langsung tanpa harus makan terlebih dahulu. Namun, bagi anda pengidap autoimmun, hindari konsumsi antibiotik ini karena bisa mengakibatkan efek samping seperti demam dan masalah pencernaan. 

2. Erythromycin Yarindo tablet 500 mg

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang disebabkan oleh adanya serangan bakteri. Oleh karena itu, anda bisa gunakan beberapa obat antibiotik untuk mengalahkan bakterinya. Anda bisa coba Erythromycin Yarindo Tablet 500 mg. Kegunaan obat ini adalah untuk pemulihan bekas jerawat setelah meletus. Namun, untuk pengobatan pertama, obat ini kurang efektif. Anda bisa mengakali penggunaanya berdampingan dengan retinoid untuk mempercepat proses pengempesan jerawat.

3. Super Tetra Kapsul 250 mg

Tak banyak yang menyangka kalau Super tetra bisa juga dipakai untuk mengobati jerawat. Selama ini, penggunaan Super Tetra hanya diketahui sebagai obat luka pada kulit yang melepuh atau robek. Padahal, obat ini sangat bisa dipakai untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Meski dijual di beberapa warung, nyatanya obat ini berlabel ‘K’, yang artinya adalah obat keras. Itulah kenapa, anda perlu konsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini. 

4. Azithromycin Kaplet 500 Mg

Contoh obat antibiotik lain untuk menangkal jerawat meradang adalah Azithromycin. Terdapat kandungan antibakteri dalamnya sehingga infeksi jerawat yang lebih serius bisa segera ditekan. Segera konsumsi Azithromycin ketika jerawat dirasa lumayan meradang. Jangan tunggu menyebar hingga jerawat meletus dahulu. Anda sangat bisa mengonsumsi obat Azithromycin Kaplet tanpa makan terlebih dahulu. Namun, pastikan anda mengikuti dosis sesuai dengan anjuran dokter. Pemberian Azithromycin yang tidak sesuai dosis mungkin menyebabkan Diare, Lemas, Ruam hingga Sakit Kepala. 

5. Krim Hyrdocortisone 2,5%

Hampir semua masalah kulit bisa anda atasi dengan Hyrdocortisone. Anda bisa menggunakan obat antibiotik ini untuk mengatasi masalah kulit luar semacam gatal dan kemerahan pada alat kelamin wanita, pembengkakan, serta gejala peradangan seperti jerawat. Obat ini bekerja dengan cara mengikat protein, meningkatkan metabolisme, serta membuang bakteri melalui urine. 

Berapa Lama Harus Menggunakan Antibiotik Untuk Melawan Jerawat?

Mengatasi masalah jerawat umumnya membutuhkan waktu. Umumnya, untuk jerawat kecil-kecil cukup waktu semingu untuk perawatannya. Namun, jerawat meradang membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan. Dokter kecantikan pun normalnya memberikan antibiotik dosis tinggi untuk mempercepat proses pembersihan jerawat pasien. Nah, seiring berjalannya waktu, dosis antibiotik akan diturunkan. 

Semakin patuh anda pada dosis yang disarankan dokter, semakin cepat pula obat antibiotik membantu mengatasi jerawat anda. Hindari juga makanan pantangan yang dilarang dikonsumsi penderita jerawat. Pastikan untuk mencoba beberapa contoh obat antibiotik yang tertera di atas untuk menghempaskan masalah jerawat anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *