Tingkatkan Pencernaan Dengan Obat Pencernaan Alami Ini

Masalah pencernaan merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi. Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari diet hingga stres. Gejala kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam, namun obat pencernaan alami atau home remedies dapat membantu meringankan gejala masalah pencernaan seperti rasa tidak nyaman pada perut, maag, mual, gas, perut kembung, konstipasi, dan diare.

Diet dan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan seseorang sering menderita masalah pencernaan. Dan perubahan gaya hidup tersebut dapat membantu mengatasi gejala yang ditimbulkan. Gangguan medis tertentu, konsumsi obat-obatan, atau intoleransi makanan juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman akibat gangguan pencernaan. Obat pencernaan alami atau home remedies dapat mengatasi gangguan pencernaan jangka pendek. Apabila Anda ingin hasil yang lebih permanen, perubahan gaya hidup dan diet sehat perlu menjadi pola yang rutin diikuti. Beberapa home remedies dan pola gaya hidup sehat tersebut di antaranya adalah:

  • Santai/relaks

Stres dapat memengaruhi sistem pencernaan. Banyak orang mengalami rasa tidak nyaman pada perut sebelum ujian atau acara besar. Namun, stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi hubungan antara otak dan perut, menyebabkan masalah pencernaan yang tidak kunjung usai. Ada hubungan antara kesehatan fisik dan mental, dan mengurangi stres dapat memberikan dampak yang positif pada keduanya. Lembaga Psikologi Amerika merekomendasikan 3 cara kunci dalam mengatur stres, seperti memiliki jaringan pendukung yang baik, olahraga dengan rutin, dan mendapatkan cukup tidur.

Di hari yang sibuk, sering orang makan dengan cepat. Namun, hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa tidak nyaman di perut. Miliki sedikit waktu untuk bersantai, khususnya sebelum dan setelah makan. Mengurangi stres dengan mencari dukungan dari sahabat atau keluarga serta membuat perubahan gaya hidup dapat mengatasi gangguan pencernaan.

  • Cobalah makanan yang difermentasi

Makanan-makanan yang telah difermentasi telah diurai sebagian atau seluruhnya oleh mikroorganisme seperti bakteri. Mikroorganisme tersebut bekerja dalam mengawetkan makanan, dan memiliki manfaat untuk kesehatan usus. Bakteri hidup secara alami di usus, beberapa dari mereka membantu mencerna makanan. Namun, tidak sedikit yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, terutama apabila tersedia dalam jumlah yang banyak. Makanan yang difermentasi mengandung bakteri yang dapat memabantu mendukung sistem pencernaan sehat. Beberapa makanan difermentasi yang dapat menjadi obat pencernaan alami di antaranya adalah yogurt probiotik, sauerkraut, miso, roti sourdough, dan kefir. Menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan pnencernaan.

  • Makan lebih banyak serat

Serat memiliki manfaat kesehatan yang beragam, mulai dari menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Serat juga dapat meningkatkan pencernaan dengan cara mengatur pergerakan usus. Menurut panduan diet nasional, orang dewasa perlu mengonsumsi serat sebanyak 30 gram setiap harinya. Sumber serat yang baik di antaranya adalah sayur dan buah, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Anda juga perlu meminum banyak air guna memastikan bahwa serat dapat menyerap cukup air untuk dapat melewati sistem pencernaan dengan mudah.

Apablla gejala gangguan pencernaan terus terjadi selama beberapa minggu atau bahkan malah bertambah parah, mungkin hal ini disebabkan karena kondisi medis tertentu yang perlu mendapatkan atensi medis. Beberapa penyakit pencernaan yang umum dijumpai adalah penyakit celiac, alergi atau intoleransi makanan, sindrom iritasi usus, refluks asam, dan diverticulitis. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan serta obat pencernaan yang tepat sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *