9 Bahan Alami Penghilang Jenis Komedo, Apa Saja?

Jenis komedo yang ada pada wajah, baik hitam maupun putih, memang cukup menjengkelkan dan membuat diri menjadi minder jika berada di tempat umum.

Cara menghilangkannya adalah Anda bisa dengan menggunakan teknik manual seperti memencet atau memakai pore pack berupa plester.

Namun penggunaan cara tersebut bukannya tanpa efek samping. Memencet malah akan membuat Anda mempunyai jaringan parut dan iritasi di wajah Anda sedangkan penggunaan plester malah merangsang pertumbuhan komedo.

Nah, supaya Anda tidak bingung dan pusing karena hal-hal di atas sebenarnya Anda hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar untuk mengatasi komedo dengan aman.

1. Minyak kelapa

Sebagai sebuah pembersih wajah harian yang juga dapat digunakan untuk menggoreng makanan, minyak kelapa juga dapat membantu menghilangkan komedo dengan cara melebarkan pori-pori yang tersumbat.

Cara menggunakannya adalah Anda hanya perlu mengoleskan minyak pada area wajah yang mempunyai komedo, dan lakukanlah 2-3 kali sehari sampai komedo menghilang.

2. Minyak pohon teh

Selain minyak kelapa, minyak pohon teh juga dapat membantu mengatasi komedo karena mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi. 

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya oleskanlah minyak pohon teh pada wajah yang berkomedo, dan supaya lebih efektif Anda bisa mencampurkan dengan minyak zaitun dan minyak jojoba.

3. Oatmeal

Selain terkenal sebagai salah satu makanan untuk diet, oatmeal juga dapat digunakan untuk mengatasi jenis komedo yang muncul pada wajah atau bagian kulit lainnya.

Oatmeal sendiri diketahui mempunyai sifat antiperadangan dan mampu menyejukkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan oleskan oatmeal yang sudah jadi bubur pada bagian wajah atau kulit yang terkena komedo, dan biarkan selama 15 menit.

4. Putih telur

Putih telur yang mengandung banyak protein untuk massa otot ternyata juga dapat mengatasi komedo serta dapat mengencangkan kulit.

Untuk menggunakannya Anda bisa menggunakan putih telur yang dijadikan masker yang sudah dicampur dengan air lemon.

5. Gula

Gula yang sering digunakan sebagai pemanis dalam makanan dan minuman ternyata dapat juga digunakan untuk mengatasi komedo secara alami.

Hal ini karena gula mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Anda bisa menggunakan gula dengan menjadikannya sebagai masker yang sudah dicampur dengan minyak zaitun, minyak almond, dan minyak jojoba.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung vitamin E serta kaya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab terjadinya komedo.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pada wajah seduhan teh hijau yang sudah dibekukan atau tempelkan ampas teh hijau pada wajah yang sudah bersih.

7. Garam

Sebagai salah satu bahan dasar dalam pengolahan makanan, garam bisa dijadikan sebagai penghilang komedo di wajah.

Hal ini karena garam mengandung senyawa ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral.

Untuk menggunakan garam ini, Anda bisa menguapkannya, dengan cara mendidihkan 1,5 liter air yang kemudian dipindahkan dalam sebuah wadah.

Lalu larutkanlah 3 sendok makan garam. Setelah itu posisikan wajah Anda tepat di atas wadah pada garam yang menghasilkan uap selama 5-10 menit.

8. Tomat 

Terdapat Likopen dalam buah sekaligus sayur ini yang berfungsi sebagai anti-oksidan sehingga ampuh dan mencegah datangnya komedo pada wajah.

Selain itu, tomat mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Cara menggunakan bahan alami ini cukup mudah. Anda tinggal menjadikannya sebagai masker pada wajah sampai mengering setelah didiamkan selama 30 menit, dan setelah itu bilaslah dengan air dingin. Lakukanlah secara rutin.

9. Madu

Terakhir Anda bisa menggunakan madu yang mampu mengatasi jenis komedo yang membandel dengan cara dioleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *