Mengapa Setiap Wanita Hamil Muncul Linea Nigra?

Saat Anda hamil, tubuh Anda mengalami banyak perubahan. Ini terutama berlaku untuk kulit di perut Anda yang membentang untuk mengakomodasi bayi Anda yang sedang tumbuh. Linea nigra adalah salah satu kondisi kulit kehamilan yang umum. Banyak wanita yang sedang hamil mengalami garis gelap yang muncul secara vertikal di bagian depan perut mereka.

Lebih dari 90% wanita mengalami perubahan kulit selama kehamilan. Beberapa wanita bahkan melaporkan memiliki kulit yang lebih sehat selama kehamilan. Karena setiap wanita dan kehamilan berbeda, ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan saat menangani perubahan kulit.

Dokter mengkategorikan kondisi kulit kehamilan menjadi tiga kelompok:

  • Perubahan fisiologis pada kulit
  • Kondisi yang sudah ada sebelumnya yang berubah dengan kehamilan
  • Perubahan spesifik yang berhubungan langsung dengan kondisi kehamilan

Apa yang menyebabkan garis hitam di perut muncul selama kehamilan?

Penampilan garis kehamilan terkait dengan kadar hormon yang lebih tinggi dari biasanya selama kehamilan. Estrogen dan hormon perangsang melanosit bekerja pada sel-sel yang mengandung melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Tidak dipahami dengan baik mengapa sel-sel ini (disebut melanosit) tampak lebih gelap di beberapa bagian tubuh dan tidak di bagian lain.

Garis kehamilan hanyalah salah satu cara kulit dapat berubah selama kehamilan. Beberapa wanita mengembangkan bercak gelap di wajah mereka yang disebut melasma atau “topeng kehamilan.” Seringkali, area kulit berpigmen lainnya menjadi lebih gelap. Anda mungkin melihat ini pada areola Anda (area di sekitar puting susu); labia majora Anda (lipatan kulit di sekitar vagina); dan di mana lipatan kulit Anda, seperti di ketiak Anda dan di mana kaki Anda bertemu dengan tubuh Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan tentang garis hitam di perut selama kehamilan?

Beberapa tip cepat dapat membantu membuat garis kehamilan tidak terlalu menonjol:

  • Menutupi. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berjemur dapat memperparah perubahan warna kulit selama kehamilan – jadi gunakan tabir surya (setidaknya SPF 30) dan usahakan untuk menutupi perut Anda sebanyak mungkin.
  • Makan dengan baik. Kekurangan asam folat dapat dikaitkan dengan hiperpigmentasi, jadi pastikan Anda mengonsumsi makanan kehamilan yang sehat dengan banyak folat dari sayuran berdaun hijau, buah-buahan dan biji-bijian, dan pastikan untuk mengonsumsi vitamin prenatal Anda.

Kapan Garis Hitam di Perut Pergi?

Linea nigra secara khusus disebabkan oleh peningkatan kadar FSH, estrogen, atau progesteron selama kehamilan. Saat kadar tersebut kembali normal setelah lahir, kulit Anda juga akan demikian. Mungkin diperlukan waktu hingga beberapa bulan agar garis kehamilan Anda benar-benar memudar setelah lahir.

Bisakah saya mengobati garis kehamilan? Sayangnya, tidak ada yang bisa mengobati atau mencegah garis kehamilan. Sementara lotion dan perawatan kulit membantu mengatasi kondisi lain seperti stretch mark, garis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Jika garis tersebut tidak memudar dalam waktu tiga bulan setelah melahirkan, bicarakan dengan dokter Anda.

Bisakah saya mencegah garis hitam di perut  muncul selama kehamilan?

Cara terbaik untuk mencegah atau meminimalkan munculnya garis kehamilan adalah dengan menghindari kulit Anda terkena sinar matahari. Jadi kenakan pakaian di seluruh tubuh Anda sebanyak mungkin, dan olesi kulit yang terkena tabir surya.

Tidak, karena ini terkait dengan kadar hormon, garis kehamilan bukanlah sesuatu yang dapat Anda hindari. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan melasma, dan ini juga dapat membantu meminimalkan linea nigra:

  • Gunakan pelindung matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari mengintensifkan perubahan pigmen. Gunakan tabir surya spektrum luas (formula yang melindungi dari sinar UVA dan UVB) dengan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari, bahkan saat tidak cerah, dan aplikasikan ulang sesering mungkin di siang hari jika Anda berada di luar. Ini berlaku bahkan jika Anda memiliki kulit gelap. Meskipun kulit gelap memiliki lebih banyak melanin (pigmen) daripada kulit yang lebih terang dan tidak terbakar sinar matahari dengan cepat, itu tidak cukup untuk melindungi Anda dari radiasi UV yang berbahaya.
  • Jangan lilin. Menggunakan lilin untuk menghilangkan rambut dapat menyebabkan peradangan kulit yang memperburuk melasma, terutama di area tubuh Anda yang dipengaruhi oleh perubahan pigmentasi.
  • Gunakan produk perawatan kulit hipoalergenik. Pembersih dan krim wajah yang mengiritasi kulit Anda dapat memperburuk melasma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *