Lakukan Hal Ini untuk Merasakan Manfaat Bersikap Optimis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ciri-ciri kepribadian seperti optimisme dan pesimisme dapat memengaruhi banyak area kesehatan dan kesejahteraan Anda. Pikiran positif yang biasanya disertai dengan bersikap optimis adalah bagian penting dari manajemen stres yang efektif, dan manajemen stres yang efektif dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Optimisme adalah sikap mental yang ditandai dengan harapan dan keyakinan akan kesuksesan dan masa depan yang positif. Orang optimis adalah orang yang mengharapkan hal-hal baik terjadi, sedangkan orang yang pesimis justru memprediksi hasil yang tidak diinginkan.

Orang optimis cenderung melihat kesulitan sebagai pengalaman belajar atau kemunduran sementara. Bahkan hari yang paling menyedihkan sekalipun memberikan janji bagi mereka bahwa “besok mungkin akan lebih baik.”

Jika Anda selalu melihat sisi yang lebih cerah dan bersikap optimis, Anda mungkin merasa mengalami lebih banyak peristiwa positif dalam hidup Anda daripada orang lain, stres berkurang, dan bahkan menikmati manfaat kesehatan yang lebih besar.

Jika Anda seorang yang bersikap optimis, ini pertanda baik untuk masa depan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa genetika menentukan sekitar 25% tingkat optimisme Anda dan variabel lingkungan di luar kendali Anda, seperti status sosial ekonomi Anda juga memainkan peran penting. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat secara aktif memperbaiki sikap Anda.

Bersikap optimis telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk keterampilan mengatasi yang lebih baik, tingkat stres yang lebih rendah, kesehatan fisik yang lebih baik, dan ketekunan yang lebih tinggi saat mengejar tujuan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar dapat merasakan manfaat bersikap optimis:

  • Menjadi lebih perhatian 

Perhatian adalah fokus pada keterlibatan, perhatian, dan hadir di sini dan saat ini. Hal ini bisa menjadi teknik yang berguna untuk membantu Anda fokus pada apa yang penting saat ini dan menghindari kekhawatiran tentang kejadian di masa depan dan hal-hal yang berada di luar kendali Anda. Jika Anda hidup sepenuhnya pada saat ini, Anda cenderung tidak merenungkan pengalaman masa lalu yang negatif atau khawatir tentang kejadian yang akan datang. Hal ini memungkinkan Anda untuk merasa lebih menghargai apa yang Anda miliki sekarang dan mengurangi penyesalan dan kecemasan. Sehingga Anda pun mungkin akan merasakan manfaat seperti berkurangnya tingkat kecemasan dan stres saat bersikap optimis.

  • Praktekkan rasa syukur

Syukur dapat diartikan sebagai penghargaan atas apa yang penting dalam hidup Anda. Sebuah studi menemukan bahwa peserta yang ditugaskan untuk menulis di jurnal rasa syukur menunjukkan peningkatan optimisme dan ketahanan. Jika Anda mencoba mengembangkan sikap yang lebih optimis, sisihkan beberapa menit setiap hari untuk mencatat beberapa hal yang Anda butuhkan untuk bersyukur.

  • Tuliskan emosi positif Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti menuliskan pikiran positif dapat membantu meningkatkan Anda dalam bersikap optimis. Satu studi menemukan bahwa tulisan ekspresif yang berfokus pada emosi positif dikaitkan dengan penurunan tekanan mental dan peningkatan kesejahteraan mental sehingga termasuk dalam manfaat kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Bersikap optimis dapat memberikan Anda beberapa manfaat, dengan berfokus pada mempertahankan pendekatan yang sehat dan realistis terhadap kepositifan. Daripada hanya berfokus pada “tetap positif” dan mengabaikan emosi lain, tujuan yang harus Anda coba dalam bersikap optimis adalah untuk melihat sisi baiknya sambil tetap mengakui kesulitan situasi yang Anda hadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *