Prosedur Check Lab di Prodia Pangkal Pinang

Medical check up atau pemeriksaan kesehatan tidak hanya bertujuan untuk mendeteksi adanya penyakit, namun juga berperan penting dalam tahap pengambilan keputusan terkait kondisi kesehatan Anda. Misalnya, seseorang melakukan pemeriksaan dan menemukan indikasi risiko terkena diabetes, tentu saja gaya hidupnya mulai diubah, termasuk mengurangi konsumsi gula. 

Apakah Anda berminat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan? Salah satu laboratorium yang menyediakan fasilitas medical check up adalah Prodia Pangkal Pinang yang berlokasi di Kepulauan Bangka Belitung. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan?

Prosedur Check Up di Prodia Pangkal Pinang

Prosedur pra-pemeriksaan kesehatan dilakukan tergantung pada jenis pemeriksaan yang hendak diterapkan. Namun, sebelum melakukan medical check up di Lab Klinik Prodia Pangkal Pinang, Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Berpuasa

Pasien disarankan berpuasa minimal selama 10 jam sebelum pengambilan darah dilakukan. Sementara itu, bagi pasien yang hendak memeriksa kadar glukosa darah, sebaiknya berpuasa minimal 8 jam. Sedangkan untuk pasien pemeriksaan trigliserida dianjurkan berpuasa selama 12 jam sebelum pengambilan darah. Jangan berpuasa lebih dari 14 jam dan saat berpuasa tidak diperbolehkan makan dan minum, kecuali air putih.

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Merokok, minum alkohol dan mengonsumsi obat-obatan sebelum pemeriksaan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan kesehatan. Kebiasaan buruk yang tidak terkendali dapat memperparah penyakit dalam tubuh. Selain itu, sebaiknya hindari pula mengunyah permen karet dan minum kopi atau teh tanpa gula.

  1. Mengurangi Aktivitas Berlebih

Sebelum pengambilan darah, sebaiknya jangan melakukan aktivitas terlalu berat seperti berolahraga atau pekerjaan yang membutuhkan energi besar. Sebaiknya perbanyak istirahat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. 

  1. Utamakan Saat Pagi Hari

Waktu terbaik untuk pengambilan darah adalah di pagi hari, yakni sekitar pukul 07.00-09.00 WIB. Hal tersebut dilakukan karena pada pagi hari tubuh belum melakukan mengeluarkan energi terlalu banyak. Selain itu, upayakan tubuh dalam keadaan rileks dan tenang. Jika sudah siap, Anda bisa datang ke Prodia Pangkal Pinang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Manfaat Pemeriksaan Kesehatan

Memeriksa kondisi tubuh tidak semata-mata dilakukan saat sedang sakit. Bahkan saat kondisi tubuh sehat, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tindakan preventif tersebut diharapkan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Selain itu, berikut manfaat lainnya dari pemeriksaan kesehatan secara teratur:

  • Mengetahui masalah kesehatan sedini mungkin. Sejumlah pasien baru mengetahui kondisi penyakit mereka ketika sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan. Terlambatnya pendeteksian penyakit justru memperlambat proses penyembuhan. Itulah sebabnya medical check up secara rutin diperlukan, karena  dapat membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit sedini mungkin. Sehingga pengobatan bisa segera dilakukan penyakit tersebut berkembang dan semakin kompleks.
  • Mengetahui risiko penyakit yang kemungkinan muncul di masa mendatang. Pemeriksaan kesehatan dianjurkan kepada para calon pegawai, calon pasangan suami istri yang hendak menikah dan masyarakat yang bertanya-tanya dengan keadaan tubuhnya. Pengecekan tubuh secara menyeluruh dapat mengetahui riwayat kesehatan Anda, sehingga bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Mencegah terjadinya infeksi. Penyakit yang timbul akibat infeksi virus atau bakteri seperti sifilis dan hepatitis awalnya tidak menunjukkan gejala yang signifikan pada tubuh penderita. Jenis penyakit seperti ini dapat dideteksi dengan cepat melalui tes darah rutin.
  • Mendeteksi penyakit menular seks. Salah satu penyakit menular seks yang hanya dapat dideteksi dengan tes darah rutin adalah HIV (Human Immunodeficiency Virus). Apabila diketahui dengan cepat, maka HIV dapat segera ditangani dengan benar.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat besar lainnya yang bisa Anda peroleh ketika periksa kesehatan secara rutin secara rutin. Prodia Pangkal Pinang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatan secara lengkap dan menyeluruh.

PRODIA PANGKAL PINANG

JL. KH Abdurrahman Siddiq No. 176 P

Narahubung: 0717-438766 / 0717-438232

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *