Salah Satu Ciri-Ciri Mata Katarak: Melihat Cincin Berwarna di Sekitar Sumber Cahaya

Apakah Anda pernah melihat fenomena halo? Halo adalah salah satu fenomena optis ketika terdapat lingkaran serupa cincin yang bercahaya di sekitar matahari atau bulan. Lingkaran cahaya tersebut biasanya berwarna serupa dengan matahari.

Namun, apa jadinya ketika Anda melihat cincin bercahaya tersebut setiap kali Anda melihat sumber cahaya? Singkatnya, jika Anda melihat lingkaran bentuk cincin berwarna di sekitar sumber cahaya, kondisi tersebut dapat menjadi salah satu ciri mata katarak.

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang disebabkan oleh keruhnya lensa mata. Kondisi ini terjadi ketika seseorang semakin bertambah usia atau ketika ia mengalami diabetes dan dapat pula terjadi ketika orang tersebut mengalami trauma pada bola matanya.

Katarak dapat menyebabkan terbentuknya cincin di sekitar sumber cahaya ketika proses penglihatan terjadi. Cincin ini merupakan hasil dari faktor lensa yang keruh, yang mana dapat mengganggu masuknya cahaya ke dalam mata. Selain dapat melihat cincin di sekitar sumber cahaya, seorang penderita katarak juga akan merasa lebih sensitif terhadap cahaya.

Sumber cahaya apa pun, tidak hanya matahari, namun juga lampu sorot pada kendaraan dapat mengganggu penglihatan seseorang yang menderita katarak. Tentunya, hal ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu konsentrasi ketika sedang berkendara.

Ciri-ciri lain mata katarak yang telah diketahui adalah penglihatan yang tertutup kabut atau berawan. Ketika proses pengeruhan lensa mata terus terjadi, Anda akan mulai merasa bahwa penglihatan Anda akan semakin kabur. Proses ini akan terus terjadi hingga keseluruhan proses penglihatan tertutup awan dan Anda tidak dapat melihat objek sama sekali. Penyakit mata katarak memang cukup berbahaya, pasalnya ia dapat berujung pada kebutaan.

Seseorang yang mengalami katarak juga akan merasa bahwa penglihatan mereka akan menjadi berlipat ganda atau dobel. Kondisi ini diakibatkan oleh berpencarnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Cahaya tersebut tidak dapat fokus pada satu titik saja karena lensa mata yang mengeruh. Cahaya berpencar tersebut akan diteruskan dan tersebar, sehingga berakibat pada munculnya bayangan atau objek ganda pada penglihatan.

Berubahnya pandangan menjadi kekuningan atau kecokelatan juga dapat menjadi ciri-ciri mata katarak. Kondisi ini disebabkan oleh gumpalan protein yang mengeruh pada lensa mata yang berubah warna menjadi kuning atau cokelat. Kondisi ini akan menyebabkan penderita katarak tidak dapat membedakan warna dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *