Menilik Manfaat Guarana untuk Kesehatan

Minuman berenergi dari buah guarana belakangan sedang naik pamor di Amerika. Popularitasnya yang melejit tajam di Negeri Paman Sam pun membuat banyak orang di dunia mulai mengulik mengenai apa manfaat guarana dan bagaimana rasa buah tersebut. 

Guarana sendiri merupakan sejenis anggur asli Brazil yang tumbuh subur di lembah Sungai Amazon. Walaupun namanya baru mendunia beberapa tahun belakangan, manfaat guarana nyatanya sudah banyak diketahui oleh penduduk asli Amazon sejak abad ke-17. Dari manfaat yang sudah terbukti dari suku asli Amazon tersebut, Brazil pun mulai memproduksi minuman ringan yang berasal dari buah satu ini. Food and Drug Administration (FDA) yang merupakan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat pun menyatakan berbagai produk yang berbahan utama guarana sangat aman dikonsumsi dan memiliki khasiat yang telah teruji. 

Sebenarnya, apa saja manfaat dari anggur khas Amazon ini hingga mendapat pengakuan FDA? Berikut ini adalah beberapa manfaat guarana untuk kesehatan yang akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan jauh dari penyakit!

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Guarana memiliki berbagai hal yang diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Anggur khas Amazon ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah di tubuh. Guarana juga telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga penumpukan plak di pembuluh darah dari dan ke jantung pun bisa dihindari. Alhasil, risiko penyakit jantung koroner yang terjadi akibat tersumbatnya aliran darah dari dan ke jantung juga mampu dikurangi. 

  1. Menguatkan Memori 

Penelitian mengenai manfaat guarana yang satu ini memang masih sebatas pada uji kepada hewan. Namun, potensi manfaat ini juga terjadi pada manusia sangatlah besar. Guarana terbukti mampu meningkatkan daya ingat sekaligus menguatkan memori sehingga Anda bisa belajar dan mengambil keputusan dengan lebih baik. Manfaat ini berhubungan dengan adanya senyawa kafein dan senyawa lain dalam guarana yang membantu seseorang untuk mengingat lebih baik. 

  1. Menyehatkan Saluran Cerna 

Gangguan pencernaan termasuk masalah kesehatan yang paling banyak ditemukan di dunia. Beberapa bisa sembuh dengan sendirinya, namun beberapa lainnya bisa menyeret Anda ke kondisi kritis. Guarana sendiri terbukti ampuh menyehatkan saluran cerna sehingga menjauhkan Anda dari berbagai gangguan pencernaan yang membuat tidak nyaman. Buah ini terbukti bisa mengatasi sembelit yang membuat Anda sulit buang air besar. Tidak hanya itu, guarana juga terbukti mampu meredakan gejala buang-buang air besar terlalu sering atau diare. 

  1. Melawan Kecemasan 

Beberapa orang yang menggunakan produk dengan bahan utama guarana mengaku bisa melawan kecemasan berlebih yang menghantui hari-hari mereka. Mengonsumsi guarana membuat Anda akan lebih rileks menjalani hari serta mengusir kelelahan berlebih akibat kecemasan. Banyak orang meyakini ada senyawa tertentu pada buah ini yang bisa menangkal rasa stres, meskipun hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. 

  1. Menjadi Anti Kanker 

Manfaat guarana yang tidak kalah epik adalah kemampuannya menjadi anti kanker. Buah khas Amazon ini memiliki kandungan xanthines. Senyawa inilah yang disinyalir memberi kemampuan guarana untuk menjadi anti kanker. Terbukti dalam sebuah studi, mengonsumsi guarana bisa meningkatkan kematian sel kanker hingga lima kali lipat. Dalam penelitian terhadap tikus bahkan didapati, tikus yang menyantap guarana memiliki sel kanker 58 persen lebih sedikit daripada yang tidak mengonsumsi buah ini. 

*** 

Melihat banyak manfaat guarana yang sudah terbukti, Anda semakin tertarik untuk mengonsumsi buah yang satu ini, bukan? Tidak sulit, Anda hanya tinggal mencari produk minuman berenergi dari buah guarana yang sudah diproduksi massal di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *