Tulang Baji, Salah Satu Bagian Penting Pada Tengkorak

Tulang baji

Tulang baji merupakan salah satu dari delapan bagian tulang tengkorak. Dalam istilah medis, tulang ini dikenal juga dengan sebutan tulang sphenoid. 

Setiap bagian pada tulang tengkorak memiliki peran penting dalam anatomi otak manusia. Karena itu, tulang baji pun tak kalah pentingnya dari bagian tulang yang lain. 

Memahami anatomi tulang baji

Dari segi struktur, bagian tulang ini memiliki struktur yang menyerupai kupu-kupu. Ada empat komponen utama dalam tulang ini, yaitu bagian tubuh, bagian sayap besar, bagian sayap kecil, serta proses pterigoid.

  • Proses pterigoid

Proses pterigoid adalah bagian dari tulang baji yang terdiri atas dua tonjolan. Kedua tonjolan ini muncul dari bagian belakang tubuh tulang sampai ke bagian bawah.

Di dalamnya juga termasuk dua macam kanal. Kanal tersebut disebut kanal pterigoid dan juga kanal palatovaginal. Kedua kanal ini menjadi tempat lewatnya saraf pada otak. 

  • Sayap besar

Bagian sayap besar muncul dari bagian belakang sayap kecil. Bentuknya menyerupai segitiga yang menjalar ke bagian tubuh tulang. 

Kedua sisi sayap besar berbentuk cembung, serta bergerak ke belakang dan ke samping. Ini kemudian membentuk celah di dasar tengkorak yang memungkinkan pembuluh darah untuk lewat.

Bagian depan sayap besar membentuk dinding samping orbit. Setiap sayap memiliki tiga lubang, yaitu foramen rotundum, foramen ovale, dan juga foramen spinosum. 

Masing-masing lubang pada sayap menjadi tempat saraf dan pembuluh darah untuk lewat. Saraf yang melewati lubang pada sayap besar ini adalah saraf rahang atas, saraf mandibula, dan pembuluh darah meningeal tengah. 

  • Sayap kecil

Sayap kecil, dari segi struktur, memiliki posisi yang terangkat dari bagian depan tubuh tulang dan bergerak ke arah samping tubuh. Sayap kecil ini, yang terdiri atas dua pasang, membentuk segitiga.

Batas bawah sayap kecil membentuk bagian orbit yang berfungsi sebagai tempat menampung mata. Sedangkan, permukaan atasnya membentuk sebagian rongga tengkorak yang menjadi tempat menampung berbagai bagian pada otak.

  • Tubuh

Bagian tubuh tulang terletak di area paling tengah dari struktur tulang baji. Posisinya membentang di sepanjang garis tengah, bertumpu di antara sayap. Posisi tubuh tulang ini membentuk beberapa struktur penting pada otak Anda. 

Pada bagian tubuh tulang yang menghadap ke depan, menjadi pembantu dalam membentuk rongga hidung. Sementara, bagian sisinya berkontribusi dalam pembentukan saluran optik. 

Bagian sisi yang membentuk saluran optik ini menyerupai terowongan yang memungkinkan lewatnya saraf optik dan arteri opthalmic.

Kemudian, bagian permukaan tubuh tulang membentuk bagian yang disebut sella turcica. Sella turcica ini terdiri atas hypophyseal fossa, dorsum sellae, serta tuberculum sellae.

Sella turcica dikelilingi oleh dua proses klinoid anterior dan dua tonjolan tulang, masing-masing satu di setiap sisinya. Sedangkan, di bagian belakangnya terdapat dua eminensia lain yang disebut klinoid posterior. 

Klinoid posterior memperdalam sella turcica, membuatnya melekat dengan tentorium cerebelli, yaitu bagian dari duramater otak. 

Dari segi lokasi, tulang baji terletak di bagian tengah tulang tengkorak di sepanjang garis tengah. Tulang ini menjadi pemisah antara tulang frontal, yaitu tulang dahi, dari tulang oksipital, yaitu tulang trapesium yang menyusun bagian belakang bawah tengkorak.

Selain itu, tulang baji juga berhubungan dengan sejumlah tulang lain di sepanjang sisinya. Hal ini membentuk ruang sebagai tempat menampung otak dan saraf untuk lewat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *