Ketahui Kegunaan dari Susu Kental Manis

Susu kental manis adalah bentuk susu sapi yang dibuat dengan cara sebagian besar airnya telah dikeluarkan lalu menjadi pasta susu yang kental. Selain itu, gula juga ditambahkan dalam proses pembuatan susu kental manis untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Susu kental manis pada umumnya digunakan untuk memasak atau menjadi bahan tambahan dalam produk kuliner serta makanan pencuci mulut. Akan tetapi, penggunaan susu kental manis sebaiknya dibatasi karena memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Merk susu kental manis dapat dijadikan pelengkap dalam makanan dan minuman

Susu kental manis biasanya mengandung nutrisi seperti 2 gram lemak dan sekitar 60 kalori per sendok makan susu kental manis. Selain itu, susu kental manis juga mengandung asam amino bersama dengan kalsium, magnesium, kalium dan vitamin A. 

Kegunaan Susu Kental Manis

Susu kental manis adalah salah satu bahan serbaguna dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu tak heran jika susu kental manis selalu terdapat pada setiap dapur karena sangat ideal untuk menambah rasa pada beberapa masakan atau minuman yang dibuat. Berikut beberapa kegunaan dari susu kental manis.

1. Membuat Makanan Penutup

Susu kental manis memiliki kandungan gula yang tinggi, oleh karena itu susu kental manis sering ditambahkan menjadi salah satu bahan makanan penutup termasuk untuk membuat kue, kue kering, dan brownis. Penambahan susu kental manis dapat memberikan tekstur yang lembut dan nikmat saat dikonsumsi.

2. Ditambahkan dalam Olahan Minuman

Anda dapat menambahkan susu kental manis dalam es teh atau kopi yang Anda buat. Setelah menambahkan produk susu kental manis, maka minuman yang Anda buat akan terasa lebih kental dan creamy serta memiliki aftertaste yang lebih manis. Susu kental manis juga dapat Anda gunakan saat membuat kopi susu agar untuk mengurangi rasa pahit dari kopi.

3. Campuran Saat Mengonsumsi Buah

Susu kental manis juga dapat digunakan sebagai topping untuk dimakan bersama buah. Anda juga bisa membuat salad buah dengan menambahkan susu kental manis serta taburan parutan keju agar menjadi lebih enak. Tak hanya itu, susu kental manis juga bisa dioleskan pada buah sebelum dimasukkan ke dalam oven, karena susu dapat mempercepat proses karamelisasi sebab mengandung kadar gula yang tinggi.

4. Membuat Es Krim Gulung

Salah satu bahan utama untuk membuat es krim gulung adalah produk susu kental manis. Anda cukup menggunakan krim kental dan sedikit garam untuk membuat alasnya, lalu masukkan bahan apapun yang Anda miliki, kemudian tuang pada loyang dan bekukan. Setelah padat, gunakan pengikis untuk menggulung es krim kemudian sajikan selagi masih dingin.

5. Memasak Hidangan Gurih

Meskipun sebagian besar resep yang menggunakan susu kental manis biasanya akan membuat masakan jadi bersifat manis, Anda dapat menggunakan variasi susu ini untuk membuat hidangan yang gurih, seperti dalam glasir atau saus untuk kari, hidangan protein, kebab, atau olahan berbasis krim lainnya. Menggabungkan susu kental manis dengan kelapa juga dapat menghasilkan saus lezat yang dapat ditambahkan ke banyak makanan Asia lainnya yang gurih. 

6. Dijadikan Sebagai Saus Karamel

Susus kental manis dapat dimasak menjadi karamel. Yang harus Anda lakukan adalah tempatkan kaleng susu kental manis yang belum dibuka ke dalam panci yang berisi air mendidih, lalu biarkan masak selama sekitar satu jam. Lalu, keluarkan isinya dengan menggunakan penjepit dan biarkan dingin sebelum dibuka. Susu kental manis akan langsung berubah menjadi karamel yang kental dan sempurna untuk disajikan di atas es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *