Kenali Penyebab Mastalgia

Mastalgia adalah keadaan nyeri yang timbul pada area payudara

Mastalgia atau nyeri payudara adalah keluhan umum yang terjadi pada wanita. Kondisi ini dapat meliputi nyeri payudara, nyeri terbakar yang tajam atau sesak di jaringan payudara Anda.  

Rasa sakit dari mastalgia mungkin konstan atau hanya terjadi sesekali. Mastalgia juga dapat berkisar dari ringan hingga berat. Sebagian besar kasus mastalgia diklasifikasikan sebagai siklik atau non siklik dan setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda.

Terkadang, tidak mungkin mengidentifikasi penyebab pasti dari mastalgia. Namun faktor yang berkontribusi dapat mencakup satu atau lebih hal berikut ini:

  • Hormon reproduksi

Mastalgia siklik memiliki hubungan kuat dengan hormon dan siklus menstruasi Anda.  Mastalgia siklik sering berkurang atau menghilang dengan kehamilan atau menopause.

  • Struktur payudara

Mastalgia non-siklik sering diakibatkan oleh perubahan yang terjadi pada saluran susu atau kelenjar susu Anda. Hal ini dapat menyebabkan perkembangan kista payudara. Trauma payudara, sebelum operasi payudara, atau faktor-faktor lain yang terlokalisasi pada payudara Anda dapat menyebabkan mastalgia. Mastalgia juga dapat mulai di luar payudara, di dinding dada, otot, sendi atau jantung, misalnya dan menyebar ke payudara Anda.

  • Ketidakseimbangan asam lemak

Ketidakseimbangan asam lemak dalam sel dapat mempengaruhi sensitivitas jaringan payudara terhadap hormon yang bersirkulasi.

  • Penggunaan obat-obatan

Obat-obatan hormon tertentu, termasuk beberapa perawatan infertilitas dan pil KB, dapat berhubungan dengan mastalgia. Selain itu, mastalgia merupakan efek samping yang mungkin terjadi dari terapi hormon estrogen dan progesteron yang dilakukan setelah Anda menopause. Mastalgia juga dapat dikaitkan dengan antidepresan tertentu, termasuk selektif serotonin reuptake inhibitor (SSRI).

  • Ukuran payudara

Wanita dengan payudara besar sangat mungkin mengalami mastalgia non-siklik terkait dengan ukuran payudaranya. Nyeri leher, bahu dan punggung juga bisa menyertai mastalgia karena ukuran payudara yang besar.

  • Operasi payudara

Mastalgia yang terkait dengan operasi payudara dan pembentukan bekas luka kadang-kadang bisa bertahan dan terjadi setelah sayatan sembuh.

Bagi kebanyakan wanita, mastalgia lebih ringan sampai sedang sering membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan. 

Jika rasa nyeri mastalgia tidak berkurang dan gejala memburuk dalam sebulan, serta mempengaruhi kualitas hidup Anda, segera hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *