Susu Evaporated

Susu evaporated merupakan jenis susu yang memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan dengan susu segar. Susu evaporated juga merupakan pilihan yang lebih baik sebagai pengganti krimer atau susu kental manis dan dapat membantu menaikkan berat badan manusia.

Susu evaporated dapat dikonsumsi baik secara langsung maupun dengan bahan-bahan tertentu.

Kandungan Susu Evaporated

Susu evaporated merupakan minuman yang bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin dan mineral, dan kandungan lain berupa:

  • Kalori sebanyak 338 kalori.
  • Karbohidrat sebanyak 25 gram.
  • Protein sebanyak 17 gram.
  • Lemak sebanyak 19 gram.
  • Kalsium sebanyak 50% AKG (angka kecukupan gizi).
  • Magnesium sebanyak 15% AKG.
  • Zinc sebanyak 18% AKG.

Manfaat Susu Evaporated

Karena mengandung banyak sumber yang bermanfaat, berikut adalah manfaat yang Anda peroleh jika Anda konsumsi susu evaporated (selain menaikkan berat badan):

  • Kalsium

Kalsium berperan dalam membantu pertumbuhan tulang manusia.

  • Magnesium

Magnesium berperan dalam menjaga kesehatan otak, otot, dan jantung manusia.

  • Zinc

Zinc berperan dalam menjaga sistem pencernaan, pertumbuhan, dan sistem imun manusia.

Efek Samping Susu Evaporated

Mengkonsumsi susu evaporated dapat membantu menaikkan berat badan manusia supaya tubuh mereka terlihat ideal. Selain itu, susu tersebut tidak mengandung pemanis tambahan. Oleh karena itu, manusia akan terhindar dari risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Meskipun demikian, jika Anda ingin menaikkan berat badan dengan mengkonsumsi susu evaporated, Anda perlu tanyakan ke dokter terlebih dahulu supaya Anda tidak mengalami pola makan yang buruk.

Pada umumnya, susu evaporated sama seperti makanan atau minuman lain dimana susu tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa kembung, sakit perut, dan diare (jika manusia memiliki alergi terhadap laktosa).

Laktosa merupakan jenis karbohidrat yang ada pada susu. Jika manusia memiliki alergi terhadap jenis karbohidrat tersebut, mereka tidak dapat mencerna minuman tersebut dengan baik. Selain itu, susu evaporated mengandung dua kali lebih banyak laktosa dibandingkan dengan susu biasa.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa manusia yang mengalami intoleransi laktosa mampu mentoleransi 15 gram laktosa setiap hari, atau setara dengan 1 hingga 2 gelas susu biasa. Susu evaporated tidak dapat dikonsumsi anak-anak karena dapat menimbulkan alergi.

Anda sebaiknya tanyakan ke dokter sebelum mengkonsumsi susu evaporated untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap laktosa atau tidak. Jika Anda memilikinya, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi susu tersebut.

Cara Membuat Susu Evaporated

Jika Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap laktosa, Anda dapat mengkonsumsinya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat susu evaporated, susu tersebut dibuat dengan menghilangkan kandungan air sebanyak 60%. Susu evaporated menggunakan lebih banyak kental. Lemak susu dicampur secara seragam dan perlu disterilisasi untuk mencegah organisme berbahaya. Setelah itu, susu tersebut dikemas dalam kemasan kaleng dan dapat dijual di pasaran.

Perbedaan Antara Susu Evaporated dengan Susu Biasa

Susu evaporated tampak seperti karamel karena menggunakan lebih banyak kental dibandingkan dengan susu biasa dan mampu bertahan lebih lama.

Kesimpulan

Susu evaporated merupakan susu yang dapat Anda konsumsi jika Anda ingin menambah berat badan. Untuk memperoleh berat badan yang ideal, Anda juga perlu menerapkan pola makan yang teratur. Susu tersebut bermanfaat bagi tubuh dan dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat makanan.

Meskipun demikian, Anda sebaiknya tanyakan ke dokter tentang susu evaporated. Anda mungkin tidak tahu apakah Anda alergi terhadap laktosa atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu diperiksa terlebih dahulu. Setelah mengetahui Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap laktosa, Anda dapat mengkonsumsinya. Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap laktosa, Anda perlu menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *