Penyebab Kuku Kuning dan Cara Mengatasinya

Kuku kuning bisa menjadi tanda adanya masalah pada tubuh, seperti adanya infeksi jamur atau bakteri. Pada kondisi yang lebih serius, kuku kuning bisa menandakan gejala dari penyakit seperti paru-paru kronis dan rheumatoid arthritis atau radang sendi. 

Selain itu, kuku kuning juga bisa menandakan tubuh mengalami kekurangan vitamin atau mineral. Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan menyeluruh. 

Artikel ini akan membahas mengenai penyebab kuku kuning, gejala yang muncul, serta cara pencegahanya. 

Penyebab kuku kuning

Kuku yang berubah menjadi kuning bisa menjadi indikasi masalah serius. Bisa jadi karena kekurangan vitamin dan mineral atau karena penyakit tertentu.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kuku berwarna kuning:

1.Pemakaian cat kuku yang berlebihan

2.Alergi

3.Paru-paru kronis

4.Kanker

5.Penyumbatan limfatik

6.Masalah tiroid

7.Psoriasis

8.Diabetes

9.Kanker kulit

10.Masalah pernapasan

11.Tuberkulosis

12.Sinusitis

13.Penyakit liver

Apabila gejala kuku kuning yang muncul tak kunjung membaik, kamu bisa langsung menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, ya. 

Cara mengatasi kuku kuning

Apabila kuku kuning tidak disertai dengan gejala yang berat, kamu bisa mengatasi kuku kuning dengan menggunakan bahan rumahan. 

Apabila pengobatan rumahan ini tidak kunjung membaik, maka kamu sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, ya. 

Tea tree oil

Apabila kuku kuning disebabkan oleh bakteri atau jamur, kamu bisa menggunakan tea tree oil. Caranya dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sebanyak 1-2 tetes. Kemudian usapkan pada kuku yang kuning.

Berdasarkan studi, tea tree oil cukup efektif menghentikan jamur kuku yang membuat kuku jadi berwarna kuning. 

Soda kue

Jamur hanya bisa tumbuh pada lingkungan dengan tingkat pH asam. Untuk mengatasinya kamu bisa merendam kuku pada air hangat yang sudah dicampur dengan soda kue. Soda kue menciptakan lingkungan yang basa, sehingga bisa mengatasi jamur penyebab kuku kuning. 

Minyak oregano

Minyak oregano memiliki sifat antimikroba sehingga cukup efektif mengatasi bakteri dan jamur penyebab kuku kuning. 

Campurkan minyak oregano dengan oil carrier seperti minyak kelapa, dan oleskan pada kuku yang berwarna kuning. 

Hydrogen peroksida

Apabila bahan ini dikombinasikan dengan soda kue, cukup efektif mengatasi kuku kuning. Sebab, hidrogen peroksida memiliki kemampuan mengoksidasi yang bisa menjadi penghilang noda, termasuk menghilangkan kuku kuning. 

Hidrogen peroksida mampu menembus kuku dan mencerahkan warna kuku. Caranya dengan mencampur hidrogen peroksida ke dalam air hangat lalu rendam kuku selama beberapa menit. 

Vitamin E

Vitamin E terkenal dengan khasiatnya yang membantu sel mempertahankan kelembapan. Selain itu, vitamin E juga terbukti mampu mengatasi sindrom kuku kuning.

Vitamin E akan merangsang pertumbuhan kuku yang sehat. Caranya dengan mengoleskan vitamin E atau mengonsumsinya secara teratur hingga kuku kuning mulai menghilang.

Apabila pengobatan rumahan yang dilakukan belum juga berhasil, sebaiknya kamu segera menemui dokter untuk pengobatan dan penanganan lebih lanjut, ya.

Untuk mencegah kuku jadi kuning karena jamur, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kuku. Gunting kuku setiap satu minggu sekali dan bersihkan secara rutin. Hindari juga menggunakan cat kuku berlebihan karena bisa membuat kuku jadi terserang jamur.

Saat melakukan manicure, sebaiknya pilih salon yang sudah terjamin kebersihannya. Sebab, penggunaan alat manicure yang tidak bersih juga bisa menyebabkan kuku jadi terserang jamur atau infeksi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *