One Med Test pack, Tes Kehamilan Berakurasi 99%

Tes kehamilan dapat dilakukan dengan tes darah maupun dengan tes urin. Tes urin biasanya lebih sering digunakan karena lebih pribadi dan mudah. Untuk mengetahui kehamilan dengan tes urin, diperlukan alat yang bernama test pack. Alat ini dijual bebas di apotik dan dengan berbagai model. 

Test pack menjadi pilihan karena dapat mendeteksi kehamilan lebih dini dan memerlukan waktu yang singkat. Tingkat akurasinya pun dapat berkisar 99% jika digunakan dengan tepat. Salah satu merek test pack yang sudah bersertifikat Kemenkes RI dan berteknologi unggul adalah One Med test pack. 

Apa itu One Med test pack

One Med test pack adalah alat yang berfungsi untuk menguji kehamilan. One Med test pack memiliki beberapa model dengan sensitifitas berkisar 10-20 mlU. Tingkat akurasinya pun hampir sempurna, yaitu 99,9%. Merek ini terbuat dengan teknologi unggul, sehingga hasilnya akan sesuai dengan tes laboratorium.

Cara kerja One Med test pack adalah mendeteksi kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang ada pada urin wanita. Untuk hasil yang lebih akurat, gunakan test pack ini tujuh hari setelah berhubungan. One Med test pack pribadi ini sangat praktis yang dapat digunakan kapan saja. 

Bagaimana cara menggunakan one med test pack

Cara menggunakan One Med test pack dapat disesuaikan dengan jenis yang Anda beli atau miliki. Namun, pada umumnya langkah yang dilakukan adalah:

  • Tampung urin yang akan dijadikan sampel dalam wadah yang bersih
  • Buka kemasan test pack dan celupkan pada sampel urin atau teteskan sampel urin pada tempat yang tersedia. Perhatikan tanda batas untuk mencelupkan urin dan tunggu beberapa waktu
  • Hasil biasanya akan keluar 30 detik hingga 1 menit
  • Jika test pack menampilkan tanda garis dua berarti positif, sedangkan jika bergaris satu berarti negatif

Cara hasil tes kehamilan akurat dan hasil tes positif palsu

Alat tes kehamilan terkadang menampilkan hasil yang tidak akurat sehingga banyak yang mengatakannya palsu. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan yang kurang tepat, tidak menggunakan urin pagi, atau alat sudah kadaluarsa. 

Agar hasil lebih akurat, gunakan sampel air seni pertama pagi hari untuk menguji kehamilan. Hal ini karena konsentras hormon hCG lebih tinggi di waktu tersebut. Akurasi tes rumah dengan test pack tergantung pada:

  • Ketepatan Anda dalam mengikuti instruksi penggunaan test pack
  • Kapan waktu Anda berovulasi dan seberapa cepat sel telur berimplantasi
  • Seberapa cepat setelah kehamilan Anda melakukan tes
  • Sensitivitas tes kehamilan

Anda mungkin saja mendapat hasil tes positif palsu, yang berarti Anda tidak hamil tetapi tes mengatakan Anda hamil. Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena ada darah atau protein dalam urin Anda. Hal ini dapat terjadi apabila Anda dalam waktu berdekatan pernah mengonsumsi obat -obatan tertentu, seperti obat penenang, antikonvulsan, hipnotik, dan obat kesuburan.

Hasil tes juga dapat tidak akurat seperti mengatakan negatif, namun mungkin saja Anda hamil. Penyebab hal tersebut, yakni: 

  • Test pack sudah melewati tanggal kedaluwarsa yang menyebabkan kesensitifan untuk mendeteksi hormon hCG menjadi berkurang
  • Penggunakan test pack dengan cara yang salah 
  • Pengujian dilakukan terlalu cepat 
  • Urin yang terlalu encer
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antihistamin atau diuretik

Sebagai solusinya, cobalah lakukan tes ulang dalam waktu seminggu. Bahkan untuk apapun hasilnya, cara ini juga disarankan agar hasil benar-benar akurat dan meyakinkan. Apabila hasil tes pertama dan kedua berbeda, maka hubungi dokter dan lakukanlah tes darah. 

Perlu dingat untuk menggunakan alat tes hanya satu kali saja dan buang setelah tidak digunakan. Sampel urin dan alat uji yang sudah terpakai berpotensi menular, jadi jauhkan dari kontak langsung dengan benda. Buang segera sampel urin dan alat tes setelah tidak digunakan ke tempat pembuangan yang semestinya, jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya. 

Test pack akan menampilkan hasil yang akurat bila penggunaan tepat dan bergantung pada kondisi Anda. Gunakan urin pagi dan usahakan tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum memakai test pack. One Med test pack merupakan satu dari serangkaian merek test pack yang sudah bersertifikat dari Kemenkes, dibuat dengan teknologi, memiliki sensitifitas tinggi dan tingkat akurasi hingga 99%. Dapatkan One Med test pack asli hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *