Manfaat Penggunaan Asam AHA Mandelic

Mandelic acid adalah asam golongan AHA yang terkandung dalam produk perawatan kulit

Noda hitam, kerutan, wajah kusam, dan jerawat merupakan masalah kulit wajah yang banyak orang ingin atasi. Untungnya, produk-produk OTC memiliki bahan-bahan yang dapat mengatasi masalah kulit tersebut untuk memberikan tampilan kulit wajah yang bersih dan menawan. AHA mandelic merupakan salah satu bahan bermanfaat tersebut. Belum ada banyak penelitian mengenai asam alpha hydroxy (AHA) ini. Namun, asam mandelic dianggap lembut bagi kulit dan dapat mengatasi masalah jerawat, tekstur kulit, hiperpigmentasi, dan efek penuaan. Artikel ini akan membahas apa saja yang perlu Anda ketahui tentang asam AHA mandelic.

Manfaat AHA mandelic

Asam mandelic atau AHA mandelic diproduksi dari almond pahit. AHA ini digunakan penggunaanya untuk mengatasi masalah jerawat. AHA merupakan bahan alami dan sintetis yang memberikan banyak manfaat bagi kulit, mulai dari eksfoliasi hingga meningkatkan hidrasi dan kepadatan kulit. Jenis AHA lain yang banyak ditemukan di produk-produk perawatan kulit adalah asam glycolic dan asam citric. Beberapa manfaat AHA mandelic adalah:

  • Lembut untuk kulit

Salah satu manfaat utama asam mandelic adalah asam ini lebih lembut bagi kulit dibandingkan dengan AHA jenis lain. Hal ini membuat AHA mandelic pilihan yang cocok untuk jenis kulit sensitif. Kelembutan tersebut disebabkan karena asam mandelic merupakan salah satu AHA terbesar, sehingga sebagai hasilnya asam ini menyerap ke dalam kulit dengan lebih lambat. Hal ini juga membuat AHA mandelic tidak mengiritasi kulit. 

  • Mempercepat pergantian sel

Asam mandelic dapat. Mempercepat pergantian sel dan berfungsi sebagai pengelupas yang kuat untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Bukan menjadi hal yang mengherankan apabila asam mandelic banyak digunakan pada produk-produk pengelupas kimia. 

  • Meningkatkan produksi kolagen

Asam mandelic juga dapat meningkatkan tampilan kulit karena kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen, yang mana merupakan protein utama yang ditemukan di jaringan kulit dan penghubung. Hasil penggunaan AHA mandelic berbeda-beda dari satu orang ke orang lain, namun beberapa orang secara anekdot melihat adanya perbedaan tampilan kulit mereka hanya dalam waktu beberapa minggu saja. 

Asam mandelic vs asam glycolic, mana yang lebih baik?

Asam glycolic merupakan salah satu jenis AHA lain yang banyak digunakan pada produk-produk perawatan kulit. Asam ini diambil dari tanaman tebu dan, menurut sebuah penelitian pada tahun 2009, dipercaya efektif dalam mengelupas sel kulit mati, mengurangi garis-garis halus pada wajah, dan mencegah timbulnya jerawat. Asam glycolic memiliki berat molekul terkecil dibandingkan dengan AHA lainnya, sehingga dapat menembus kulit dengan lebih mudah. Karena alasan inilah asam glycolic dapat mengiritasi kulit dibandingkan dengan asam mandelic. 

Karena struktur molekulnya yang lebih besar, AHA mandelic tidak menembus kulit sedalam asam glycolic, membuat asam mandelic jauh lebih lembut bahkan bagi kulit yang sensitif. Selain itu, asam mandelic terbukti lebih efektif melawan jerawat yang meradang dan beberapa jenis hiperpigmentasi. Selain itu, asam mandelic juga berguna dalam mengatasi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan meratakan pigmentasi. 

AHA mandelic dapat mengubah kulit Anda hanya dalam waktu 2 minggu saja. Asam ini merupakan pilihan yang sangat baik terutama apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, karena AHA mandelic tidak akan membuat iritasi, berbeda dengan AHA jenis lain. Penggunaan AHA mandelic memiliki efek samping yang ringan seperti pembengkakan, rasa gatal pada kulit, dan kulit yang memerah. Namun, hentikan penggunaan apabila Anda memiliki efek samping tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *