Waspadai Beragam Efek Samping Penggunaan Inpepsa Suspensi

Inpepsa suspensi merupakan obat dengan kandungan sucralfate yang bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung dan tukak usus 12 jari. Secara umum, inpepsa suspensi akan bekerja mengatasi gangguan sistem pencernaan dengan cara melindungi luka yang terdapat di lambung. Kemasan inpepsa suspensi adalah botol berukuran 100 mL dan 200 mL. Pada setiap 5 mL inpepsa suspensi terdapat sebanyak 500 mg sucralfate. Obat ini biasanya akan diminum rutin selama 8 minggu berturut-turut atau sesuai anjuran dokter sebagai bagian dari penyembuhan. 

Efek samping inpepsa suspensi

Semua jenis obat akan memberi manfaat bagi tubuh namun juga di waktu bersamaan berisiko menimbulkan efek samping, tak terkecuali inpepsa suspensi. Terdapat beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan inpepsa suspensi yaitu:

  • Penderita disfungsi ginjal berpotensi mengalami efek samping lebih serius seperti keracunan alumunium atau hypophosphatemia. 
  • Efek samping inpepsa suspensi yang umum terjadi berhubungan dengan saluran cerna seperti sembelit, mual, gangguan pencernaan, dan gangguan lambung.
  • Efek samping inpepsa suspensi yang lebih jarang muncul yaitu mulut kering, ruam, nyeri punggung, pembentukan benzoar, pusing, sakit kepala, mengantuk, vertigo.

Interaksi obat yang mungkin muncul 

Perhatikan penggunaan inpepsa suspensi dengan obat lain sebab berisiko terjadinya interaksi sehingga dapat menurunkan kinerja obat atau meningkatkan efek sampingnya. Berikut ini beberapa interaksi obat yang mungkin terjadi. 

  • Inpepsa suspensi yang digunakan bersamaan dengan antasida dapat menyebabkan menurunnya efektivitas obat. Penggunaan dengan antasida setidaknya perlu diberikan jarak minimal 30 menit. 
  • Penggunaan inpepsa suspensi bersamaan dengan dixogin,ranitidine, tetracycline, ketoconazole, cimetidine, dan phenytoin dapat menyebabkan penyerapan berbagai obat tersebut menjadi terganggu. Penggunaan berbagai obat tersebut bisa dilakukan dengan memberi jarak minimal 2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi inpepsa suspensi. 

Peringatan khusus penggunaan inpepsa suspensi

Dalam menggunakan inpepsa suspensi, Anda perlu memperhatikan beberapa peringatan khusus berikut ini. 

  • Penggunaan inpepsa suspensi pada ibu menyusui sebaiknya dalam pengawasan dokter sebab ada kemungkinan obat ini dapat tersalurkan melalui ASI. 
  • Inpepsa suspensi tidak boleh diberikan pada pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap sucralfate atau bahan lain yang terkandung di dalam obat ini. 
  • Inpepsa suspensi dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga setelah mengonsumsinya hindari berkendara atau menjalankan mesin. 
  • Inpepsa suspensi tidak boleh digunakan pada pasien gagal ginjal kronis. 
  • Penggunaan inpepsa suspensi pada wanita hamil perlu rekomendasi dan pengawasan dokter sebab adanya kemungkinan terjadinya risiko tertentu. 
  • Inpepsa suspensi dapat dilarutkan dalam 10-15 mL air. 
  • Seseorang dengan kondisi medis serius terutama yang mendapat nutrisi eternal perlu menggunakan inpepsa suspensi secara berhati-hati. Hal ini dikarenakan adanya laporan bahwa inpepsa suspensi pada kondisi tertentu dapat menyebabkan pembentukan benzoar.
  • Inpepsi suspensi memang membantu mengatasi masalah terkait naiknya asam lambung namun obat ini tidak bekerja meredakan nyeri yang muncul. 
  • Hentikan segera penggunaan inpepsa suspensi jika muncul reaksi alergi seperti demam, sakit tenggorokan, ruam, gatal, pucat, arthralgia, dan tanda alergi lainnya. 

 Sebelum menggunakan suatu jenis obat, pastikan bahwa tubuh akan menerima lebih banyak manfaat daripada efek samping. Inpepsa suspensi sebaiknya digunakan untuk pengobatan jangka pendek hingga 8 minggu pada ulkus usus kecil dan usus 12 jari. Penggunaan berlebihan dan dalam jangka waktu terlalu lama dapat memicu berbagai risiko pada tubuh termasuk kemungkinan mengalami overdosis. Apabila Anda masih ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai inpepsa suspensi, tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *