Makanan Sehat Granola Bali Baik Untuk Tubuh

East Bali Cashews - Granola Bites Chocolate Vanilla 125 g harga terbaik 31185

Granola adalah sereal sarapan yang memiliki tekstur renyah mirip dengan muesli. Meskipun ada banyak variasi granola, granola biasanya terdiri dari kacang-kacangan, gandum, dan buah-buahan.

Banyak bentuk granola juga mengandung kacang-kacangan dan biji-bijian, atau buah-buahan kering dan serpihan cokelat. Varietas supermarket populer sering mengandung buah beri, kismis, dan almond juga.

Granola adalah makanan sarapan klasik yang biasanya terdiri dari gandum gulung, kacang yang dihancurkan, dan madu. Saat ini, granola dapat dibeli dalam berbagai bentuk, mulai dari yang bebas gluten hingga rendah gula hingga yang diperkaya dengan makanan super.

Kata granola adalah merek dagang oleh pembuat sereal terkenal John Harvey Kellogg, seorang dokter dan ahli gizi di balik penemuan serpihan jagung. “Granula” adalah resep serupa yang dikembangkan oleh James Caleb Jackson pada tahun 1863, menggantikan oat untuk tepung graham. Saat ini, perusahaan di seluruh dunia telah melampaui resep asli Kellogg, dan membuat granola agar sesuai dengan keinginan apa pun.

Salah satunya brand East Bali Cashews mengeluarkan snack granola bali dengan berbagai varian rasa seperti cokelat vanilla. 

Apakah granola sehat dan baik untuk Anda?

Granola itu sehat. Tapi seperti kebanyakan makanan, granola memiliki pro dan kontra.

Granola sendiri menyediakan mikronutrien penting seperti zat besi, vitamin D, dan zinc, yang membantu memberikan kulit dan rambut yang baik. Granola Ini juga mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi yang sangat penting dalam pertumbuhan sel darah merah, yang berarti oksigen dapat dibawa ke seluruh tubuh dengan lebih efisien.

Magnesium adalah vitamin penting lain yang ditemukan dalam granola yang membantu membantu relaksasi dan tidur nyenyak. Satu studi juga menunjukkan bahwa Magnesium membantu mencegah migrain, sementara penelitian Magnesium tambahan telah mengungkapkan efektivitasnya terhadap gejala depresi.

Jade menambahkan bahwa resep granola yang mengandung kacang dan buah-buahan juga memiliki manfaat kesehatan tambahan.

Kacang dan buah kering mengandung antioksidan seperti vitamin E, yang menurunkan peradangan dan nyeri sendi, serta memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel yang seiring waktu dapat menyebabkan kanker.

Terlepas dari manfaat kesehatannya, seringkali varietas Granola yang berbeda tersedia yang membahayakan status kesehatannya.

Nutrisi yang ditemukan dalam berbagai merk Granola seperti Granola Bali dapat sangat bervariasi, terutama dalam hal kandungan lemak dan karbohidratnya.

Banyak varietas bermerk yang dibeli di toko seringkali memiliki jumlah gula yang tinggi karena mereka menggunakan berbagai sirup dan gula yang meningkatkan kandungan gula secara keseluruhan.

Manfaat granola

Meskipun ada sedikit penelitian ilmiah tentang granola itu sendiri, bahan-bahan umum, termasuk gandum, biji rami, biji chia, dan almond, terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

  • Mengisi dan tinggi serat

Granola memiliki banyak protein serta serat, dari kedua itu memiliki kontribusi untuk memberikan rasa kenyang.

Protein bahkan mempengaruhi kadar hormon kepenuhan penting seperti ghrelin dan GLP-1.

Bahan berprotein tinggi dalam granola mungkin termasuk kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang mete, dan biji-bijian seperti rami, labu, dan wijen.

Selain itu, makanan berserat tinggi seperti gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian memperlambat pengosongan perut Anda dan meningkatkan waktu pencernaan, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama – dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

  • Manfaat kesehatan potensial lainnya

Granola juga dapat:

  • Meningkatkan tekanan darah. Bahan berserat tinggi seperti gandum dan biji rami telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Oat merupakan sumber beta glukan yang baik, berfungis dalam mengurangi kolestrol total, dua faktor risiko penyakit jantung. 
  • Mengurangi gula darah. Biji-bijian utuh, buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi dan mengontrol kadar gula darah, terutama pada orang dengan obesitas atau pradiabetes.
  • Meningkatkan kesehatan usus. Granola telah ditemukan untuk meningkatkan tingkat bakteri usus yang sehat, dibandingkan dengan sereal sarapan olahan.
  • Memberikan banyak antioksidan. Bahan-bahan seperti kelapa, biji chia, dan kacang Brazil adalah sumber antioksidan yang baik untuk melawan peradangan seperti asam galat, quercetin, selenium, dan vitamin E.

Bagaimana memilih granola yang sehat

Bahannya sangat bervariasi menurut merk, penting untuk membaca label nutrisi dengan cermat saat berbelanja granola. Periksa daftar bahan, hindari produk yang mencantumkan gula atau pemanis termasuk pemanis alami seperti madu dalam beberapa bahan pertama. Sebaliknya, beberapa bahan pertama harus berupa makanan utuh, seperti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. Anda ingin mencari varietas yang tinggi proteinnya serta serat. Usahakan setidaknya 3-5 gram serat per porsi (25).

Perlu untuk mempertimbangkan ukuran porsi, dari 2 sendok makan, hingga ⅔ cangkir. Ukuran porsi yang sangat kecil bisa menyesatkan, karena Anda cenderung mengonsumsi lebih dari jumlah itu.

Terakhir, Anda bisa membuat granola sendiri untuk meminimalkan atau menghilangkan tambahan gula dan lemak. Tetapi, perlu diingat bahwa kacang-kacangan serta biji-bijian memiliki padat kalori, maka perlu diperhatikan porsi Anda terutama untuk varietas buatan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *