Panduan Mudah Memberi Makanan Bayi 8 Bulan

Setiap bulan pada masa pertumbuhan bayi adalah bulan yang sangat krusial. Meskipun usia bayi baru bertambah satu bulan saja, perawatan bayi sudah perlu disesuaikan, khususnya saat bayi mencapai 8 bulan. Anda harus bijak dalam merawat dan memberi makanan bayi 8 bulan

Memberi makan bayi yang berusia 8 bulan tidak bisa disamakan dengan bayi yang berusia 7 atau 9 bulan. Anda harus memahami dengan benar seperti apa perkembangan bayi pada usia ini, dan memberinya makan sesuai dengan perkembangan tersebut. 

Cara memberi makanan bayi 8 bulan

Di usia 8 bulan, bayi perlu diberi makan dengan cara yang khusus. Supaya tidak salah langkah, pastikan Anda melakukan cara-cara berikut ketika akan memberi makan bayi:

  • Mengajak bayi makan di meja makan

Bayi yang sudah berusia 8 bulan senang ketika diajak makan bersama keluarga di meja makan. Meskipun mereka mungkin belum bisa mengonsumsi makanan yang sama seperti anggota keluarga lainnya. 

Bayi yang diajak duduk di meja makan merasa senang karena bisa mengeksplorasi banyak hal di meja tersebut. Selain itu, bayi juga bisa melihat dan merasakan interaksi antara sesama anggota keluarga, meskipun mereka belum bisa ikut terlibat dalam percakapan.

  • Makanan tidak terbatas pada makanan bayi

Makanan bayi 8 bulan tidak selalu terbatas pada susu formula dan makanan bayi saja. Di usia ini, bayi Anda sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan yang ada di meja makan.

Hanya saja, bayi belum bisa mencernanya dengan sempurna. Sehingga Anda perlu mengolah makanan tersebut terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi oleh bayi. Anda bisa menggiling, melarutkan, memblender, ataupun menghaluskan makanan yang ada di meja makan agar bisa dikonsumsi oleh bayi. 

  • Beri kesempatan bayi makan sendiri

Pada usia ini, bayi mungkin belum bisa makan sendiri dengan sempurna. Akan tetapi, mereka mulai memiliki ketertarikan untuk mencoba menyentuh makanan dan menyuapi diri sendiri.

Berilah bayi Anda kesempatan untuk belajar makan makanan bayi 8 bulan sendiri tanpa bantuan orang tua. Sesekali, Anda tetap bisa memberikan bantuan apabila bayi tampak kesulitan dan makan terlalu lama. 

  • Jangan berikan susu sapi

Kebanyakan orang tua mengira bahwa bayi dan anak-anak memerlukan susu sapi. Sebenarnya, bayi memang memerlukan susu, tapi Anda tidak dianjurkan untuk memberi susu sapi sebagai makanan bayi 8 bulan.

Susu sapi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Nutrisi yang ada di dalamnya lebih ditujukan untuk anak-anak yang sudah berusia setidaknya lewat dari satu tahun. 

Jadi, sebaiknya tetap berikan susu yang sudah diformulasikan khusus kepada bayi Anda. Jika masih bisa, akan lebih baik lagi apabila Anda masih memberikan ASI pada bayi usia ini. 

  • Berikan sayur dan buah-buahan yang lembut

Bayi Anda sudah bisa mengonsumsi buah dan sayuran-sayuran. Akan tetapi, pastikan buah dan sayur yang diberikan adalah buah dan sayur yang bertekstur lembut.

Jika buah atau sayur terlalu keras, bayi akan kesulitan untuk menelannya. Apabila ingin memberikan buah atau sayur yang bertekstur keras, pastikan Anda memotong dan menghaluskannya terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi.

Berikanlah makanan bayi 8 bulan yang cocok dengan perkembangan tubuh bayi Anda. Di usia ini, Anda sudah bisa memberikan berbagai macam jenis makanan untuk memperkaya jenis menu yang bisa dikonsumsi bayi, namun tetap sajikan dengan cara yang aman bagi bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *