Tips supaya Menggigil Cepat Reda

Apakah Anda pernah menggigil? Biasanya, kondisi menggigil terjadi ketika Anda mengalami flu ataupun penyakit tertentu. Kondisi udara yang terlalu dingin juga bisa memicu terjadinya gejala menggigil yang Anda alami. 

Ya, menggigil bukanlah suatu penyakit. Menggigil lebih mengarah pada kondisi perasaan dingin yang tiba-tiba muncul hingga memubat berkontraksi dan meregang dengan cepat. Peregangan ini sebenarnya terjadi untuk meningkatkan suhu tubuh Anda. 

Gejala menggigil sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya jika suhu tubuh Anda mulai kembali normal. Namun, jangan pula mengabaikannya sebab gejala ini bisa memicu komplikasi berupa halusinasi sampai kejang. Jadi, bagaimanan cara meredakan menggigil dengan tepat agar tidak muncul komplikasi? Beberapa tips meredakan gejala menggigil ini bisa Anda coba praktikkan di rumah. 

Cukupi Kebutuhan Cairan 

Ketika Anda mulai merasa menggigil, artinya Anda harus lebih banyak mengonsumsi air. Jangan takut bahwa dengan mengonsumsi cairan bisa membuat suhu tubuh menurun dan membuat perasaan menggigil bertambah parah. Kenyataannya, suhu tubuh yang turun justru akan membuat gejala menggigil cepat mereda. Minum banyak air juga bisa mencegah Anda dari kondisi dehidrasi yang dapat memperparah gejala menggigil yang Anda alami. 

Hindari Selimut dan Pakaian Tebal 

Anda mungkin merasa kedinginan ketika menggigil. Namun, hal ini bukan alasan untuk ANda memakai selimut dan pakaian tebal. Pemakaian selimut dan pakaian tebal hanya akan meningkatkan suhu tubuh Anda sehingga gejala menggigil menjadi makin sukar menghilang. Suhu tubuh yang terus meningkat yang disertai gejala menggigil bahkan dapat menyebabkan Anda mengalami kejang. Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, bukan? 

Pakai Kaus Kaki! 

Jika memang Anda merasa kedinginan ketika gejala menggigil datang, cobalah memakai kaus kaki. Kakus kaki tipis bisa membuat Anda cepat merasa hangat, tanpa meningkatkan suhu tubuh secara signifikan. Pasalnya, perasaan dingin pada tubuh kebanyakan berasal dari telapak kaki. Menutupi telapak kaki dengan kaus kaki akan sangat efektif meredam rasa dingin tersebut sekaligus meredakan gejala menggigil yang Anda alami. 

Tidak untuk Kompres Es  

Anda mungkin berpikir bahwa mengompres badan bisa membantu menurunkan suhu badan yang menjadi pemicu gejala menggigil. Ini bisa benar atau tidak. Jika Anda mengompres menggunakan es, ini justru berbahaya dan bisa memicu komplikasi dari gejala menggigil yang Anda rasakan. Anda akan merasakan gejala menggigil yang lebih hebat, yang sangat mungkin disertai kejang ataupun halusinasi. Jadi jika ada yang menawarkan kompres es untuk menurunkan suhu tubuh Anda, lebih baik Anda segera menolaknya. 

Mandi Air Hangat 

Apakah orang yang sedang mengalami demam dan menggigil boleh mandi? Boleh saja asalkan Anda memakai air hangat. Mandi atau berendam air hangat ketika sedang demam dan menggigil justru bisa meredakan gejala yang mengganggu tersebut. Suhu tubuh bisa meningkat secar perlahan dan rasa stres yang juga bisa memicu gejala menggigil dapat ditebas. Hal ini yang tidak bisa Anda peroleh apabila memutuskan mandi dengan air dingin yang bisa memperparah kondisi menggigil yang Anda keluhkan. 

Perbanyak Istirahat 

Istirahat menjadi kunci utama untuk memulihkan kondisi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan mengambil istirahat, demam dan gejala menggigil juga bisa lebih cepat mereda. Pastikan Anda tidur lebih dari 8 jam dalam semalam apabla memang sedang mengalami gejala menggigil. 

Pertimbangkan Konsumsi Obat 

Jika rasa menggigil yang Anda alami cukup parah dan demam tidak kunjung berkurang, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi obat. Obat penurunan demam seperti ibuprofen maupun parasentomol bisa menjadi penolong pertama jika gejala menggigil tidak kunjung mereda akibat demam yang sulit turun. 

*** 

Sejumlah langkah di atas memang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala menggigil. Namun apabila gejala menggigil sudah diserta komplikasi seperti kejang, segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *