Stop Gunakan Odol, Salep Mebo Lebih Ampuh Atasi Luka Bakar

Ibu, tahukah Anda bahwa menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Tahun 2018 bahwa luka bakar menempati urutan pertama dalam penyebab cedera dan anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur kedua yang rentan terkena luka bakar. 

Di usia tersebut, anak sangat aktif bergerak. Luka bakar bisa disebabkan oleh tersiram minyak atau air panas, tak sengaja memegang peralatan memasak yang sedang digunakan, sepeti wajan atau piring dan mangkok yang berisi makanan panas. 

Dengan mengoleskan salep Mebo saat anak terluka, luka bakar akan segera mereda dan anak tidak kesakitan lagi. 

Jenis-jenis Luka Bakar

Luka bakar terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari jumlah panas dan berapa lama kulit bersentuhan dengan sumber panas.  Luka bakar tingkat pertama ditandai dengan kulit memerah dan rasa sakit karena panas merusak lapisan luar kulit (epidermis). 

Luka bakar derajat dua terjadi ketika panas merusak lapisan dermis dan epidermis, dan ditandai dengan kulit memerah, melepuh, dan menyebabkan rasa sakit. Luka bakar yang parah berarti panas sudah masuk dan merusak hingga tulang, tendon, dan ujung saraf. 

Luka bakar tingkat satu biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun untuk luka bakar sedang hingga parah membutuhkan perawatan medis tertentu dan biasanya meninggalkan bekas. 

Kenapa Memilih Salep Mebo?

Salep Mebo merupakan obat yang diindikasikan untuk meringankan luka bakar dan luka gores ringan. Obat ini terbuat dari kandungan bahan herbal Tiongkok seperti rimpang coptidis, akar Phellodendri chinensis, dan akar mangkokan. 

Kombinasi ketiga bahan tersebut efektif mengurangi rasa nyeri dan perih di sekitar kulit yang terluka. Akar mangkokan juga berfungsi mengurangi risiko luka meradang sekaligus mencegah terjadinya infeksi sekunder. Mengoleskan salep Mebo segera ke luka bakar ringan juga akan membuat kulit yang terluka lebih sejuk dan nyaman sehingga rasa sakit berkurang.  

Selain terbuat dari 100% bahan alami yang aman digunakan anak dan ibu hamil/menyusui, perawatan luka bakar dengan salep Mebo dapat mempercepat penyembuhan luka daripada obat luka bakar yang biasa diresepkan dokter. 

Mengobati Luka Bakar dengan Salep Mebo

Untuk mengobati luka bakar dengan salep Mebo, pastikan luka tidak terhalang oleh perban, kain, atau kotoran. Jika luka bakar kotor, Anda bisa membersihkannya dengan cara mengalirkan air sejuk ke atas luka. Lalu keringkan dengan cara ditepuk lembut. 

Oleskan salep tipis-tipis pada seluruh area yang terluka dengan tangan bersih, cotton bud, atau kain kasa. Jika dibutuhkan, salep bisa dioleskan kembali setiap 4-6 jam setelah membersihkan luka. Selama penggunaan, jangan tutupi luka dengan perban dan membersihkannya dengan air atau disinfektan. 

Gunakan salep Mebo secara rutin selama beberapa hari untuk mempercepat penyembuhan. Untuk anak di bawah usia 12 tahun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan salep Mebo pada anak.     

Catatan

Ketika anak mengalami luka bakar, orang tua biasanya panik dan mengoleskan apa saja yang dipercaya bisa meringankan luka bakar seperti odol, minyak, atau tepung. Padahal belum ada bukti bahwa bahan-bahan tersebut dapat meringankan luka bakar, bahkan bisa membuat luka semakin parah. 

Dengan mengoleskan salep Mebo secara teratur, luka bakar pada anak akan cepat sembuh. Perawatan dengan salep Mebo juga dapat mencegah terbentuknya bekas luka bakar. Apabila setelah beberapa hari penggunaan luka tak kunjung sembuh, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *