Kebiasaan Ini Mampu Buat Anda Terhindar Dari Penyakit Kronis

Penyakit kronis adalah sebagai penyakit yang berlangsung dalam waktu yang lama dan bisa berakibat pada kondisi fisik penderita yang sangat lemah atau bahkan kematian. Ada banyak penyebab dan faktor yang dinilai mampu menyebabkan penyakit kronis terjadi, namun gaya hidup tak sehat dipercaya menjadi salah satu faktor terbesarnya. 

1. Rokok

Rokok nyatanya berpengaruh besar dalam membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit kronis. Beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh penggunaan rokok terus menerus diantaranya adalah penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, hingga tekanan darah tinggi. Penyakit-penyakit kronis tersebut jika dibiarkan akan sangat memungkinkan untuk membahayakan jiwa seseorang. 

2. Gizi yang buruk

Saat tubuh seseorang tidak mendapat gizi dan nutrisi yang baik, fisiknya akan lebih lemah dibandingkan dengan orang yang tercukupi kebutuhan gizinya. Kemudian, ia juga akan lebih rentan terkena berbagai penyakit yang berusaha tubuh. sebaliknya, saat tubuh mempunyai gizi yang baik, fisiknya juga lebih kuat dan lebih tahan menangkal virus. 

3. Kurangnya aktivitas fisik

Rutin melakukan aktivitas fisik memiliki pengaruh yang baik bagi tubuh. Orang yang rutin melakukan aktifitas fisik atau berolahraga akan lebih bisa mengontrol berat badannya, memiliki jantung yang lebih sehat, dan fisik yang lebih kuat sehingga lebih terhindar penyakit kronis. Sebaliknya, obesitas dan penyakit jantung serta penyakit kronis lainnya akan lebih beresiko di idap tubuh jika tubuh kekurangan aktivitas fisik secara terus menerus. 

4. Penggunaan alkohol berlebih

Salah satu dampak terparah penggunaan alkohol adalah munculnya resiko penyakit kronis dalam tubuh. Beberapa diantaranya adalah penyakit liver, jantung, stroke, kanker mulut, hingga masalah pencernaan. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar tubuh bisa terhindar dari resiko penyakit kronis?

Hal yang harus dilakukan adalah perubahan gaya hidup sehat secara teratur. Dengan perubahan gaya hidup, resiko terkena penyakit kronis dapat pelan-pelan diminimalisir. Kemudian, pastikan juga Anda terus melakukan pengecekan kesehatan secara rutin agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan kondisi kesehatan.

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat menurunkan resiko penyakit serius dan kronis terjadi. Coba Anda bayangkan bagaimana jadinya kondisi kesehatan seseorang saat tubuhnya terkena penyakit jantung atau penyakit pernapasan kronis namun tetap merokok atau terkena paparan rokok? Untuk itu, hentikan semua aktivitas rokok baik pasif maupun aktif agar tubuh tidak terpapar dan menjadi lebih buruk kondisinya.

2. Diet sehat dengan perbanyak serat

Tak harus sepenuhnya merubah porsi makan menjadi setengahnya atau berusaha menjadi vegan, Anda cukup perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur-sayuran setiap harinya. Mengkonsumsi makanan berserat dan diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya dinilai berpengaruh baik dalam menurunkan resiko berbagai penyakit yang terjadi. Beberapa contoh makanan yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, wortel, tomat, kacang-kacangan, dan berries. 

3. Rutin lakukan aktivitas fisik

Setidaknya lakukan olahraga ringan dirumah selama minimal 15-20 menit. Anda bisa mulai dengan rutin berjalan kaki, atau naik turun tangga. Jika sudah terbiasa tambah intensitas gerakan secara perlahan dan jangan lupa untuk tetap melakukannya secara rutin. Melakukan aktivitas fisik dengan terus menggerakkan tubuh secara rutin berpengaruh baik pada semua sistem didalam tubuh agar tubuh lebih terhindar dari berbagai penyakit.

4. Stop penggunaan alkohol

Hentikan penggunaan alkohol berlebih jika ingin terhindar dari berbagai penyakit kronis yang dapat membahayakan tubuh. Buatlah komitmen pada diri sendiri dan bayangkan resiko yang akan terjadi pada diri Anda kedepannya jika tetap melakukannya. Minta juga support oleh keluarga orang terdekat agar Anda bisa melakukannya. 

5. Minimalisir stres

Stres dinilai berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang. Stres berlebih hanya akan mempengaruhi kondisi penyakit yang diderita dan beresiko menjadi lebih parah. Anda bisa coba lakukan meditasi, rutin melakukan aktivitas yang menyenangkan, dan olahraga diluar ruangan agar stres bisa pelan-pelan diminimalisir. 

6. Rutin lakukan Medical Check Up (MCU)

Saat Anda rutin melakukan Medical check up, Anda dapat mengetahui secara rinci dan menyeluruh mengenai kondisi kesehatan tubuh. Kemudian, jika terdapat indikasi kesehatan tertentu, dokter bisa langsung memberikan penangan yang tepat sehingga penyakit dapat lebih cepat ditangani. Salah satu klinik yang menyediakan pelayanan Medical check up dengan pelayanan terbaik  dan berkualitas adalah Klinik Westerindo. Klinik ini sudah puluhan tahun terus memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien mulai dari Medical check up dan pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, ada juga fasilitas home service bagi Anda yang menginginkan proses Medical check up dilakukan dirumah. Tak perlu khawatir, Klinik westerindo sudah bersertifikat ISO dari komite akreditasi nasional (KAN) serta komisi akreditasi laboratorium kesehatan (KALK). Seluruh staf dan petugas yang bertugas pun kompeten karena mempunyai sertifikasi kompetensi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing agar dapat terus memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *