Pentingnya Pengobatan Segera untuk Radang Otot

Sakit pada otot tidak semuanya disebabkan karena cedera, atau karena aktivitas fisik yang terlalu berat. Beberapa penyakit seperti radang otot juga bisa menimbulkan rasa sakit bahkan pelemahan pada otot. Bagi penderita radang otot, saat pertama kali terjatuh, ia dapat merasakan ada sesuatu yang salah dengan tubuhnya. Namun, sebulan setelahnya ia didiagnosis menderita miositis.

Miositis adalah penyakit radang otot kronis. Selain sakit otot, gejalanya berupa kelemahan otot dan pembengkakan yang timbul secara bertahap dan kurang disadari oleh penderitanya. Gejala-gejala myositis cenderung berkembang secara perlahan pada penderita dewasa.

Dalam waktu yang cukup lama sebelum penderita menerima diagnosis, biasanya mulai muncul gangguan-gangguan seperti mudah jatuh, susah naik tangga, kesulitan bangkit dari kursi, tidak kuat menggenggam suatu benda, bahkan terkadang akan mengalami kesulitan menelan.

Perlu Anda tahu, myositis adalah jenis penyakit autoimun dengan gejala utama kelemahan otot perut, otot paha, otot pinggul, otot bahu, otot lengan dan otot leher. Kelemahan otot ini dapat terjadi pada kedua sisi tubuh secara perlahan memburuk seiring dengan perkembangan penyakit.

Gejala-gejala tambahan yang muncul bisa berupa sakit persendian, demam, kelelahan dan penurunan berat badan. Otot-otot pada tangan, kaki dan wajah biasanya tidak terpengaruh oleh penyakit radang otot kronis ini.

Agar mendapatkan diagnosis dengan cepat dan pengobatan segera menghasilkan dampak yang lebih baik bagi penderita radang otot. Masalahnya penyakit myositis belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga penderitanya tidak mencurigai penyakit tersebut walaupun mulai mengalami gejala.

Pasalnya sering kali penderita mesti berkonsultasi beberapa kali ke dokter sebelum mendapatkan diagnosis yang tepat bahwa ia menderita myositis. Karena merupakan penyakit autoimun, radang otot tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi perawatan berupa pemberian obat dan terapi untuk mengontrol gejala bisanya direspon baik oleh tubuh.

Tanpa pengobatanya yang segera, penderita bisa terjadi degenerasi otot yang sulit untuk dipulihkan kembali. Kelemahan otot akan tetap terjadi pada sekitar 30% penderita radang otot untuk menjalani pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *