Tips Memilih Jenis Kondom yang Bagus

Salah satu cara untuk mengontrol kehamilan adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seksual. Agar pemakaian kondom bisa lebih maksimal, Anda perlu mengetahui cara-cara untuk memilih kondom yang bagus

Selain dari merknya, Anda juga perlu memperhatikan ukuran serta bahan kondom yang digunakan. Hal ini akan mempengaruhi kualitas serta kenyamanan saat pemakaian. 

Merek kondom yang bagus perlu dipilih saat hendak mencegah kehamilan

Macam-macam jenis kondom yang bagus

Perlu diketahui, ada lebih dari satu jenis kondom yang dijual di pasaran. Setiap jenis kondom memiliki material yang berbeda-beda dan akan memberikan kenyamanan yang berbeda juga. Berikut ini beberapa jenis kondom yang paling umum: 

  • Kondom latex atau plastik

Dari semua jenis kondom, kondom yang terbuat dari latex atau plastik adalah jenis kondom yang paling sering digunakan. Sebagian besar kondom memang terbuat dari latex, namun ada juga yang dibuat dari plastik untuk penderita alergi latex.

Penggunaan kondom jenis ini bukan hanya efektif dalam mengontrol kehamilan, tetapi juga melindungi Anda dari risiko penyakit menular seksual. 

  • Kondom berpelumas

Lubricated condom atau kondom berpelumas adalah kondom yang telah dilumasi dengan lapisan tipis cairan. Cairan ini berfungsi untuk mencegah rasa sakit ketika menggunakan kondom dan menghindari rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Bagi sebagian orang, kondom berpelumas adalah salah satu jenis kondom yang bagus karena terasa lebih nyaman. Pelumas yang digunakan pada jenis kondom ini dapat berupa pelumas berbasis minyak maupun air. 

  • Kondom bertekstur

Ada juga jenis kondom bertekstur, yaitu kondom yang memiliki tekstur pada bagian luarnya. Tekstur ini bisa bermacam-macam, bisa berupa titik-titik, gelombang, atau jenis tekstur lainnya. 

Tidak seperti kondom biasa, kondom bertekstur bukan hanya bertujuan untuk mencegah kehamilan, tetapi juga meningkatkan kepuasan pasangan ketika berhubungan seksual. 

Tapi, terkadang kondom bertekstur ini bisa saja malah memicu rasa sakit dan ketidaknyamanan pada pasangan apabila pasangan. Jika ini terjadi, sebaiknya segera hentikan pemakaian kondom jenis ini.

Dari ketiga jenis kondom di atas, Anda bisa memilih kondom yang bagus menurut Anda. Ingatlah untuk mempertimbangkan kenyamanan pasangan ketika memilih kondom. 

Cara bijak memakai kondom

Ketika memakai kondom, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kekeliruan: 

  • Jangan gunakan dua kondom sekaligus

Beberapa orang mengira bahwa pemakaian dua kondom sekaligus bisa memberikan perlindungan lebih. Hal ini sebenarnya, keliru, karena pemakaian dua kondom justru akan memicu gesekan yang membuat kondom mudah robek atau rusak. 

  • Simpan di tempat sejuk

Sebelum digunakan, pastikan Anda menyimpan kondom Anda atau pasangan pada tempat yang sejuk. Suhu panas bisa merusak dan menurunkan kualitas kondom, meski Anda sudah memilih  merk kondom yang bagus sekalipun.

  • Gunakan maksimal 30 menit

Apabila Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual dalam durasi yang cukup lama, ingatlah untuk mengganti kondom setiap 30 menit sekali. Karena, setelah pemakaian selama 30 menit, daya tahan kondom sudah tidak sekuat saat baru pertama kali dipakai. 

  • Perhatikan masa kadaluarsa

Kondom juga memiliki masa kadaluarsa. Saat sudah melewati tanggal kadaluarsa, kualitas kondom akan menurun. Sebelum memakai kondom, perhatikan dulu apabila kondom tersebut sudah melewati tanggal kedaluwarsa atau belum. 

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian kondom yang bagus. Lakukan hal-hal di atas dan pilihlah jenis kondom yang sesuai kebutuhan agar Anda dan pasangan bisa mengontrol kehamilan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *