Urutan Permainan Bola Kecil Berdasarkan Ukurannya: Tenis Meja Paling Kecil!

Olahraga menggunakan bola, atau yang disebut permainan bola kecil (small ball games) jadi salah satu jenis olahraga yang paling populer di dunia.

Ada banyak jenis olahraga yang membutuhkan bola. Sebut saja sepak bola, yang paling populer, hingga bola basket. Kedua olahraga ini menggunakan bola berukuran besar.

Ada pula olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil seperti tenis meja dan tenis lapangan. Semakin kecil bola, biasanya semakin tinggi teknik yang dibutuhkan.

Nah secara umum ada 8 permainan bola kecil yang bisa Anda coba. Berikut daftar olahraga yang bisa Anda coba, diurutkan dari yang paling kecil:

Squash (39.5-40.5 mm)

Olahraga ini mungkin kurang populer di Indonesia, tapi sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan ruangan seperti kamar kosong untuk bermain squash.

Ada dua pemain dengan masing-masing raket. Lalu ada garis di dinding dan garis main membentuk huruf T di lantai. Garis di dinding menggambarkan posisi poin dan posisi out.

Anda dapat bergantian mencetak poin melalui serves atau jika pemain lawan memukul bola ke luar garis out.

Tenis meja (4 cm)

Ukuran bola tenis meja hanya berdiameter 4 cm dengan berat 2,7 gram. Olahraga ini termasuk salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat.

Biasanya, hampir di setiap RW memiliki alat tenis meja lengkap dengan pemukulnya yang disebut bet. Olahraga ini cocok bagi siapa saja dan mudah dipelajari.

Golf (4,27 cm)

Mungkin hanya sedikit orang Indonesia yang pernah merasakan olahraga ini. Ada banyak alasan, salah satunya karena biaya olahraga yang cukup mahal.

Ukuran bola golf berdiameter 4,27 cm dengan berat 45,93 gram. Olahraga ini harus dilakukan di lapangan khusus.

Tenis (6,7 cm)

Permainan bola kecil berikutnya yang bisa Anda coba adalah olahraga tenis. Bahkan Anda mungkin sudah sering bermain dengan bola tenis, meski tidak melakukan olahraganya.

Bola tenis berdiameter 6,7 cm dengan berat 57,7 gram. Olahraga tenis dapat Anda lakukan sendiri atau berkelompok.

Hoki lapangan (7,48 cm)

Hoki lapangan termasuk jenis olahraga populer di Indonesia. Di tingkat SMA, olahraga ini memiliki tingkat kompetitif tinggi di beberapa provinsi.

Bola hoki lapangan berukuran diameter 7,48 cm dengan berat 163 gram. Anda juga dapat melakukan olahraga ini dengan mudah, tapi bakal lebih asyik jika dilakukan bersama tim.

Baseball (7,5 cm)

Berikutnya ada bola baseball dengan ukuran 7,5 cm dan berat 149 gram. Olahraga ini menuntut aktivitas fisik tinggi, sayangnya kurang populer di Indonesia.

Baseball harus dimainkan secara berkelompok. Namun, Anda bisa juga memainkan olahraga baseball sendiri di arena latihan dengan mesin pelempar bola.

Menariknya, baseball tidak harus melibatkan aktivitas memukul bola. Anda bisa membeli sarung tangan catcher bersama partner Anda lalu bermain lempar tangkap bola.

Softball/kasti (9,55 cm)

Softball atau kasti mirip dengan baseball, tetapi jenis bola yang digunakan berbeda. Bola softball lebih lembut dan lebih aman untuk dilempar.

Bola softball berdiameter 9,55 cm dengan erat 177 gram. Sama dengan baseball, Anda dapat melakukan lempar tangkap menggunakan sarung tangan catcher.

Handball (17,51 dan 18,78 cm)

Bola handball terbagi menjadi dua, diameter 17,51 cm untuk handball wanita dan 18,78 cm untuk handball pria.

Olahraga ini paling menyenangkan dilakukan dalam dua tim. Setiap tim saling berusaha memasukkan bola ke keranjang atau gawang.

Nah itu dia 8 permainan bola kecil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau di arena, baik bersama partner maupun bersama tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *