Sindrom Lorong Karpal Pada Ibu Hamil

Sindrom lorong karpal atau Carpal tunnel syndrome (CTS) biasa terjadi ketika pada kehamilan. Lorong karpal ini terjadi pada wanita hamil. Namun, para ahli belum yakin yang menjadi penyebab cts ini selama kehamilan. Tetapi mereka berpendapat bahwa terjadinya pembengkakan akibat dari hormon yang menjadi penyebab. Sama dengan retensi cairan pada kehamilan menyebabkan para pergelangan kaki serta jari membengkak. Oleh karena itu juga bisa menyebabkan pembengkakan yang mengarah pada sindrom terowongan karpal.  

Carpal tunnel syndrome dapat terjadi ketika saraf di telapak tangan mengalami tekanan

Apa saja gejala sindrom terowongan karpal pada kehamilan ?

Berikut ini gejala umum pada sindrom terowongan karpal pada kehamilan : 

  • mati rasa dan kesemutan (hampir seperti rasa ditusuk jarum) di jari, pergelangan tangan, dan tangan, yang dapat memburuk di malam hari
  • merasakan denyut di tangan, pergelangan tangan, serta jari
  • jari bengkak
  • kesulitan mencengkeram benda dan masalah melakukan keterampilan motorik halus, seperti mengancingkan kemeja atau mengerjakan gesper pada kalung

Satu atau kedua tangan mungkin terpengaruh. Pada studi yang dilakukan pada tahun 2012 ditemukan bahwa hampir 50 persen peserta hamil dengan mengidap sindrom terowongan karpal pada kedua tangannya. 

Gejala dapat memburuk saat kehamilan berlanjut. Laporan sebuah studi mengungkapkan bahwa 40 persen timbul gejala sindrom terowongan karpal ketika sesudah 30 minggu kehamilan. Disaat itulah terjadi kenaikan berat badan serta retensi cairan yang paling banyak. 

Bagaimana kehamilan memengaruhi sindrom terowongan karpal?

Saat Anda hamil, kadar hormon memicu retensi cairan, yang bisa menyebabkan pembengkakan. Pembengkakan ini dapat mendorong saraf median di terowongan karpal meningkatkan tekanan di terowongan karpal dan terkadang menyebabkan rasa sakit di pergelangan tangan Anda.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada trimester ketiga, tetapi bisa juga terjadi pada 2 trimester pertama atau setelah melahirkan. Dalam kebanyakan kasus, gejala akan hilang setelah bayi Anda lahir.

Bagaimana saya tahu jika saya menderita carpal tunnel syndrome?

Tanda dan gejala umum carpal tunnel syndrome meliputi:

  • Nyeri: terutama di pergelangan tangan, ibu jari, jari telunjuk atau jari tengah. Nyeri dapat memburuk saat Anda menggerakkan tangan atau jika cuaca sangat panas. Ini juga lebih mungkin terjadi pada malam hari.
  • Mati rasa: terutama di ibu jari, jari telunjuk atau jari tengah. Kasus yang sangat buruk dapat mengakibatkan kesulitan memegang atau mengambil barang, dan Anda mungkin merasa canggung.
  • Kesemutan: terutama di ibu jari, jari telunjuk atau jari tengah. Kesemutan dapat memburuk saat Anda menggerakkan tangan atau jika cuaca sangat panas. Ini juga lebih mungkin terjadi pada malam hari.
  • Kelemahan: stres pada saraf di sindrom lorong karpal dapat menyebabkan kelemahan pada ibu jari, jari telunjuk atau telapak tangan Anda.
  • Intensitas gejala dapat bervariasi dari iritasi ringan, nyeri sesekali, hingga nyeri serius. Gejala dapat menghentikan Anda dari tidur atau membuat Anda sulit melakukan tugas rutin seperti bekerja, berpakaian, memasak, atau merawat bayi Anda.

Bagaimana mengelola gejala sindrom terowongan karpal pada kehamilan?

Anda dapat mengelola gejala selama kehamilan dengan:

  • latihan
  • menyesuaikan posisi Anda selama persalinan dan tugas lainnya
  • menghindari tugas yang berulang

Posisi istirahat dan tidur

Ketika beristirahat, posisikan tangan dan pergelangan tangan Anda di atas bantal atau bantalan. Pastikan itu ditempatkan lebih tinggi dari hati Anda.

Beberapa pasien mengatakan bahwa mengangkat atau menggantung tangan Anda dapat membantu rasa sakit. Seperti, biarkan tangan Anda menggantung di atas tempat tidur.

Jangan tidur di sisi tangan Anda yang sakit. Mengenakan belat di malam hari membantu menjaga pergelangan tangan Anda dalam posisi yang nyaman.

Mengurangi pembengkakan

Mengalirkan air dingin ke pergelangan tangan Anda sebelum tidur dapat membantu mengurangi pembengkakan. Anda dapat mengurangi pembengkakan umum di seluruh tubuh Anda dengan:

  • kurangi makan makanan asin
  • pergi berenang

Apa yang harus dihindari?

Hindari tugas yang berulang, seperti:

  • meremas berlebihan
  • mencengkeram
  • meremas-remas

Hindari posisi atau tugas apa pun yang memperburuk gejala Anda.

Latihan

Lakukan latihan tangan dan pergelangan tangan yang lembut setiap hari.

Ikuti langkah ini:

  • Lakukan gerakan melingkar dengan ibu jari, 5 kali satu arah dan 5 kali arah lain.
  • Buka dan tutup kepalan tangan Anda 10 kali.
  • Dengan siku menempel di sisi tubuh, pegang tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas lalu turun ke lantai. Ulangi ini 10 kali.

Tahan setiap posisi setidaknya selama 5 detik. Ulangi seluruh peregangan sebanyak 5 kali.

Cara mengobati sindrom terowongan karpal pada kehamilan

Kebanyakan dokter merekomendasikan untuk mengobati sindrom terowongan karpal secara konservatif pada kehamilan. Banyak orang akan mengalami kelegaan pada minggu-minggu dan bulan-bulan setelah melahirkan. Pada salah satu penelitian, mengungkapkan hanya 1 dari 6 peserta yang mengalami sindrom terowongan karpal selama kehamilan, masih memiliki gejala 12 bulan setelah melahirkan.

Anda lebih mungkin untuk terus mengalami sindrom terowongan karpal setelah melahirkan jika gejala sindrom terowongan karpal Anda, dimulai lebih awal pada kehamilan atau jika gejala Anda parah.

Berikut ini perawatan yang aman digunakan selama kehamilan : 

  • Carilah penjepit yang menjaga pergelangan tangan Anda dalam posisi tidak tertekuk. Ketika gejala cenderung lebih buruk, memakai brace di malam hari mungkin sangat bermanfaat. Bisa digunakan pada siang hari.
  • Kurangi aktivitas yang menyebabkan pergelangan tangan Anda menekuk.Termasuk ketika mengetik di keyboard.
  • Oleskan es yang dibungkus handuk ke pergelangan tangan Anda selama sekitar 10 menit, beberapa kali sehari, untuk membantu mengurangi pembengkakan : Rendam pergelangan tangan Anda dalam air dingin selama sekitar satu menit, lalu dalam air hangat selama satu menit lagi. Terus bergantian selama lima hingga enam menit. Ulangi sesering mungkin.
  • Setiap kali Anda merasakan sakit atau kelelahan di pergelangan tangan Anda, istirahatkan sebentar, atau beralihlah ke aktivitas lain.
  • Tinggikan pergelangan tangan Anda kapanpun Anda bisa. Anda dapat menggunakan bantal untuk melakukannya.
  • Terdapat sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan melakukan yoga bisa mengurangi rasa sakit serta dapat meningkatkan daya cengkraman pada orang sindrom terowongan karpal. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan, terutama untuk memahami manfaat sindrom lorong karpal terkait kehamilan.
  • Terapi pelepasan myofascial dapat mengurangi nyeri terkait lorong karpal dan meningkatkan fungsi tangan. Ini adalah jenis pijatan untuk mengurangi ketegangan dan sesak pada ligamen dan otot.
  • Minum obat pereda nyeri. Menggunakan acetaminophen (Tylenol) pada titik mana pun dalam kehamilan umumnya dianggap aman, selama Anda tidak melebihi 3.000 mg setiap hari. Bicarakan dengan dokter jika Anda khawatir. Hindari ibuprofen (Advil) selama kehamilan kecuali jika disetujui secara khusus untuk digunakan oleh dokter Anda. Ibuprofen telah dikaitkan dengan cairan ketuban yang rendah dan sejumlah kondisi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *