Tips untuk Menangani Penyakit Gusi Bengkak yang Ampuh

Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika makan. Pembengkakan gusi juga dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari penyakit gusi hingga penggunaan obat-obatan tertentu. 

Selain menimbulkan rasa nyeri, gusi bengkak juga dapat menimbulkan dampak serius jika tidak segera ditangani. Bahkan, radang gusi yang tidak kunjung sembuh adalah salah satu penyebab gigi tanggal yang paling sering ditemui pada orang dewasa.

Umumnya, gejala yang muncul ketika gusi bengkak adalah:

-Gusi berwarna kemerahan, membesar dan terasa lunak ketika disentuh

-Gusi mudah berdarah ketika menyikat gigi

-Rasa nyeri atau ngilu ketika mengunyah

Ada banyak cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak, mulai dari tips yang bisa dilakukan sendiri di rumah hingga pengobatan yang bisa didapatkan di dokter gigi. Sebelum Anda mencoba tips-tips untuk menangani penyakit gusi bengkak, Anda perlu juga memastikan bahwa kebersihan gigi dan gusi Anda terjaga.

Tips Menjaga Kebersihan Gigi dan Gusi

Menyikat gigi secara rutin

Penyebab terbesar munculnya penyakit gusi bengkak (gingivitis) adalah karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Agar tidak terjadi penumpukan bakteri di mulut, penting untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang berbahan lunak dan ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali agar sikat gigi dapat membersihkan secara efektif.  

Berkumur secara teratur

Menggunakan obat kumur anti bakteri dapat mencegah munculnya plak dan pembentukan karang gigi pada mulut, sehingga mengurangi kemungkinan gusi bengkak. 

Jaga asupan makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang seimbang tidak hanya sehat bagi tubuh, namun juga untuk menjaga kebersihan mulut. Makanan yang tinggi zat tepung dan gula dapat memicu pertumbuhan bakteri di sela sela gigi, sehingga perlu dibatasi agar tidak terjadi infeksi. 

Lakukan kunjungan berkala ke dokter gigi

Dengan rutin berkonsultasi ke dokter gigi, Anda dapat mengetahui lebih awal jika terjadi masalah kesehatan gigi dan gusi. Dokter gigi juga dapat memberikan tips dan saran untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi Anda.

Dengan kebersihan mulut yang terjaga, Anda dapat menyembuhkan gusi yang bengkak secara lebih efektif. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba untuk menangani gusi bengkak.

Tips Menyembuhkan Gusi Bengkak Secara Ampuh

Berkumur dengan Air Serai (Sereh)

Air serai memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan penyakit gusi bengkak. Untuk mengatasi gusi bengkak, teteskan dua hingga tiga tetes minyak serai ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan dua hingga tiga kali sehari sampai bengkak berkurang.

Berkumur dengan Air Garam

Larutan air garam juga dapat berfungsi sebagai disinfektan yang bisa menyembuhkan gusi bengkak. Larutkan ½ hingga ¾ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur dua hingga tiga kali sehari.

Berkumur dengan Daun Jambu Biji

Sama seperti serai, daun jambu biji juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa mengendalikan menumpuknya plak pada mulut. Tumbuk lima hingga enam daun jambu biji, rendam selama 15 menit dalam air mendidih, tambahkan sedikit garam dan gunakan untuk berkumur. 

Berkumur dengan Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik yang mengandung chlorhexidine bisa Anda dapatkan di apotik dan berguna untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. 

Membersihkan Karang Gigi (Scaling)

Jika Anda berkonsultasi ke dokter gigi, dokter gigi Anda mungkin akan merekomendasikan scaling untuk menyembuhkan gusi bengkak dan mencegah terjadinya gusi bengkak di kemudian hari. Dengan scaling, gigi dan gusi Anda dibersihkan dari plak dan karang gigi. 

Mulai dari pengobatan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah hingga perawatan dokter, ada berbagai tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi gusi bengkak. Namun, yang paling utama tetaplah menjaga kebersihan mulut sebelum timbul penyakit.

Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan tenaga medis profesional yang tersedia di aplikasi SehatQ yang bisa Anda download dari Google Play Store / App Store. Download aplikasi SehatQ untuk dapatkan informasi mengenai penyakit, pola hidup sehat, dan obat-obatan dengan praktis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *