Obat Kalpanax Cair

Kalpanax cair adalah obat untuk mengatasi gatal di kulit akibat infeksi jamur

Obat Kalpanax Cair merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit akibat jamur. Di dalam Kalpanax cair terdapat bahan aktif miconazole nitrat, asam salisilat, povidone iodine, serta benzoic acid yang dapat mengobati berbagai masalah kulit akibat jamur.

Bagaimana kandungan didalam obat bekerja?

Miconazole nitrat bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi pada kulit. Kandungannya juga mampu mengurangi rasa gatal, dan terbakar akibat infeksi jamur.

Asam salisilat mampu menghentikan peradangan yang  terjadi pada kulit sehingga mempercepat penyembuhan infeksi dan membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. 

– Kandungan povidone iodine dalam obat bekerja dengan mempercepat proses penyembuhan luka, membantu meringankan rasa sakit, serta mencegah terjadinya infeksi pada kulit menjadi lebih parah. 

– Benzoic acid atau asam benzoat membantu mencegah infeksi akibat bakteri terjadi. Ia juga mampu mengobati berbagai masalah kulit seperti iritasi, peradangan kulit, hingga luka. 

Berbagai manfaat Kalpanax cair:

– Mengobat infeksi pada kulit akibat jamur seperti kadas, kurap, kutu air, dan panu.

– Membantu mengurangi gatal, kemerahan serta nyeri akibat infeksi jamur.

– Membantu memperbaiki tampilan kulit yang rusak akibat infeksi jamur.

– Membantu mengurangi peradangan.

– Mencegah infeksi pada kulit menjadi lebih parah.

Cara dan dosis penggunaan obat:

Oleskan Kalpanax cair secara perlahan di bagian kulit yang mengalami infeksi sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuaikan dengan anjuran dan saran oleh dokter. Dapat digunakan langsung atau menggunakan kapas serta cotton bud. 

Cara penyimpanan obat:

Simpan obat pada suhu ruangan yang kering, sejuk, dan tidak lembab. Jauhkan obat dari paparan sinar matahari langsung. Pastikan untuk selalu menutup kembali  tutup botol Kalpanax cair setelah penggunaan obat Jauhi obat dari jangkauan anak-anak. 

Harga:

Kalpanax cair dijual dengan harga Rp 14.000 (kemasan 5g)

Apakah penggunaan Kalpanax cair mampu menyebabkan efek samping?

Penggunaan sesuai anjuran umumnya jarang menimbulkan efek samping. Namun kandungan Miconazole nitrat didalam obat berpotensi untuk membuat kulit terasa gatal, kering dan mengelupas, hingga timbul sensasi seperti terbakar. Hentikan penggunaan obat jika efek samping ditimbulkan sangat mengganggu atau muncul tanda-tanda ruam, hingga bengkak di area kulit.

Perhatian khusus sebelum menggunakan obat:

– Orang dengan riwayat kulit sensitif atau alergi dengan kandungan obat harus berhati-hati sebelum menggunakan obat ini.

– Jangan mengoleskannya lebih dari 2-3 kali sehari kecuali mendapat arahan oleh dokter.

– Jangan digunakan pada anak dibawah 2 tahun.

– Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsultasikan penggunaan obat pada dokter sebelumnya menggunakan Kalpanax cair.

– Pastikan tangan dan bagian kulit sudah bersih sebelum dioleskan Kalpanax cair.

– Jangan menutup bagian kulit yang telah dioleskan obat dengan pakaian ketat. Usahakan untuk membiarkan kulit tetap terkena udara setelah penggunaan obat. 

– Jangan menggunakan Kalpanax cair ke dekat area wajah yang sensitif terutama mata, hidung, dan mulut. Jika tak sengaja mengoleskannya, segera bersihkan menggunakan air bersih.

– Jangan digunakan bagian kulit yang mengalami luka menganga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *