Tips Cegah Azoospermia dengan Meningkatkan Sperma

Azoospermia merupakan masalah kesuburan pada pria yang disebabkan karena tidak adanya sperma dalam air mani yang dikeluarkan. Kondisi ini kerap pula disebut sebagai sperma kosong. Penyebab dari azoospermia sendiri sangat beragam, mulai dari masalah hormonal sampai imbas dari penggunaan obat terkait penyakit tertentu. 

Tentu tidak ada yang ingin mengalami masalah kesuburan yang satu ini, termasuk dengan Anda. Salah satu cara menghindarinya adalah melakukan berbagai kegiatan untuk bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma secara konsisten. 

Azoospermia adalah kondisi air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi tidak mengandung sperma

Peningkatan kuantitas dan kualitas sperma dapat dilakukan dengan banyak rupa. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan jumlah sperma dalam air mani. 

  1. Berhenti Merokok 

Merokok nyatanya secara konsisten mampu mengurangi jumlah sperma dalam air mani Anda hingga bisa membuatnya ke angka nol. Tidak hanya berpengaruh pada kuantitas, tembakau pada rokok juga sangat berdampak pada kualitas sperma. Jangan biarkan merokok menjerumuskan Anda ke kondisi azoospermia. Sebaiknya, Anda mulai berhenti merokok sekarang juga guna bisa membuat jumlah sperma meningkat. 

  1. Cukup Tidur

Masalah tidur dapat berpengaruh besar ke kondisi kesehatan. Kurang tidur sendiri rentan menimbulkan berbagai penyakit yang menjadi dasar dari azoospermia, seperti diabetes maupun penyakit jantung. Memastikan tidur malam dengan cukup setidaknya 6 jam setiap harinya menjadi cara yang mujarab untuk menjaga bahkan meningkatkan jumlah sperma yang diproduksi. 

  1. Olahraga Teratur 

Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi masalah kesehatan yang juga menjadi penyebab azoospermia. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan olahraga teratur guna mengurangi berat badan sehingga berpengaruh positif pada kuantitas dan kualitas sperma. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2017 ditemukan fakta bahwa melakukan latihan aerobik setidaknya tiga sesi per minggu dengan durasi 50 menit tiap sesinya dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. 

  1. Rajin Berjemur 

Jangan malas untuk rajin berjemur sinar matahari pada waktu pagi untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Pasalnya, sinar matahari mengandung vitamin D yang berpengaruh terhadap kesehatan sperma. Dalam sebuah tinjauan pustaka tahun 2019, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara peningkatan kesuburan pada pria dan tingkat vitamin D yang lebih tinggi dalam darah.

  1. Konsumsi Suplemen Fenugreek 

Fenugreek telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati masalah kesehatan sperma yang buruk. Suplemen ini juga diyakini mampu meningkatkan jumlah sperma dalam air mani sehingga dapat mencegah Anda terkena azoospermia. 

  1. Kurangi Paparan Panas dan Bahan Kimia 

Kondisi testis yang terkena panas berlebihan secara terus-menerus dapat membuat produksi sperma menjadi terhenti sehingga air mani menjadi kosong dengan sperma. Hal yang sama terjadi apabila testis terpapar bahan kimia dari polusi secara terus-menerus. Karena itulah, sebisa mungkin kurangi paparan panas dan bahan kimia. Salah satu caranya, Anda bisa menghindari menaiki motor dengan mesin di depan. 

  1. Tingkatkan Asupan Lemak 

Lemak ternyata sangat berpengaruh pada kuantitas dan kualitas sperma! Untuk mendapatkan kesuburan yang maksimal, sebaiknya Anda sering menyantap makanan-makanan mengandung lemak baik yang mengandung omega 2 dan omega 6. Sebuah tinjauan tahun 2019 menemukan fakta bahwa pemberian lemak omega 3 pada pria yang mengalami infertilitas, tidak terkecuali karena azoospermia, dapat mengalami peningkatan produksi sperma yang cukup signifikan. Sebaiknya, kurangi asupan lemak tak sehat berupa lemak jenuh karena itu justru dapat menurunkan produksi sperma Anda. 

Lakukanlah berbagai cara meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma secara teratur dan konsisten. Dengan demikian, kemungkinan Anda mengalami azoospermia dapat ditekan seminimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *