Apa Saja Manfaat Jus Buah Bit untuk Kesehatan?

Buah bit adalah buah dari umbi-umbian yang belakangan sering dijadikan jus karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat jus buah bit yang perlu Anda tahu?

Buah ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, yaitu vitamin K, kalsium, serat, sodium, lemak, dan asam folat.

Beberapa kandungan ini tentunya dapat memberikan manfaat-manfaat seperti berikut ini!

Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda penderita hipertensi, cobalah untuk meminum buah bit karena ternyata buah ini dapat menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik.

Hal ini karena bit mengandung nitrat, senyawa yang diubah menjadi asam nitrat untuk membantu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah.

Meningkatkan stamina

Anda sering merasa lemah, lesu serta tidak bersemangat untuk beraktivitas harian? Itu tandanya Anda perlu asupan peningkat stamina alami.

Buah bit menjadi asupan tersebut karena berdasarkan sebuah studi bit yang dijadikan minuman dapat meningkatkan kadar nitrat plasma, dan tentu saja meningkatkan performa fisik Anda.

Mencegah kanker

Manfaat jus buah bit yang bisa Anda dapatkan adalah dapat mencegah kanker, penyakit yang kronis dan berbahaya.

Hal ini berdasarkan sebuah studi bahwa ekstrak buah dapat mengurangi pembentukan tumor di semua organ tubuh pada hewan yang dijadikan sebagai sebuah objek.

Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ dalam tubuh yang juga tidak bisa lepas dari kerusakan akibat beragam faktor seperti pola makan yang buruk, jarang bergerak, dan sering mengonsumsi alkohol.

Untuk bisa menjaga kesehatan organ penting ini, Anda dapat meminum buah bit yang mengandung betaine, zat yang dapat membantu detoksifikasi di hati, dengan mencegah dan mengurangi timbunan hati serta menghalang racun.

Mengurangi peradangan kronis

Manfaat jus buah bit lainnya ternyata dapat mengurangi peradangan kronis yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit kronis seperti jantung, hati, kanker, serta obesitas.

Adapun untuk mengatasinya ini buah bit mengandung zat bernama betalaine untuk mengatasinya. Zat ini juga dapat meredakan nyeri pada penderita nyeri sendi.

Melancarkan pencernaan

Buah bit juga mengandung serat sebagai komponen yang sangat diperlukan untuk melancarkan pencernaan terutama saat makanan berada di usus.

Serat dapat memberi makanan bagi bakteri baik di usus sehingga mereka mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Anda terhindar dari sembelit serta penyakit kronis di usus, jantung, dan kencing manis.

Menjaga kesehatan otak

Apakah Anda ingin tetap mempunyai ingatan yang sama baiknya saat di usia muda sehingga Anda tidak mengalami pikun?

Jawabannya adalah konsumsi buah bit yang ternyata mampu mencegah pikun yang biasanya menyerang di usia tua karena kurangnya aliran darah dan oksigen. Tak hanya pikun, buah bit juga dapat mencegah terjadinya stroke.

Menurunkan berat badan

Bit kenyataannya dapat juga menurunkan berat badan, dan bisa Anda jadikan sebagai salah satu menu diet.

Ini karena bit termasuk buah yang rendah kalori namun kaya akan serat sehingga membuat Anda merasakan kenyang yang cukup lama.

Bermanfaat saat kehamilan

Bit merupakan buah yang kaya akan asam folat, senyawa yang sangat penting bagi ibu hamil karena dapat membantu mencegah cacat pada bayi dalam kandungan.

Membantu atasi anemia

Terakhir, manfaat jus buah bit dapat membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi dalam tubuh.

Bit sendiri mengandung zat besi yang mampu mengatasi hal tersebut, dan penyerapannya cukup baik.  Begitu juga dengan folat dalam bit mampu mengatasi situasi kurang darah merah tersebut yang bisa dengan praktis didapat melalui melalui jus buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *