Pelayanan Laboratorium Klinik Kesehatan Prodia Cepu

Kini masyarakat memiliki banyak pilihan untuk melakukan medical check up, baik di lakukan di rumah sakit maupun di laboratorium klinik kesehatan seperti Prodia. Laboratorium Klinik Kesehatan Prodia merupakan salah satu laboratorium terbaik di Indonesia dan telah menjadi rujukan karena lokasinya yang tersebar luas.

Salah satu cabangnya adalah Laboratorium Klinik Prodia Cepu yang berada di Blora, Jawa Tengah. Seperti kebanyakan Lab Prodia lainnya, Prodia Cepu juga menawarkan berbagai pelayanan kesehatan, mulai dari medical check up hingga cek darah lengkap untuk mengetahui penyakit tertentu.

Perlu dicatat bahwa medical check up tidak hanya berguna bagi mereka yang memiliki gejala penyakit tertentu, tetapi penting bagi semua orang untuk mengetahui adanya penyakit di dalam tubuh yang tidak terdeteksi sebelumnya. Apalagi ada yang sering menganggap enteng suatu gejala penyakit.

Beberapa orang juga melakukan medical check up untuk keperluan tertentu, seperti untuk melamar pekerjaan, premartial check up bagi calon pasangan suami istri, hingga untuk mendaftar pendidikan tertentu.

Prosedur cek lab di Prodia Cepu

Sebelum melakukan cek lab di Prodia Cepi, terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh pasien atau pengunjung dan tidak boleh terlewatkan. Prosedur kesehatan tersebut perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan meningkatkan keefektifan dalam melakukan pengecekan laboratorium.

  1. Puasa

Untuk meningkat efektivitas pengecekan laboratorium, pasien biasanya diharusnya untuk menjalankan puasa selama 10 hari. Berpuasa memang sangat dianjurkan sebelum melakukan medical check up, terutama sebelum pengambilan darah. 

Tujuan berpuasa sebelum melakukan pengecekan adalah agar pemeriksaan tidak terkontaminasi dengan makanan yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan, makanan yang kita konsumsi mengandung nutrisi yang diserap oleh darah. Hasilnya, dapat vberdampak pada tingkat glukosa darah, lemak, dan besi. 

  1. Dilarang merokok

Selain makanan, hasil pemeriksaan juga dapat terpengaruh dari merokok, alkogol, dan obat-obatan yang adiktif. Karena itu perlu menghindari hal-hal tersebut sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium.

  1. Kurangi aktivitas berat

Sebelum melakukan cek lab, aktivitas berat yang menguras tenaga perlu dikurangi. Proses pengambilan darah juga sebaiknya dilakukan pada pagi hari sehingga tubuh dapat beristirahat di siang harinya.

Pelayanan COVID-19 di Prodia Cepu

Sebagai salah satu rujukan farmasi di Indonesia, Laboratorium Prodia termasuk Prodia Cepu membuka layanan polymerase chain reaction (PCR) sebagai layanan pemeriksaan virus COVID-19. Metode yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik ini adalah metode real-time RT-PCR yang mendeteksi tiga target gen, yaitu gen E, N, dan RdRP.

Tujuan dari pelayanan ini tidak hanya sebagai skrinning kasus COVID-19 di Indonesia tapi juga sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif infeksi COVID-19. Dikatakan tes PCR memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada rapid test Antibodi dan swab Antigen. Tes satu ini juga merupakan tes yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO) dalam mendeteksi COVID-19.

Jika rapid test antivodi menggunakan sampel darah, pemeriksaan PCR menggunakan sampel swab nasofaring dan orofaring pasien yang secara langsung mendeteksi adanya virus COVID-19.

Untuk melakukan pemeriksaan PCR, Laboratorium Klinik Prodia, termasuk Prodia Cepu tidak mengambil sampel secara langsung di klinik, melainkan menerima sampel swab rujukan dari rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnnya. Pemeriksaan sampel akan dilakukan di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia.

Pelayanan tes PCR ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Prodia Cepu untuk mendukung pemerintah dalam menangani kasus COVID-19 di Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *