Obat Antihipertensi, Bisoprolol 5 mG.

Hipertensi merupakan kondisi yang sering terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki tekanan darah di atas 130/80 mmHg. Biasanya tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak memiliki gejala khusus dan bisa menjadi bertanda seseorang mengalami masalah kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung atau stroke. 

Untuk pengobatan dan pencegahan, selain harus menerapkan pola hidup sehat, terdapat obat yang perlu dikonsumsi penderita seperti bisoprolol 5 mG. Obat anti hipertensi tersebut harus dikonsumsi secara rutin sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, hipertensi bukan merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dan hanya dapat dikontrol dengan obat tertentu. Jika pengobatan dihentikan, ada kemungkinan tekanan darah akan kembali naik dalam hitungan hari sampai bulan.

Banyaknya volume darah yang dipompa dari jantung dan resistensi aliran darah di arteri menentukan besarnya tekanan darah. Tekanan darah akan terlihat lebih tinggi jika darah yang dipompa oleh jantung lebih cepat atau arteri lebih sempit. 

Hipertensi biasanya dapat dideteksi dengan mudah melalui pemeriksaan rutin tekanan darah. Karena itu, orang dewasa khususnya di atas umur 40 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah setidaknya lima tahun sekali. Tapi perlu diingat, selain karena gaya hidup, hipertensi juga dapat terjadi karena adanya mutasi genetik atau warisan dari keluarga.

Penyebab tekanan darah tinggi

Penyebab hipertensi dapat berbeda-beda tergantung pada jenis hipertensi yang dialami oleh seseorang, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer terjadi pada kebanyakan orang dewasa dan biasanya disebabkan oleh faktor keturunan atau mutasi genetik. Perubahan fisik dan fungsi tubuh karena faktor usia juga dapat menjadi penyebab hipertensi primer. 

Sementara itu hipertensi sekunder dapat disebabkan oleh banyak hal dan biasanya jenis hipertensi ini bisa terjadi dengan sangat cepat dan memiliki efek yang lebih parah. Penyebab hipertensi sekunder antara lain adalah masalah ginjal, obsktruktif sleep panea (OSA), cacat bawaan pada pembuluh darah, penggunaan obat-obatan, tumor kelenjar adrenal, dan masih banyak lagi.

Mengenal bisoprolol 5 mG

Obat bisoprolol merupakan salah satu obat anti hipertensi yang banyak digunakan untuk mengontrol kondisi tekanan darah tinggi. Obat ini merupakan golongan beta-blocker kardioselektif. Artinya ia bekerja dengan cara menghambat kerja sistem saraf simpatis pada jantung dan menghambat reseptor beta-adrenergik jantung.

Mudahnya, bisoprolol 5 mG bekerja dengan cara menurunkan kecepatan denyut jantung dan kekuatan kontraksi otot sehingga menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Obat ini kemudian juga akan menurunkan kebutuhan oksigen pada jantung. Bisoprolol 5 mG juga bermanfaat untuk digunakan dalam terapi irama jantung yang cepat dan tidak normal.

Namun, tentu saja penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter karena bisoprolol 5 mG termasuk obat keras. Dokter biasanya menyarankan penggunaan obat ini dikonsumsi pada pagi hari sehingga dapat mengontrol gejala hipertensi ketika beraktivitas seharian. Selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat ini juga dapat mencegah stroke, masalah ginjal, dan serangan jantung.

Dosis bisoprolol 5 mG yang dianjurkan untuk penyakit hipertensi dan angina pektoris atau nyeri dada adalah 5 sampai 10 mG satu kali sehari dan maksimal yang diminum adalah 20 mG per harinya. Sedangkan untuk gagal jantung dapat dimulai dengan 1,25 mG per hari. Dosis tersebut kemudian dapat digandakan bisa pasien dapat menoleransi pada satu minggu awal pemberian. Setelah itu, dosis bisoprolol dapat ditingkatkan secara bertahap selama 1 hingga 4 minggu dan maksimal pemberian obat 10 mG per harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *