Pengobatan Tusuk Jarum: Efektifkah Sembuhkan Penyakit?

Anda mungkin lebih mengenal pengobatan tusuk jarum dengan sebutan akupunktur. Metode akupunktur diyakini oleh beberapa orang sebagai alternatif pengobatan yang aman di samping pengobatan medis dari dokter. Jika Anda menilik lebih dekat, prosedur pengobatan tusuk jarum ini juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai, lho.

tusuk jarum

akupunktur adalah teknik khusus yang digunakan oleh ahlinya untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada di sekujur tubuh Anda menggunakan jarum yang sangat tipis. Pengobatan tusuk jarum ini dipercaya sebagai salah satu metode pengobatan dari Tiongkok yang mampu mengatasi menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, apakah hal tersebut benar? Penyakit apa saja yang dapat sembuh dengan metode pengobatan jarum tusuk ini?

Jika Anda ingin melakukan pengobatan akupunktur, ada baiknya mencari tahu betul mengenai informasi klinik dan praktisinya. Penting juga bagi Anda untuk memerhatikan bagaimana klinik tersebut merawat dan menggunakan jarum sebagai media utama pengobatan ini. Jika Anda salah memilih tempat atau praktisi akupunktur, bukan tidak mungkin, kondisi kesehatan Anda akan bertambah parah, bahkan memicu gangguan kesehatan lain.

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan pengobatan tusuk jarum

Sejauh ini, penelitian yang tersedia menyebutkan beberapa penyakit tertentu efektif diobati menggunakan pengobatan tusuk jarum. Lebih jelasnya, simak informasi berikut.

  1. Nyeri lutut (osteoarthritis)

Dalam sebuah penelitian disebutkan, bahwa metode akupunktur efektif untuk mempercepat kesembuhan pada pasien osteoarthritis, jika perawatannya dilakukan dalam kurung 8-12 minggu. Walau demikian, melakukan terapi laser tetap unggul dalam hal mempercepat penyembuhan penyakit ini jika dibanding dengan pengobatan tusuk jarum.

  1. Sakit punggung

American Pain Society telah merekomendasikan pengobatan tusuk jarum sebagai alternatif metode pengobatan tanpa obat pada pasien sakit punggung. Rekomendasi ini telah dikeluarkan sejak tahun 2007 lalu. Disebutkan bahwa metode pengobatan tusuk jarum efektif dalam menghilangkan nyeri jika dibanding dengan perawatan secara mandiri, seperti mengonsums obat nyeri, mengoles balsem, atau menempelkan koyok pada area nyeri.

  1. Sakit kepala

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menyatakan bahwa frekuensi maupun keparahan sakit kepala, termasuk akibat dari migrain atau tekanan darah dapat dikurangi dengan melakukan pengobatan tusuk jarum secara rutin. 

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa metode akupunktur efektif meringankan masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Sakit gigi
  • Kram menstruasi
  • Gangguan pernapasan, seperti rhinitis alergi
  • Mual dan muntah akibat efek samping operasi pengangkatan sel kanker atau kemoterapi
  • Sakit akibat kontraksi melahirkan
  1. Kaku dan nyeri pada leher

Hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa metode pengobatan tusuk jarum efektif untuk meringankan rasa nyeri dan kaku di sekitar area leher. Namun, sayangnya penelitian ini baru dilakukan pada kelompok kecil, sehingga masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengonfirmasi efektivitas akupunktur ini.

Di mana tempat pengobatan tusuk jarum yang terpercaya?

Praktik akupunktur di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 38 Tahun 2018. Berdasarkan peraturan ini, pengobatan akupunktur dapat dilakukan di rumah, klinik, Puskesmas, maupun tempat praktisi akupunktur yang telah mengantongi Surat Izin Praktik Akupunktur Terapis (SIPAT). 

Dengan dikeluarkannya SIPAT, diharapkan bahwa keselamatan dan kesehatan masyarakat yang melakukan metode pengobatan tusuk jarum ini dapat terjamin. Selain itu, SIPAT juga menjamin bahwa terapis yang telah dibekali surat ini, memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai, sehingga risiko kecelakaan maupun kesalahan dapat dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *