5 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Asupan makanan sangat berpengaruh terhadap kenaikan gula darah pada penderita diabetes atau diabetesi. Salah memilih makanan, bisa saja membuat gula darah naik sehingga memunculkan berbagai komplikasi. Maka dari itu, penting untuk memilih makanan untuk penderita diabetes agar gula darah selalu stabil. Lalu, apa saja makanan terbaik untuk dikonsumsi diabetesi? Berikut daftarnya. 

Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa hanya makanan manis saja yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Sebenarnya, tidak sebatas itu saja. 

Umumnya, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, seperti roti tawar putih, bagel, oatmeal instan, nasi putih, semangka, dan nanas. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah karena lebih lama diserap tubuh.  Dengan begitu, gula darah penderita diabetes bisa lebih terkontrol. 

Berikut beberapa makanan untuk penderita diabetes dengan indeks glikemik rendah. 

1. Alpukat

Alpukat menjadi pilihan makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Sebab, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. 

Selain itu, alpukat juga memiliki indeks glikemik yang rendah dan dapat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi salah satu pemicu munculnya diabetes. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi campuran salad, selai, dan isian sandwich tanpa gula tambahan.

2. Ikan yang mengandung Omega 3

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan ternyata tidak hanya bagus untuk tumbuh kembang janin saja, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk penderita diabetes, terutama dalam menurunkan gula darah.  Tak hanya itu, kandungan omega 3 pada ikan juga dapat mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. 

Adapun ikan yang kaya akan kandungan omega 3, antara lain:

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan kembung
  • Ikan makarel

Untuk mendapatkan manfaat dari ikan ini, Anda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang, dikukus, atau poaching daripada digoreng menggunakan minyak.

3. Telur

Telur seringkali dianggap sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi. Padahal, kandungan protein di dalamnya dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan protein yang tinggi ini juga meningkatkan rasa kenyang sehingga Anda tidak memerlukan tambahan makanan lain. 

Melansir dari Healthline, sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi telur sebagai sarapan pagi dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah sepanjang hari.

Jika Anda bingung menentukan menu sarapan yang aman untuk penderita diabetes, telur rebus bisa jadi pilihan makanan untuk penderita diabetes. Selain menyehatkan, sarapan dengan telur rebus juga lebih praktis dan bisa kenyang lebih lama. 

4. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran ada yang mengandung pati dengan indeks glikemik tinggi sehingga kurang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, tidak semua sayuran mengandung pati. Misalnya, sayuran hijau.

Sayuran hijau memiliki indeks glikemik yang rendah dan dikenal sebagai jenis sayuran yang tinggi serat dan nutrisi, seperti magnesium dan vitamin A yang mana dapat membantu menurunkan gula darah.

Beberapa sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi, di antaranya bayam, selada, kale, sawi, dan bok choy. Pastikan Anda mengolahnya dengan baik. Misalnya, dalam bentuk lalapan, campuran salad, dan sebagainya. 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa menjadi salah satu pilihan cemilan atau makanan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah serta banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein nabati, lemak tak jenuh, dan vitamin. Nutrisi inilah yang berperan penting pada penurunan kadar gula darah penderita diabetes. 

Adapun pilihan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, di antaranya:

  • Kacang almond
  • Kacang kenari
  • Kacang merah
  • Kacang pistachio

Itulah beberapa pilihan makanan untuk penderita diabetes dengan indeks glikemik rendah. Pastikan Anda mengonsumsi makanan ini dalam porsi yang cukup dan tidak berlebih. Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi untuk menentukan makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *